Merbabu 3145 mdpl 17-19 April 2014

kegiatan:
  • Pendakian Wajib Angkatan VI OSIPITAL Kedokteran Unsoed.

peserta pendakian:
  • 2013 (AM): Dewi, Opi, Miftah, Tressa, Indi, Ifan.
  • 2102 (Repro): Heidi dan Fita (aku). sedih banget ini cuma berdua :(((
  • 2011 (Imuno): Mas Hakim, Mas Didi, Mas Danan, Mas Boma, Mbak Tipung, Mbak Ai.
  • 2010 (Osteo): Mas Ijal.
  • 2008 (Neuro): Mbak Nova.
sweeper: mas ijal.

Kamis, 17 April 2014
  • jam 3 sampe maghrib, aku sama heidi masih praktikum fisiologi. padahal rencana jam 8 malem mau berangkat. kita juga hampiiir aja batal ikut pendakian gara-gara sakit yang muncul tiba-tiba banget -_- heidi pusing, aku meriang dan bersin-bersin sepanjang praktikum. tapi trus, waktu nengok ke sekre, sepulang dari praktikum, ngelihat Mas Hakim lagi nyiapin carriernya, mendadak semangat lagi buat ikut pendakian. yeay!
  • jam 9 kita semua menuju terminal.
  • jam 10 kita berangkat naik bis jurusan semarang. alhamdulillah dapet bis yang sepi. jadi bisa duduk.
Jumat, 18 April 2014
  • jam 2an kita turun di daerah Bawen. ganti bis. yang ke arah Solo.
  • sekitar jam 6, kita sampe di Boyolali.
  • trus kita ditawari bapak-bapak di terminal buat mengantar kita ke basecamp Selo naik avanza. dengan dibayar, tentunya. tawaran awal 20ribu per orang, yang langsung ditolak mentah-mentah oleh Mas Hakim. tapi ujung-ujungnya, kita naik avanza itu juga. haha. entah berapa Mas Hakim nawarnya. tapi sopirnya nyetirnya rada ngawur sih menurutku -_-
  • jam 8 kita sampe di basecamp. packing ulang dan sarapan.
  • jam 9, kita mulai jalan. tidak lupa foto-foto dulu~
  • salah satu yang aku cintai dari gunung ini adalah dari basecamp, kita langsung masuk hutan. gausah jalan lama-lama jalan di ladang kayak di Sindoro. hahaha.
  • jalan 1 jam-2 jam pertama, masih kuat dan semangat. ngga sebentar-sebentar istirahat. istirahat masih ngikut alur yg lainnya. tapi trus yaudah, lama kelamaan bikin sesi istirahat sendiri. 10 langkah, berhenti, duduk, berdiri, lanjut jalan lagi 10 langkah, trus berhenti lagi, begitu seterusnya. haha. makanya berasa aneh banget waktu pertama-tama aku ikutan jalan bareng anak-anak di depan. agak aneh. hahaha. lama-lama balik lagi kayak aslinya, ga kuatan.
  • eh tapi kali ini aku bukan jadi orang yang disapu lho!!! uyeah! dialah kak hakim, komandan osi yang jadi orang yang disapu. nyahahahah. maklum, sejak awal, sepanjang perjalanan, kaki kak hakim kram. akhirnya mas hakim jalan pelan-pelan sama mas ijal di belakang banget. tapi salut deh sama mas hakim, tetep lanjut jalan meski kaki kram berdenyut-denyut!
  • dan seperti biasa, aku dan heidi bukan teman seperjalanan kalo dalam urusan seperti ini. haha. kali ini teman seperjalananku adalah tressa a.k.a biuti. ganti-gantian juga sih, kadang ada mas danan, mbak tipung, mbak ai, dan mas boma. tapi tidak sweeper. eaaak. aku mau sombong sedikit lah, sekali-sekali nggak jalan bareng sweeper. hahaha. meski posisiku tepat di depan mas hakim dan mas ijal sih~
  • sampe pos 3, mukaku udah ceria banget ngelihat tenda berjejer-jejer cantik, nunggu buat ditidurin, dengan anak-anak osi duduk-duduk di sekitarnya. tapi tadaaaa... ternyata itu bukan tenda kita. hah -_- kita emang niatnya kemping di sabana 2. dan kukira pos 3 ini adalah sabana 2 -_- yah, akhirnya mau gamau lanjut jalan lagi deh.
  • beberapa menit sebelum sabana 1, sempat istirahat lumayan lama bareng biuti. menikmati pemandangan Merapi yang cantik banget, sambil nungguin biuti yang mengambil foto Merapi.
  • barangkali karena aku dan biuti ga nongol-nongol di sabana 1, akhirnya mas boma jalan balik tanpa bawa carrier buat nyari kita (carrier ditinggal di sabana 1, dengan mas danan dan mbak tipung yang juga lagi istirahat). trus mas boma ngebujuk-bujuk kita buat lanjut jalan ke sabana 1 yang emang udah deket banget. dan mas boma ngebawain carrierku sampe sabana 1. hehehe. sebenernya aku tuh masih kuat. hanya butuh istirahat aja~ dan seharusnya aku malu sih ya, abisnya ada biuti yang notabene adalah adek saya. tapi yaudah, tawaran mas boma terlalu manis untuk dilewatkan begitu saja. nyahahahaha. makasih mas boma :*
  • istirahat lumayan lama di sabana 1. sambil menunggu mas hakim dan mas ijal. hehehhe. baru setelah dua abang-abang ini dateng, mas danan, mbak tipung, biuti, mas boma, dan aku lanjut jalan.
  • entah ada chemistry apa antara aku dan biuti, yang jelas kami berdua jalan bareng mulu. sesama pejalan santai :)
  • kira-kira jam 5 sore, barulah aku dan biuti sampai di tempat kemping kami. di sabana 2. di tempat yang dekat pohon-pohon. di sana 4 tenda yang kami bawa sudah didirikan. hehehe. beberapa anak berkutat dengan kompor dan gelas-gelas, sibuk membuatkan kami minuman hangat.
  • indi, rupanya nggak begitu tahan dingin. masuk lah dia ke salah satu tenda. disusul mas ijal, yang nyalain kompor trangia di dalem tenda biar indi ga kedinginan. ga lama, saya nyusul juga masuk ke tenda saking dinginnya angin di luar tenda. biasanya aku tahan dingin kok. cuman, gatau kenapa, ga tahan banget sama angin di merbabu. bahkan kompor trangia pun ga efek sama sekali. tangan tetep dingin ga karuan. haiyah, ini kenapa malah inyong ikutan kedinginan gini -_-
  • paginya, jam 7, baru kita semua mulai jalan buat mengejar puncak. nggak, kita, terutama aku, nggak ngejar sunrise kayak orang-orang kebanyakan. nggak bakalan kekejar juga masalahnya. haha.
  • sementara kita muncak, mas ijal dan mbak nova jaga tenda sambil masakin kita makanan.
  • jam 9, akhirnya saya dan biuti sampe juga di puncak Merbabu. udah ditinggal foto-foto sama yang lainnya juga sih. tapi gapapa. still, we've made it :)
  • jam 10, sesuai kesepakatan, kami semua mulai jalan kembali ke sabana 2 tempat kami kemping, tempat makanan-makanan karya mbak nova dan mas ijal menunggu kami.
  • setelah puas makan, kami semua beberes & packing. jam 12, kita mulai perjalanan turun.
  • perjalanan yang kering seperti waktu berangkat, ternyata ga bisa kita nikmati kali ini. yaa meski ga deres juga, tapi hujannya lumayan lah ya. bikin jalanan jadi licin banget. dan kita jadi jatoh berguling-guling -_- ditambah dengan minimnya pohon-pohon atau apapun itu yang bisa buat pegangan.
  • dari yang awalnya saya jalan di tengah-tengah rombongan, pelan-pelan, ternyata yang lainnya udah jalan makin jauh di depan. yang tadinya di belakangku, ternyata juga udah jalan di depan. sampai akhirnya, tinggallah aku dan mas ijal.
  • sejujurnya, aku ga ngerti kenapa, tapi perjalanan kali ini kerasa berat. bukan berat di carrier ya. carrier mah udah enteng banget. tapii, yaaa gatau kenapa. hahaha. aku bahkan udah hampir nangis saking keselnya jalan kelamaan, ga sampe-sampe ke basecamp. entah mas ijal nyadar atau engga. semoga engga sih. haha.
  • di perjalanan "romantis"-ku dan mas ijal, kita juga denger suara binatang dibalik pepohonan. suaranya kayak yang buas gitu. haduh -_- aku yang beberapa langkah di depan mas ijal, langsung berhenti, sambil pelan-pelan noleh ke mas ijal, nanya apa yang harus aku lakuin. sementara mas ijal juga berhenti dan berubah jadi waspada, sambil tangannya merogoh-rogoh saku carriernya buat nyari pisau lipatnya. suara buas itu ga berkurang ataupun menjauh, dan mas ijal akhirnya nyuruh aku buat lanjut jalan aja. ya, jalan. kalo lari, aku yakin aku udah ga sanggup. hahaha.
  • trus hujan lagi. kali ini lebih deras dari yang tadi. mas ijal beberapa kali nanyain aku mau pake jas hujan atau engga, tapi aku putuskan buat lanjut jalan terus aja, gausa berhenti-berhenti, biarin aja basah kuyup. dan mas ijal juga lanjut jalan ga pake jas hujan. jadilah kita hujan-hujanan berduaan.
  • mas ijal sabar banget nemenin aku jalan :")
  • setelah keluar hutan, aku dijajanin bakso pentol pula sama mas ijal :")
  • trus begitu sampe basecamp, bebersih badan, gabung sama yang lain-lain yang udah pada bersih semua. yaiyalaaah, mereka udah sampe basecamp 1 jam sebelum aku -_-
  • setelah ngaso-ngaso dikit dan mukaku udah lumayan bisa dikontrol, kita balik menuju purwokerto.

sarapan di basecamp selo merbabu.

kakak dan adik

Imuno

bapak dan anak

REPRO uyeah!!!

angkatan baruuu~

kak didi, kakak yg gantengnya kondisional. hahaha.

kak ijal, sweeper paling sabar seduniyah!

sunset menuju sabana 2

tressa a.k.a biuti, teman sesama "pejalan santai"

dari perjalanan kali ini, aku asumsikan aku benar-benar lagi drop. sampe mau nangis di perjalanan turun lho. itu agak ekstrim kayanya. aku tau aku bukan orang yang kuat dan cepet kalo jalan naik-turun gunung, tapi kalo sampe mau nangis gitu yaa lebay juga rasanya. hah -_- detailnya, waktu itu aku ngelihat pendaki lain yang sedang jalan naik, berlawanan awah denganku dan mas ijal. dan itu ga cuma satu-dua pendaki yang aku lihat, tapi banyak. sudah kesal karena jalan kelamaan, yang aku harapkan waktu itu adalah segera melihat gerbang keluar hutan, eh, yang aku dapatkan malah pendaki-pendaki yang masih segar berjalan berlawanan arah denganku. yasudah, spontan aku teriak, "ini kenapa lama banget sih jalannya?!" sambil air mata mulai menggenang. alamak -_- padahal, kupikir jalan di Merbabu itu lumayan enak kok banyak datarnya. hehehe. haduuuh, payah banget ni -_-

PS:
  • kontributor foto: Mas Boma, Mas Ijal, Ifan, aku.
  • selalu ada jarak 1 jam perjalanan antara aku dan yang lainnya.
  • selamat buat mas hakim yang udah khatam semua gunung di jawa tengah :)
  • maaf, karena tulisannya baru jadi. padahal ini pendakian udah lebih dari 1 bulan lalu. hehe.
  • dan maaf karena tulisannya acak-acakan.