Perjalanan ke dan dari Pancuran 7, Purwokerto

yak, setelah hampir 1 tahun di Purwokerto, baru kemarin saya main ke Pancuran Pitu. itupun secara nggak sengaja. nggak ada rencana sebelumnya. cuma berasal dari celetukan seorang kawan. adalah Kus Patrisia Brilianti si empunya ide. sebenernya dia cuma mau beli bunga di Baturraden untuk ditanam di makam bapaknya. trus tiba-tiba dia ngajakin jalan-jalan ke Pancuran 7 sekalian. yaudah, deh, kami ayo-ayo aja. akhirnya kami pergi berempat (saya, Bili, Heidi, dan Ayu) segera setelah sosialisasi blok BHL (yang ternyata cuma setengah jam!!!) selesai.

sebelum pergi, saya memutuskan untuk mengambil peralatan tempur melawan matahari dulu di sekre dan kosan. saya ngambil sarung tangan saya yang ketinggalan di sekre, trus ganti celana panjang di kosan, pakai kaus kaki, tak lupa jaket juga. abis itu, ke kosan ayu buat ngumpul dulu sama anak-anak trus capcus ke Pancuran 7 naik motor.

awalnya jalanan masih oke-oke aja. mulus tidak berlubang-lubang. tapi jalanan berubah menjadi sangat tidak bersahabat ketika mulai memasuki area wisata Pancuran 7. edaaaaan. jalannya bener-bener ga karuan. sudah medannya naik turun, aspalnya rusak parah. oh yaa, apakah saya sudah menyebutkan kalau area wisata Pancuran 7 itu terletak di kawasan hutan? ya, Pancuran 7 ada di kawasan hutan yang benar-benar sepi -_- paling-paling cuma wisatawan yang berlalu lalang melintasi jalanan itu. dan mereka pun jumlahnya tidak banyak. sepanjang perjalanan, seingat saya tidak lebih dari 10 mobil dan motor yang berpapasan dengan kami. kalau sampai terjadi sesuatu pada kami, bisa berabe. ciyus.

sepanjang perjalanan itu saya teringat Tragedi Menganti. hehehe. parno abis, sumpah. kan waktu itu pulang dari Pantai Menganti sehabis pelantikan angkatan 005 Osipital dan perjalanan purwokerto-Pantai Menganti itu juga naik turun ga karuan. lebih curam, tapi bagian jalanan yang rusak tuh engga lama-lama amat (kalo di perjalanan menuju Pancuran 7 kan lumayan lama di bagian jalanan rusaknya). dan di suatu waktu, mesin motorku mati gitu aja -_- untung ada Mas Hakim yang nolongin. dan itu pun kami masih di desa yang notabene masih banyak orangnya. kan ngeri tuh kalo tiba-tiba mesin motor mati lagi di tempat yang lebih terpencil kayak gini.. udah gitu, kita cuma cewek-cewek juga. ngerti apa soal motor selain cara mengendarainya? ditambah dengan larangan dari ibuk yang bilang kalo buat jalanan naik turun nggak boleh pakai motor matic, makin bikin parno aja.

beberapa ratus meter (atau mungkin beberapa kilo) sebelum sampai, akhirnya saya nyuruh Heidi buat turun dulu sebentar di sebuah turunan super curam. bukannya saya udah nggak kuat ngebonceng heidi, tapi karena saya nggak mau maksain rem motor saya. takut remnya blong, jon. tapi sama bili, akhirnya saya disuruh ngebonceng ayu, sementara bili yang ngebonceng heidi.

sumpah deh sayang banget jalannya kurang mendapat perhatian dari pengelolanya. apalagi ini tempat wisata. kan bisa-bisa orang pada gamau dateng ke sini cuma gara-gara males ngelewatin jalanan yang rusak -_-

sampai di parkiran Pancuran 7, hal pertama yang saya perhatikan adalah indikator bensin motor saya. rupanya perjalanan naik-turun-susah-payah tadi sudah memakan separuh isi tangki bensin saya. alhasil, tangki bensin yang tadinya emang nggak penuh-penuh amat, jadi tinggal kurang dari 1,5 bar aja sisa bensinnya -_- gara-gara itu, selama di Pancuran 7 saya jadi nggak tenang. kepikiran bensin motor mulu (entah deh, anak-anak pada nyadar atau enggak). "bakal cukup nggak ya, sampe bawah? mana POM Bensin terdekat dari sini lumayan jauh, juga. yang ada paling penjual bensin eceran. tapi ga lagi-lagi deh, beli bensin ecerean. gamau bensin eceraaaaan. ntar mogok lagi kayak di Tragedi Mengantiiii T.T" oh yaa, saya belum bilang ya kalo penyebab motor saya mogok di Tragedi Menganti salah satunya adalah karena saya beli bensin eceran, bensin yang kotor. kampret banget dah..

trus tiba-tiba ada bapak yang berbicara pada kami, "ini yang tadi naik motornya pinter banget yaa? cewek-cewek tapi naik motornya pinter banget". rupanya bapak ini tadi ada di salah satu mobil yang mendahului kami di perjalanan tadi. hehehehe.

pulangnya, saya langsung bonceng ayu, sementara bili bonceng heidi. dan di dalam hati, saya terus-terusan berdoa semoga bensinnya cukup sampai di POM bensin pertama yang kami temui. jalanan sama rusaknya, tapi tentunya lebih banyak turunan ketimbang tanjakannya. alhasil, saya jadi ga harus terus-terusan ngegas. seringnya saya biarkan motor meluncur mengikuti gravitasi sambil sesekali menarik tuas rem.

yakin deh, saya bersyukur banget ketika akhirnya keluar dari area wisata Pancuran 7 dan bertemu lagi dengan jalanan mulus.

dan alhamdulillah bensin motornya bisa cukup :D

PS: kenapa saya cuma nyeritain bagian perjalanan aja? karena di bagian ini yang bener-bener "luar biasa" -_-


niiih.. this is why this place called Pancuran 7!!! coba aja hitung ada berapa lubang pancuran di foto atas. dan itu bukan buatan manusia. ckckck.
ahahaha, tapi orang yang di foto atas itu bukan saya yaa. itu Heidi.


kalo dari Pancuran 7 tadi kita turun ke bawah, kita bakal nemuin ini..

oya, waktu masih di atas, waktu kita lagi makan-makan, kita ngelihat ada elang yang lagi terbang. norak banget nih saya dan heidi baru lihat elang terbang pertama kalinya. sesuatu banget. hehehehe




Komentar

  1. Keren dik.

    Eh Dik, bisakah minta kontak (WA/email) Kus Patrisia Brilianti? Kebetulan aku lagi menulis tentang perkawinan beda agama, ingin ngobrol dengannya.

    Terima kasih ya.

    Aan Anshori

    085780314559
    aan.anshori@gmail.com
    IG @gantengpolnotok
    FB Aan Anshori
    Twitter @aananshori

    BalasHapus

Posting Komentar