Mt. Slamet 3428 mdpl 24-25 Oktober 2015

nggak nyangka naik gunung lagi. setelah sebelumnya ke Merbabu, Prau, Lawu, Argopuro di tahun ini. pasti emang bukan apa-apa kalo dibandingkan sama pendaki-pendaki lain. cuman ya kalo dipikir-pikir, agak surprised juga ngelihat daftar gunung yang aku datengin tahun ini. kupikir kan paling orang macem aku naik gunung mah maksimal setahun sekali, eh ternyata salah.

nggak nyangka juga akhirnya ke Slamet. setelah sekian lama tutup karena peningkatan aktivitas. well, setelah jadwal kita maju mundur juga karena sempat bentrok sama acara HLH osi. tapi akhirnya tetep kita ga ikut acara HLH sih karena sudah terlalu maju mundur dan pada akhirnya pun acara HLH tetap bentrok dengan wacana jalan-jalan kita ke Slamet. nggak bermaksud untuk ga bertanggung jawab sama organisasi lho ya, cuman kan sebaik-baiknya itu yang konsisten. oke, skip.

nggak nyangka juga naik Slamet bareng sama temen-temen yang well, menurutku agak di luar dugaan. hahaha. ya maksudku dulu kupikir aku bakal naik gunung bareng temen-temen osi aja, gitu. bukan karena apa-apa. buatku, ini semua berawal dari ajakan Heidi. tapi entah siapa yang memulai, pokoknya Heidi bilang mau naik Slamet bareng temen-temen kelas, Tomy sama Tedi. trus berhubung belum pernah ada yang ke Slamet diantara kita, jadilah Heidi ngajak Irfan, mas-mas berpengalaman dari Wapala ST3 Telkom Purwokerto. trus anak-anak ngajak Putra, temen sekelas kita juga. trus Putra ngajak Bagus, temen dia dari fakultas ekonomi. aku ngajak Mas Erwin sih, tapi pada akhirnya Mas Erwin gaikut. yasudah~

kamis tanggal 22 malam, kita semua berkumpul di sekre osi buat cek tenda dan alat-alat yang mau dibawa buat besoknya.

jumat tanggal 23 malam, kita semua kumpul lagi di sekre buat packing. btw kita sebenernya janjian jam 4. trus somehow, jadi abis maghrib. tapi karena mungkin emang pada belum siap-siap, baru bener-bener kumpul semuanya jam 8 malem, coy. luarrr biasah! trus setelah semua siap, kita berangkat dari kampus sekitar jam setengah 10 malem diantar sama ayah Putra. asiiik, ga pernah nih naik gunung pake dianter-anter gini. tak lupa mengabari orang tua, Mas Erwin, dan Mas Ijal kalo kita mulai berangkat. perjalanan sekitar 1,5 jam, lalu sampai lah kita di basecamp Bambangan pukul 10 malam. di awal sampai basecamp, sempat terjadi perdebatan antara kita. Bagus menyarankan supaya langsung ke warung depan basecamp aja. sementara yang lainnya lebih pengen ke basecamp aja langsung. toh tempatnya masih luas, masih bisa gelar-gelar matras dulu buat nyimpen tenaga. hehe. akhirnya kita semua masuk basecamp dan registrasi, tentunya. biaya registrasinya 5ribu per orang.

dari obrolan anak-anak sebelumnya, dibuatlah rancangan perjalanan kita. rencananya kita mulai jalan jam 2 malem, dan rencana ngecamp di pos 7. tapi eh tapi, ya namanya kita lah ya, masih gemar molor, makanya ujung-ujungnya pun baru mulai jalan sekitar jam 4 lebih. tepat seperti taruhanku dan Heidi. aku bertaruh kita bakal berangkat jam 4 menuju jam 5, sementara Heidi bertaruh kita baru mulai jalan jam 5. ha ha.

btw disini Putra yang paling newbie.

selfie dulu sebelum berkucel-kucel ria~

perjalanan dari basecamp ke pos 1 makan waktu kira-kira 1 jam kata mas erwin. sementara menurut kertas panduan dari basecamp, perjalanan ke pos 1 akan makan waktu sekitar 2-3 jam. tapi kita menempuh 1,5 jam saja untuk perjalanan dari basecamp ke pos 1 ini. well, kayanya sih bukan karena kita yang jalannya cepet. wkwk.

btw kayanya aku emang ga bakat jalan malem. kuping sakit terus selama perjalanan. sempet mual-mual juga, tapi karena maag kumat kayanya.

di pos 1 kita menunggu putra, tomy dan irfan yang jadi kloter paling akhir. lumayan lama nih mereka sampenya. ada selang setengah jam kali tuh dibandingin kita yang lainnya. eeh ternyata, katanya dia ngeduk dulu. alalah. belum apa-apa, pendakian pertama pula, udah ninggalin jejak aja. haha. kirain nyerah balik ke basecamp. waakakakakak.

di sana juga kita istirahat sholat subuh dan masak memasak untuk sarapan. yah bukan aku yang masak. bukan mas erwin juga yang masak karena dia emang ga ikut. haha. koki kita kali ini adalah Bagus. dan menu makan pagi kita kali ini adalah pancake. yaah, setelah beberapa kali percobaan kurang berhasil, tapi toh akhirnya tetep kita makan aja. ohiya, btw di Slamet sudah ada penjual-penjual air ataupun buah di pos 1, 2, 3, dan 5, saudara-saudara. jadi mirip-mirip Lawu.

trus setelah istirahat selama 2,5 jam (lama banget, sumpah. badan jadi penyesuaian lagi ini. hadoh), kita akhirnya melanjutkan perjalanan pukul 8 menuju pos 2. kalo menurut panduan, perjalanan ini bakal makan waktu 1,5-2 jam, tapi kita menempuhnya dalam waktu kurang lebih 1 jam. dan benar saja kata mas erwin, treknya nanjak terus, yes. ga banyak bonus jalan landai. cuma di awal-awal aja pas di ladang landainya. pfft. di pos 2 kita istirahat selama 1 jam. sempat tidur juga disini. dan ada mas-mas pendaki yang cuma memikul nanas jalan duluan. maybe barang dia yang lainnya dibawain sama temennya.

penampakan pos 2. lihat ga tanah yang beterbangan di bawah itu? emang lagi kering banget coy tanahnya.

jam 10an kita lanjut jalan lagi ke pos 3. disini perkiraan waktu tempuhnya 2-3 jam, dan lagi-lagi kita lebih cepat dari perkiraan, yaitu cuma 1,5 jam. Bagus dan Irfan jadi yang paling terakhir sampai, katanya kaki mereka sempet kram juga. duh duh. disini kita istirahat cukup lama juga karena sambil masak-masak buat makan siang. yang masak si Bagus lagi. menu makan siang kali ini adalah nasi dan ayam goreng hasil ungkepan Putra dan Bagus.

bung Tomy dan Tedi.

setelah 2 jam berlalu, alat-alat makan pun sudah selesai dibersihkan, akhirnya kita berangkat lagi pukul 1 siang. yak, penyesuaian lagi, bung. haha. kita pun menuju pos 4 yang terkenal angker. perjalanan kita tempuh dalam waktu setengah jam, sementara kalo menurut panduan, perjalanan bakal makan waktu 1-1,5jam. yah entah deh ya, emang cuaca jadi rada mendung waktu itu. jadi terasa makin gelap. cuman selain itu kita ga nemu yang aneh-aneh kok. paling cuma sisa-sisa kembang yang mungkin tadinya dimaksudkan sebagai sesajen digeletakkan di tanah. yang ngeselin, entah kenapa dalam perjalanan menuju pos 4 ini si Tedi tiba-tiba jadi sering diem, kayak bengong juga. jadi aneh -_-

bung Tedi.

sempet selfie juga kita di pos 4. dan aku kelihatan kayak orang sakit -_-

ga kayak di pos lainnya, di pos 4 kita nggak istirahat lama-lama. setelah selfie dikit-dikit, mungkin 10 menit setelahnya kita langsung capcus lagi melanjutkan perjalanan. perjalanan menuju pos 5 ini kita tempuh dalam waktu kurang lebih setengah jam juga. disini cuaca semakin mendung, dan akhirnya pun gerimis turun. alhamdulillahnya sih engga lama-lama, dan ga berubah jadi makin deras juga. hehe. kita yang tadinya mau ngecamp di pos 7 biar lebih dekat dengan puncak, akhirnya memutuskan untuk gelar tenda di pos 5 aja. yaa kasian sama yang jadi porter sih. wkwk. summon irfan dan bagus.

ngobrol-ngobrol dengan pendaki lain tentang estimasi waktu perjalanan menuju puncak, menurut info, perjalanan dari pos 5 sampai ke pos 7 adalah 1 jam, pos 7 ke pos 9 1 jam, dan pos 9 (plawangan) sampai ke puncak juga 1 jam. tapi itu kalo jalannya cepet. tapi toh palingan perjalanan besok masih 4 jam-an. fiuh~

setelah 2 tenda kuning berdiri cantik di depan bangunan pos 5, kita semua mulai masuk tenda buat bersih-bersih diri, sholat, dan mulai masak buat makan malam. ohya, sekitar tenda kita waktu itu masih cukup sepi, tapi ternyata semakin malam, semakin banyak juga pendaki yang datang dan mendirikan tenda di sekitar kita. ga terhitung berapa total tenda yang berdiri di pos 5. hampir di semua tempat yang memungkinkan, dijadikan tempat mendirikan tenda. mau pipis juga jadi susah coy. luar biasa emang wisata gunung sekarang-sekarang ini.

setelah capek ketawa (aku ga nyangka anak-anak ini pada koplak banget kalo becanda. mana si Putra jadi bahan bullying terus pula. deuuh), kenyang makan malam dan membereskan semua alat-alat makan, kita semua tidur sekitar pukul 9. perjalanan besok, kita jadwalkan dimulai pukul 2. tapi pada kenyataannya sih kita semua baru bangun jam 3. hehe. ini semua berkat usaha Bu Heidi yang pantang menyerah membangunkan kita semua. amazing! sebenernya kalo aku dan heidi sih ga pernah ngejar sunrise. tapi Tomy dan Tedi nih yang memang ngejar sunrise. jadi yasudahlah ya.

setelah siap-siap, barulah kita semua mulai jalan pukul 4 pagi. ternyata selain fisik ga bagus buat jalan malem, aku baru nyadar kalo tiap mau summit, pasti juga jadi makin ga kuat-an jalannya. padahal kan ga bawa apa-apa ya. sudah terbukti di beberapa gunung sebelumnya sih ini. cuman aku baru nyadar aja. hadeeh. akibatnya kita dapet sunrise di pos 8. well, kita disini yang dimaksud adalah aku, heidi, dan irfan ya. kalo yang lainnya mah udah duluan. disini kita foto-foto dulu. siapa tau hasilnya bisa dimasukin ke instagram. xixi.

ada hal so sweet disini. ternyata si Putra nungguin kita euy. dia ga langsung jalan terus ke atas. mungkin bisa dibilang kalo dia khawatir sama kita-kita yang cewek. mbokan kenapa-kenapa. padahal kitanya lama di sini gara-gara asik foto-foto. hahahaha. duh, jadi terharu nih, Put. sementara Tomy ama Tedi yang udah lewat Plawangan malah hampir balik, ngiranya ada apa-apa sama Putra gara-gara kita ga nongol-nongol di atas. wkwk.

mari kita selfie mumpung hari mulai terang.

summit attack. dengan medan berbatu kerikil yang bisa tergelincir kapan aja, dengan kemiringan kira-kira 45 derajat. menurutku ini salah satu medan yang sulit buat dilalui sepanjang aku naik gunung. joss lah pokoknya.

in frame: @audinafita dan @heididewim
framed by: @masirpan
nih, tumben banget aku sama Heidi jadi banyak foto gini. pake sengaja pose gini pula. semua berkat tukang foto kita. tapi maap itu aku lagi males edit edit fotonya. fotonya masih miring. hehehe.

gara-gara penampilan tutupan semua gini, jadi ada aja yang manggil "bang.." waktu papasan summit attack. buset dah.

ternyata perkiraan aku dan Heidi kalo kita bakal baru sampe di puncak dalam waktu 4 jam itu salah. well, yang lain-lainnya sih iya pada cepet sampe. tapi aku baru sampe di puncak jam 9. hehe. luar biasa jon, 5 jam. maafkan tekad ini yang masih kurang kuat buat mempercepat langkah kaki ke atas, ya. bener-bener yang beberapa langkah trus berhenti, duduk, kesel sama medannya yang susah dilewatin, baru lanjut lagi jalan. gitu terus berkali-kali. sampe bosen. sampe udah berniat "pokoknya kalo udah sampe situ (bikin patokan di atas), kalo itu masih belum puncak, aku udahan deh. nunggu mereka disini aja." cuman ternyata, alhamdulillahnya, patokan yang aku buat itu sudah masuk puncak. hahaha. alhamdulillah. adek udah lelah, bang :'

biarpun aku ga ke sini, yang penting namaku sudah dibawakan irfan buat berfoto di plang puncak slamet :P

selfie (lagi).

Irfan, mas-mas porter berpengalaman yang jago foto. antara tukang foto sama objek yang difoto aja posenya bisa lebih heboh tukang fotonya. tapi joss banget lah pokoknya. ga salah kita ngajak Irfan.

framed by: irfan.
aku sama heidi udah lelah buat jalan lagi. jadi kita ga eksplor mana-mana lagi. kita foto-foto aja di perbatasan puncak.

iya, aku kangen sama anggota KMPA FISIP Unsoed dengan nomor anggota 222. udah aku tungguin koh di atas. harap-harap cemas kira-kira bakal disusul apa engga. harap-harap cemas kira-kira bakal ketemu dimana di atas sini. harap-harap cemas, apa dia bakal ngenalin aku yang mana di antara banyaknya orang di atas sini. ya meskipun akhirnya engga ketemu juga sih. hvft.

bang Putra.

jam 10, kita semua turun kembali menuju camp di pos 5. yang tadinya aku dan Heidi jalan rada di depan, perlahan tapi pasti, kita bergeser ke urutan paling belakang. dan sama seperti waktu summit attack tadi, kali ini pun kita semua berjalan sendiri-sendiri, berpencar. pesan dari mas erwin, kalo turun dari puncak, jalannya melipir ke arah jurang (jurang ada di sebelah kiri kita), jangan menjauh. disini rawan orang hilang karena malah masuk jalur ke Gunung Malang. alhamdulillahnya dari atas sudah terlihat papan merah penanda jalan untuk masuk lagi ke jalur turun Slamet. fiuh.

perjalanan sampai ke Plawangan atau pos 9 makan waktu sekitar 45 menit. di Plawangan ketemu sama Fadly sama dua anak Wapala lainnya. sementara itu, dari pos 9 menuju pos 5 makan waktu 45 menit juga. disini aku rada cepet karena emang lari. soalnya takut keburu dengkulnya lepas sih. hahaha. cuman gara-gara lari, aku malah kepisah sama Heidi, Irfan dan Putra yang ternyata ada hambatan karena sepatu bung Heidi jebol.

sampai di Pos 5 sekitar pukul 12 kurang, anak-anak yang lain sudah mulai memasak makan siang. dan udara di dalam tenda luar biasa panasnya, bung! gila. serasa masuk mesin oven -_- setelah kita semua makan, langsung siap-siap packing buat melanjutkan perjalanan pulang. ga disangka-sangka ketemu sama Mas Fredi. trus Mas Fredi beliin kita semangka. ya Allah, emang rejeki anak sholeh, mah. pas banget, cuaca juga sedang panas-panasnya. alhamdulillah lah.

jam setengah 3 kita mulai perjalanan turun. kita target sampai di basecamp dalam 2 jam. harusnya sih bisa terlaksana, cuman ada kendala, yaitu carrier Putra sempat putus talinya. jadilah si Bagus tandem carrier. luar biasah.

trus ada nih satu kejadian tidak terduga. salah aku juga sih sebenernya, mau ngegosip tapi ga lihat situasi. haha. deket-deket di waktu maghrib, aku curhat colongan nih ke Heidi, berhubung kita berdua ada di posisi paling akhir, ya. aku bilang "aku sebenernya agak kesel sama perjalanan ini, hei. masa anak-anak pada gatau isi carriernya. nanya-nanya mulu garem dimana, ini dimana, itu dimana. pfft". tepat setelah aku ngomong itu, lalu tadaaaaaaaaa, ternyata aku dan heidi mendapati mereka sedang duduk istirahat. sudah pasti mereka dengar apa yang aku bilang, lah, karena tiba-tiba pun mereka jadi diem sambil ngelihat "aneh" ke aku dan heidi. heidi langsung salah tingkah. sementara aku cuma bilang "yaudah, biarin aja mereka denger" sambil melengos cari posisi yang bisa dipake buat tiduran. padahal dalem ati sih ya juga dagdigdug ga enak sama yang pada denger.

sementara heidi duduk di sekitar mereka. aku yakin banget heidi ngerasa canggung. tapi akhirnya semua bisa becanda-becanda lagi. meski aku ngedenger heidi masih rada aneh ya. haha. trus setelah adzan maghrib selesai, kita semua lanjut jalan. tapi ketika tersisa aku, Heidi, Putra dan Irfan, aku tiba-tiba aja bilang "sori ya, Put, kalo kalian tadi denger apa yang aku sama heidi omongin." entah kenapa aku ngomongnya ke 'Putra'. dan si Putra jawabnya seolah-olah mereka ga denger apa-apa, padahal itu bullsit banget -_- yasudah aku jelasin aja tadi apa yang aku omongin dan alasan kenapa hal itu jadi masalah buatku. haha. untungnya Putra selow nanggepinnya. well, di luar sih kelihatannya selow, tapi gatau deh di dalem hati gimana. ahahhaha.

trus kita jalan menyusul yang udah pada duluan jalan. disini ternyata ada pendaki lain yang juga turun yang pada ga bawa penerangan -_- entah ga bawa, atau bawa tapi males ambil, atau bawa tapi baterai habis, atau lainnya. ya, aku gatau gimana pemikiran mereka ya, tapi kalo aku pribadi sih ga pede jalan di gelap-gelapan tanpa penerangan. mataku bukan mata kucing sih. mata manusia doang. banyak kekurangannya. jujur aku kesel. pengen aku sindir alus, tapi lagi ga mood bikin musuh. siapa tau ada alasan kuat dibalik tidak adanya penerangan di kelompok pendaki ini. sebaiknya sih begitu. hehe.

setelah perjalanan panjang kita, akhirnya sampai juga di basecamp pukul setengah 7. disana sudah menunggu orang tua Putra. deuh jadi terharu nih. kapan aku diantar jemput sama orang tua buat naik gunung, coba. hehe. abis makan di warung depan basecamp, baru deh kita semua pulang. alhamdulillah ditraktir Putra juga. fiuh.

PS:

• terima kasih kepada Tuhan, kita masih diberi kesempatan buat jalan-jalan ke Slamet.
  • terima kasih kepada semua tim perjalanan ini, atas kerja samanya. ngga nyangka kalian rame banget. maaf juga, aku udah banyak ngerepotin dan nyebelin.
  • terima kasih kepada orang tua Putra yang udah anter jemput kita ke basecamp.
  • terima kasih buat bung irfan yang udah jadi tukang foto kita. haha.
  • semoga jalan-jalan kita semua bisa makin matang lagi kedepannya.
  • jangan kapok ya jalan-jalan sama aku. hehe.