M I N D

tulisan ini diilhami dari percakapan dengan seorang teman lama. ya intinya cuma mau sharing aja sih bagaimana aku menanggapi "hidupku" yang kini "penuh" dengan jalan-jalan. hahaha. kayak yang hedon gitu ya kesannya kalo pake kata "penuh", kayak yang jalan-jalan teruuuus gitu.. padahal sih enggak. hahahhaha.. ga segitunya. aku cuma membandingkan dengan yang dulu aja, yang kerjaannya di rumah melulu.

sebelum kuliah, aku suka jalan, tapi ke mall, atau tempat-tempat belanja gitu deh. wkwk. sempet ngerasa sedih juga bahkan waktu awal-awal pindah ke Purwokerto, ke kota yang gaada mall nya (tapi sekarang udah ada yaa..), sepi, gaada apa-apanya. bahkan sempat terpikir juga olehku untuk "hidup" hanya di kampus dan kosan. HAHAHAHAH. u know, w anaknya ga gaul banget emang, pasti udah ga kaget deh.. sebagian juga mungkin karena anaknya agak antisosial ya. ha ha πŸ˜…πŸ˜…. dan sebagian lagi karena aku merasa ga mampu menghadapi orang lain.

wait.. ga mampu menghadapi gimana tuh maksudnya?

iyaa, sekarang setelah aku lewatin stase jiwa (meskipun sekarang aku belum juga lulus, doakan aku cepat lulus stase jiwa ya teman-teman), kayanya aku punya ide-ide paranoid gitu deh (kalo ga bisa dibilang waham). jelasin dikit ni yaa, waham itu adalah keyakinan yang salah yang diyakini seseorang dan ga bisa dikoreksi. sementara kalo masih berupa ide itu bisa dikoreksi. yang ada dipikiranku itu rasanya seolah-olah setiap aku jalan, orang-orang disekitarku pasti sedang ngelihatin aku, ngomongin aku, menilai aku, berpikir "ni orang apaan sih?" tentang aku, dan lain-lain sejenisnya meskipun aku tau itu nggak bener. tapi entah kenapa aku ga bisa aja ngilangin pikiran itu. (see? trust me, aku nggak sewaras itu, u know).

terus di suatu titik di hidupku, aku merasa ini harus dirubah. mungkin sebagian karena aku takut lama-lama jadi gila beneran.. hehe, yaaa maksudku sebelum aku bener-bener butuh pertolongan dari profesional, u know. kan keluar duit lagi ujung-ujungnya yak. wkwkk.

jadi hal pertama yang aku lakuin adalah aku mohon sama Yang di Atas, aku bilang kalo aku pengen berubah, dan aku butuh pertolongan-Nya (ini kenapa jadi berbau bau relijius gini ya ceritaku? πŸ˜‚πŸ˜‚). tapi aku serius nih ceritanya. aku bener-bener ngelakuin itu. aku gamau berada terus-terusan dalam kondisi sepeti itu. capek lhoo harus terus-terusan merasa was-was memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kita. tapi perlu dicatat kalo aku sebelumnya dan sampai sekarang bukan orang alim.

trus mungkin Tuhan kasihan sama aku, jadi dibukakanlah "jalan" supaya aku bisa kaluar dari kondisi yang seperti itu. mulai dari yang coba-coba ikut Osipital (UKM di kampusku yang awalnya aku gatau dia bergerak di bidang apa meskipun udah dijelasin di awal masuk kuliah, yang bahkan ketika diksar outdoor mungkin bisa dibilang kalo aku masih harus mencerna pelan-pelan tentang apa yang sebenernya sedang terjadi (untung w mikirnya rada lambat ya πŸ˜‚πŸ˜‚ alhamdulillah)), trus lama kelamaan berkembang jadi jatuh cinta sama "jalan-jalanku yang sekarang". jalan-jalan di hutan, nyari curug, berenang di curug. jalan ke goa, gelap becek berlumpur, bahkan berenang di dalam goa. naik gunung, lusuh kucel sambil bawa barang berat-berat "cuma" untuk pindah tidur, belum lagi kalo kena badai, beuuuh sedap. alas tidur yang keras dipadu dengan dinginnya udara yang menggigit. plus BAK BAB tidak bebas, hanya berbekal tissue basah. whoa.. apa enaknya ya?

ya jangan dipikir "cuma"-nya itu ajaaa.. kalo mikirnya kayak gitu, mungkin ya cuma bakal dapet capeknya aja, sama bonus dingin deh. hehe. mungkin awalnya aku ga nangkep hal positif apa sih yang bisa diambil.. apa sih yang bisa dimaknai dari semua itu.. tapi pelan-pelan, entah karena kesambet apa, aku jadi berpikir "nikmat ya bisa tidur di kamar yang hangat", "nikmat ya bisa mandi di kamar mandi sendiri, bisa bersih-bersih badan sepuasnya", "nikmat ya ada penerangan, ga harus gelap-gelapan kayak di dalam goa" dan lain-lain yang intinya bikin aku jadi lebih bersyukur sama apa yang ada, dan berusaha ngelihat hikmah/sisi positif dari apapun. contoh lagi, yang aku ujian stase jiwa kemarin yang diphpin itu, udah dibela-belain balik ke Purwokerto dari Jogja subuh-subuh tapi akhirnya ujiannya ga jadi; aku kesel sih, tapi mungkin Tuhan tau aku belum siap buat ujian; jadi sebaiknya aku sudah siap ketika kesempatan ujian itu akhirnya datang. kan katanya juga nikmat kita bakal ditambah selama kita bersyukur, bukan begitu?

sambil jalan-jalan juga terus jadi kenal-kenal sama orang baru. menyenangkan. dan pelan-pelan aku jadi bisa menghilangkan pikiran-pikiran paranoidku itu. ternyata orang lain ga semenakutkan itu kok. (sumpah makin kesini aku jadi mikir kalo aku itu aneh banget ya?). yaaa pasti mereka melakukan penilaian tentang aku dalam pikiran mereka, tapi sekarang aku lebih cuek, ga terlalu ambil pusing sama kata orang. meskipun aku kebanyakan mengandalkan orang lain yang mengobrol, maksudku aku berperan sebagai pendengar. hahaha. aku gatau mau ngomong apa, lagian aku gapunya hal menarik buat diomongin, jadi yaudah diem aja. tapi tetap menurutku menyenangkan melihat orang-orang di sekitar kita bicara, ketawa, trus jadi ikutan ketawa deh. hehe. disitu aku juga belajar sih dengan memperhatikan respon orang menanggapi orang lainnya. yaa mungkin bisa dibilang belajar menempatkan emosi juga (sampe hal remeh kayak gitu aja aku masih belajar πŸ˜…πŸ˜…. sad, but it's true. jadi mohon maaf lahir batin nih yaa bagi yang berkontak denganku kalau ternyata emosi yang keluar dariku kurang pas, masih belajar brooo).

jadi yaa gitu deh ya intinya. aku yakin kalian bisa menangkap maksud tulisanku kok. aku cuma mau bilang penting banget mensyukuri apapun yang ada di hidup kita. nikmat kita bakal ditambah kok selama kita bersyukur 😸😸. dan penting banget merubah pikiran kita biar lebih positif. bakal lebih enak aja bawaannya. nggak perlu capek capek parno, atau capek-capek memikirkan yang engga-engga πŸ˜”πŸ˜”. insya Allah bakal lebih enteng pikirannya. nggak mudah emang, aku tau. tapi bisa diusahakan. kan sudah tugas kita buat selalu berusaha, bro.

anyway, salah seorang adik di Osipital pernah bilang alasan dirinya mau ikut UKM ini adalah agar lebih dekat dengan Sang Pencipta. dulu aku cuma ketawa mendengar itu. tapi sekarang, kupikir aku mulai bisa memahami kalimat itu sedikit-sedikit.


dari yang sedang berusaha waras,

Fita.


puncak pertamacuuuuu di Sindoro, 28 April 2013.

sebelum berangkat untuk jalan-jalan pertamaku di hutan, Oktober 2012.

sebelum ketemu Merbabu, cintaku, untuk yang pertama kalinya. 

otewe nyari Curug Penganten, 8 Maret 2015

basah-basahan di Curug Penganten, 8 Maret 2015.

berdesak-desakan di atas mobil bak, dari Basecamp Argopuro di Desa Bremi, 4 Agustus 2015.


PS:
makasih buat semua yang sudah menginspirasi tulisan ini.

Komentar