drakula di FISIP UNSOED

Blok HI a.k.a Hematoimunologi yang sedang aku jalani rupanya memberikan hobi baru buatku. Yaitu menjadi drakula yang kerjaannya ngambilin darah orang buat latihan. Yaah, bukan cuma aku sih yang jadi punya hobi baru kayak gini. Semua anak seangkatanku lah. Cuman, kayaknya aku masih tergolong ga sering-sering amat loh ngambil darah orang kalo dibanding anak-anak lain. Serius. Anak-anak lain mah kayaknya udah khatam banget ngambilin darah orang.

Yah, jadi kenapa aku bisa berkeliaran di FISIP UNSOED beberapa hari belakangan ini adalah karena aku belajar ngambil darah penduduk sini. Nyahahahahahah.

Semuanya dimulai dari mas doyok. awalnya aku minta tolong sama mas doyok buat jadi probandus aku. Alhamdulillah mas doyok mau. Hehehe. Yasyudah, kamis kemarin, aku bersama heidi dan fifi capcus ke fisip.

Sampai di sekre kmpa, rupanya sedang sepi. Hanya ada mas doyok, mbak nanung, dan mbak asti, ditambah beberapa anak lainnya di luar sekre.

Aku langsung nyoba ambil darah mas doyok. Tusukan pertama di tangan kiri. Ngga berhasil. Nyoba nusuk lagi di tempat yang rada beda, tetep ngga berhasil. Trus ganti tangan kanan. Tetep ngga berhasil juga. Hhhhhh... yaelah, ngga berhasil mulu.

Sementara itu, heidi nyoba ke mas zacki. Hmm, itu pembuluh vena di lipatan siku mas zacki nonjol banget. Ngga perlu susah-susah nyari lagi. Ngga perlu susah-susah ngeraba. Tsaaahhh. Sayang heidi belum berhasil. Dan itu nas zacki langsung pusing dan mriang. Hehehehehe. Haduh..

Setelah itu kita diajak mas doyok ke gazebo fisip buat nyari mangsa lainnya. Alhamdulillah ada yang mau. Heeheheheh. Aku, heidi, fifi masing-masing dapet satu orang. Aku nyoba di mas edo, angkatan 2012. Tapi di saat heidi dan fifi berhasil, aku masih aja ngga berhasil. Yaaah. Padahal udah kanan kiri tuh yang aku tusuk :( tapi masnya baik banget. Ngijinin buat kapan-kapan kalo aku mau nyoba lagi. Padahal aku ngerasa tusukan terakhir di lipatan siku kirinya itu sakit banget kayanya. Abis masnya sempet yang kayak nahan napas gitu. Yatuhan :(

Trus akhirnya aku nyerah aja deh buat hari itu. Ngga berhasil terus.

Malam semakin malam, dan akhirnya datanglah mas erwin. Sama si fifi langsung ditanyain "boleh lihat tangannya nggak, mas?".. hahah, trus kita tanyain mau engga diambil darahnya 3cc.. dan wajah mas erwin waktu itu, mmmm, ragu-ragu banget. Hahahaha. Ngga percaya banget ama kita-kita. Lamaaaaa banget mikirnya. Trus si fifi nunjukin spuit 3cc terakhir kami yang bakal dipake. Makin ragu aja nih si abang. Dilihatin terus itu spuitnya sambil mikir-mikir, entah mikir apaan. Katanya sih dia trauma sama petugas donor darah yang tremor waktu masang jarumnya.

Tapi trus akhirnya dia bilang mau. Yess! 

Spuit yang tinggal satu itu, diserahin si fifi ke aku. Trus langsung siapin alat-alat sebelum mas erwin berubah pikiran. Siapin kapas beralkohol, turniquet, dan tissue. Spuitnya dicek, jarumnya udah nempel bener apa belom. trus udara di spuit dikosongin, just as usual.

Aku lihat dan raba lipatan siku mas erwin. Halus. Maksudnya pembuluh venanya ngga begitu jelas dan nggak menonjol dengan "cantik" kayak punya mas zacki. Hahahaha. Sebenernya aku nggak yakin-yakin amat bakal bisa. Orang alus banget gitu. Tsaaahh.

Aku pasang turniquet di lengan kanan mas erwin. Usap kapas beralkohol ke bagian yang mau disuntik. Trus pelan-pelan, setelah sebelumnya minta ijin dulu, drakula, eh, maksudnya saya, mulai beraksi. Alhamdulillah saya ngga tremoran. Jadi mas erwin nggak usah ngerasain trauma yang sama.

Pelan-pelan banget aku nyoba nusuk, seperti biasanya. Sampe katanya malah seolah-olah aku ragu, padahal bukan begitu adanya. Trus darah mulai terlihat di pangkal jarum di dalam spuit. Aku mulai menarik plunger spuit, lagi-lagi, dengan sangat perlahan. Tabung spuit yang kupegang mulai terisi cairan berwarna merah kehitaman. Dan akhirnya tabung spuit pun terisi penuh. Alhamdulillah~



Darah 3cc pertamaku!!!!!

Tanpa dibantu mengarahkan tusukan!!!

YESS!!!!!

Yah, mau ga mau, aku agak ngerasa bangga juga sama diri sendiri. Setelah gagal terus. Hehehehe.

Terima kasih lho buat semua pihak yang udah membantu. Terima kasih buat mas doyok yang udah mengantar drakula-drakula ini ke mangsa empuk, maksudku probandus-probandus yang sudah berbaik hati meminjamkan lengannya :')
Semoga latihan kali ini bermanfaat :)

PS: sori buat yang nggak suka lihat darah.. siapa tau merasa terganggu krn foto yg saya post :)

Komentar