reading


sejak zaman... entah zaman apa, aku sudah bisa baca. yang mengajari, tentu saja, ibuku. dulu aku suka baca apa aja. cuman sekarang, keadaan agak berubah. aku lebih suka ngelihatin foto ketimbang baca gara2 belakangan seringnya beli majalah. hehehe, mungkin nggak sih yang kayak gitu? jadi yaaa, begitu deh. pokoknya belakangan aku lebih suka ngelihatin foto2 yang ada di majalah ketimbang baca artikelnya. baca koran juga mulai males. padahal dulu kalo ada koran di rumah, uda gue "makan" tuh. trus kemarin baca The Lost Symbol kado dari Opang, juga rada susah nyambung. beneran deh. kadang mesti ngulang beberapa kali bagian yang aku nggak ngerti. menyeramkan. udah gitu, baca The Lost Symbol yang cuma 700an halaman, bisa sampe 1 minggu. yaelah, sedih deh.

yah, balik lagi ke awalnya, dulu aku suka baca apa aja. waktu di semarang, kita sering ke toko buku untuk beli buku2 cerita bergambar. buanyak banget aku punya yang kayak begini. salah satu buku dongeng pertamaku judulnya Tikus Desa dan Tikus Kota, Kera yang Jadi Raja cetakan PT Gramedia. kayanya ini pengarangnya orang Jepang, Shogo Hirata, tampaknya. dongeng2 daerah asli Indonesia juga aku punya, kayak Timun Mas, Jaka Tingkir, Rara Jonggrang, dll dsb dst.

trus setelah pindah ke surabaya, aku nemu buku2 lawas bahasa Inggris hard cover, entah milik siapa. awalnya, rada susah mau baca buku itu, bukannya waktu itu aku uda ngerti bahasa Inggris sih, malah sama sekali enggak, tapi karena niang selalu melarangku dekat2 buku2 itu. kayaknya khawatir aku bakal ngerusak buku2 itu. hehehe. tapi waktu akhirnya boleh buka buku2 itu, akhirnya bisa menikmati gambar2nya. bagus2 ilustrasinya. ada yang kartun, ada yang foto asli. sampai sekarang masih ada lho buku2nya. barusan waktu aku buka2, aku paham banget sama yang ditulis penulisnya. dulu mah kagak.





trus setelahnya aku mulai baca2 majalah Femina yang ada di rumah. yang ini, aku bisa baca seluruh artikelnya, secara bahasanya bahasa Indonesia. hehehe. trus ada majalah Cosmopolitan dengan cover seorang model bule yang aku lupa namanya, tapi aku suka dress yang dia pakai. wajahnya juga cantik.

trus setelah bongkar2 buffet lama, ditemukanlah banyak komik2 jadul cetakan Gramedia yang dulunya milik tanteku, Tante Yuni. komik jaman dulu berwarna semua nih isinya. ukurannya juga seperti majalah, nggak seperti komik sekarang. katanya masih banyak lagi komik2nya, tapi hilang entah ke mana. katanya juga punya seri Tintin. tapi dari yang aku temukan, nggak ada yang seri Tintin. Favoritku Anita dan Alat Pemintal Tua dan serial Trigan. kalo Anita ini ceritanya remaja cewek yang kayak kena sihir setelah tertusuk jarum alat pemintalnya. sementara serial Trigan ini meskipun outfitnya rada kayak kaisar2 Romawi gitu, jangan salah, disini ceritanya teknologi udah maju banget. bagus kok.




trus menjelang masa2 abege, bacaanku geser lagi ke bacaan teenlit indonesia cerita cinta-cintaan gitu. so sweet - so sweet gitulah ceritanya. kadanga beli kadang nyewa teenlit. mumpung rumah sama esempe deket sama tempat persewaan buku2. tapi lama2 bosen juga baca gituan. ceritanya ya gitu2 aja. tapi anyway, di tempat sewa buku yang deket rumah inilah pertama kalinya aku baca Harry Potter, kira2 kelas 6 esde. sebelumnya, aku nggak kenal blas sama yang namanya Harry Potter, even just a lil bit. buku sama filmnya, sama2 gue nggak taunya. pernah nih waktu aku main ke rumah temen, namanya Bram, rumahnya di taman pinang sono, sekarang nggak tau udah pindah apa belom. Bram nawarin nonton Harry Potter and The Chamber of Secret. tapi Reza, temen yang lain, bilang "nggak ah, bosen". (kali itu aku uda kenal nama Harry Potter, tapi belum pernah nontonnya) dalam hati aku langsung "yaaah, aku kan belom pernah nonton".

trus di tempat sewa buku deket rumah itu juga aku baca The Lord of The Ring Trilogy (bahasanya detail buanget!!! sampe ngantuk. satu paragraf panjang 3/4 halaman itu bisa cuma buat nyeritain setting. cuma seru juga kalo uda mulai percakapan sama perang2nya. bagus kok, over all). Aku juga mulai kenal karya2 Dan Brown. well sebenernya aku minta kado The Da Vinci Code dulu (waktu lagi booming tuh..), baru selanjutnya aku cari tahu karya2nya yang lain, yang ternyata, tempat sewa buku ini punya. bagus deh. aku langsung sewa Angels and Demons, The Deception Point, Digital Fortress. wuiiiih jatuh cinta banget sama karya2nya!!! fiksi, cuma diselipi fakta2 fantastis juga. kebanyakan novelnya bikin aku salah tebak terus siapa yang sebenernya dalang dibalik semua kejadian itu. oke lah. kayaknya cuma The Lost Symbol aja yang dalangnya udah jelas dari awal.





Komentar