ayam

di suatu siang yang mendung, aku dan heidi pada akhirnya memutuskan untuk membatalkan rencana pergi ke kondangan. kami sudah dalam perjalanan, tapi melihat cuaca yang tampaknya semakin memburuk, akhirnya kami sudahi saja perjalanan itu bahkan sebelum sampai di tujuan. sebelum kembali ke kos masing-masing, heidi mengajak makan siang.

heidi: fit, laper ga?
aku: kenapa? mau makan? ayo
heidi: dimana ya yang deket-deket sini?
aku: mmmm deket deket sini mah palingan rumah makan A (nama disamarkan). atau mau ke rumah makan B? tapi rada mahalan kalo disitu.
heidi: eman ya kalo mahalan? yaudahlah A aja.
aku: oke.

tidak lama, belum sampai kita di rumah makan A, hujan pun turun. gerimis deres sih. monggo dideskripsikan sendiri gerimis deras itu seperti apa. hahahaha.

sesampainya di rumah makan A, kita pun pesen makanan.

aku: mas pesen menu paketnya ada?
mas waiter: oh udah ngga ada mbak. kalo menu paket paling paket bebek mbak. harganya 16ribu.
aku: yah kok ngga ada..
heidi: mas pesen ayam bakarnya.
mas waiter: adanya cuma ayam goreng sama bebek mbak.
aku: kok ngga ada mas?
mas waiter: iya, paling ayam bakar adanya kalo buat pesenan sih.
aku: ooo. tapi ini ada di menunya. gimanaaa?
mas waiter: iya ngga ada mbak.
heidi: berarti nanti diganti ya mas.
aku: kalo gitu pesen ayam gorengnya ya mas. PAHA ATAS.
heidi: ayam goreng juga yang DADA ya mas.
aku: (trauma dengan kejadian tidak mengenakkan yang pernah terjadi kalo aku makan di rumah makan ini, aku tambahin deh) kalo paha atas ngga ada, digantinya DADA ya mas.
mas waiter: (ekspresi sedatar mungkin)

setelah mengulangi pesanan kita, mas waiter pun pergi. ga lama, makanan kita datang, dimulai dari minuman, nasi, sambal, lalapan, lalu datanglah si ayam.

aku dan heidi: (memandangi potongan ayam yang datang)
aku: ini….?
heidi: mas mana dadanya ya? hahahaha.
mas waiter: itu mbak. itu kan dada sama paha atas.
aku: iya, mana dadanya mas? hahahaha (masih berusaha mengidentifikasi dua potong ayam kami. yang 1 benar paha atas. yang satu lagi, potongan daging dan tulang yang kuidentifikasi sebagai paha bawah lengkap dengan ceker. sepersekian detik aku berpikir, ini aku yang bego apa ya, gatau dada ayam kayak apa)
mas waiter: iya mbak, dada ayam kan kalo dipotong kayak gitu. nyatu.
aku: (nyatu sama apaan? bisa dada nyatu sama ceker? -_-)
mas waiter: ya kalo mau diganti gapapa mbak.
aku dan heidi: ya minta lah ganti mas.
mas waiter: (berlalu sambil membawa potongan ayam kami)

njir lah, mbok kalo mau ngibul pinteran dikit -_-
gimana ceritanya dada ayam bersatu sama cekeeeeer?
emangnya ayam mutan?
pelajaran yaa buat semua waiter di seluruh indonesia, gaada dada ayam nyatu sama ceker.

aku sebenernya menghindari makan disini. males. udah sering kejadian yang ga enak. pelayannya ga ramah. cemberut terus. dan malah ngomel balik. yang kemarin yang ngibulin melayani aku sama heidi bukan yang pernah balik ngomel sih. tapi tetep aja mukanya ketekuk. haduuuh tobat banget sebenernya makan disini. tapi kita terjebak situasi men. udah mendung banget, trus akhirnya hujan, tapi kita mau makan. hvft.

kadang kasian juga sebenernya kalo mikirin waiter yang dapet pelanggan kayak aku sama heidi, terutama aku, sih, sering ngomelin. kalo heidi biasanya suka rempong aja sama pesenannya, tapi ngga ngomelin. tapi kan demi kemaslahatan rumah makan itu juga cuy. jadi kita ngomelnya harus bener. dilandaskan niat buat koreksi biar mereka memperbaiki pelayanan. siapa sih yang nggak suka makan di tempat yang pelayanannya bagus? yaa jangan asal-asalan sih kerjanya. lama-lama bangkrut tuh kalo kaya gitu terus.

di tempat lain juga problemnya ga kalah ngeselin, ada tempat makan yang waiternya atau kokinya lupa bikinin pesenan kita. padahal kita udah nunggu lama. giliran ditanya, baru ketauan kalo belom dibikinin. sekali mungkin masih gapapa, kalo sering?

dan itu kasusnya untung ketauan kalo lupa dibikinin. pernah ada kasus, udah pesen, udah nunggu lama, udah nanya nanya ke waiternya kok makanan belom juga dateng dan dijawab dengan (kurang lebih) ya tunggu dulu, tapi ternyata ga dateng-dateng juga, dan pada akhirnya waiter datang dengan berkata "maaf mbak, untuk menu ini sedang kosong." what??? kok ngga daritadi lu balik dengan kabar itu? kita ngga nunggu 15 menit doang, tapi udah sampe nunggu 1 jam lebih buat menu yang ternyata kosong -_- ga habis pikir.

dan di titik ini kadang aku berpikir "kebahagiaan itu butuh penderitaan orang lain". hhhhhh.

maaf, jahat.

Komentar