eyek

enggak tau kenapa ya, tiba2 aku tanyain hal ini ke ibuk beberapa malam lalu. sebelumnya ya nggak kepikiran apa soal hal ini. spontan aja, gitu.
* note that eyek = tu ayah = kakekku dari ibuk

aku : buk, eyek itu meninggalnya karena sakit jantung ya?
ibuk : yaaa, sebenernya nggak cuma sakit jantung. ada stroke-nya juga. sakit jantung koroner sih sebenernya.
aku : oooh.
ibuk : waktu itu ibuk nggak waspada sih. malemnya & beberapa hari sebelumnya emang sudah ngeluh sakit di dada. trus ya nggak tau deh, ibuk malem itu kurang waspada.
aku : waktu itu ibuk udah jadi dokter ya?
ibuk : udah. trus paginya eyek kencing, trus abis itu tiduran di sofa. sofa yang itu ya kalo enggak salah (sambil menunjuk sofa lama di ruang tamu). eh enggak sih, sofa yang satunya lagi. trus waktu mau dibangunin sama niang, kok ga bisa2. yauda telpon erkaset (apa sih panjangannya? gue sering denger tapi kok nggak pernah tau artinya. ibuk pun nggak tau panjangannya.) minta dikirim ambulan.
aku : erkaset?
ibuk : iya, rumah sakit kristen gatau panjangannya apa.
aku : bukannya deket rumah kita dulu ada rumah sakit ya?
ibuk : iya. rumah sakit marinir. tapi itu kan rumah sakit kecil. sepi gitu. takutnya kalo nggak ada dokternya, nggak ada alat2 yang memadai, mesti ngirim lagi kerumah sakit lain. kan buang waktu. tapi yaah, pas di jalan ke rumah sakit udah nggak ada. jam 4 subuh udah nggak ada. ibuk bener2 kurang waspada. makanya, jadi orang tu harus waspada.
*****jeda sejenak*****
ibuk : tu ayah, yang bener itu. tu ayah.
aku : tu-nya apa?
ibuk : ya ratu toh. keluarga bangsawan.
aku : waah, aku bangsawan.
ibuk : ya nggak lah ya. kamu sudah keturunan krian. hahahaha.
aku : huh. terus kenapa aku manggilnya eyek?
ibuk : ya nggak tau.
aku : sebenernya ibuk manggilnya apa sih? tu ayah apa bapak?
ibuk : lhoo ya kalo ibuk, manggilnya bapak. kamu tu ayah. tu ayah kan kakek.
aku : kalo niang masih sehat, ya.
ibuk : ya alhamdulillah. niang umur segitu masih sehat. maksudnya setua itu, nggak ada penyakit apa2.
aku : ya ya. alhamdulillah. nggak pernah ngecek, gitu?
ibuk : nggak pernah. dan emang aslinya juga nggak ada penyakit apa2.
aku : yah, siapa tau kalo ada apa2 bisa langsung ditangani, kan?

waktu ibuk cerita kronologi eyek meninggal, kedengarannya sih dia biasa2 aja. tapi aku ngerasa kalo kejadian itu bener2 nempel di ingatannya. ibuk cerita detail banget. yang aku tulis barusan mah nggak ada apa2nya kalo dibandingin ibuk sendiri yang cerita. nggak tau deh, mungkin ibuk ngerasa agak bersalah karena kurang waspada. well, who knows??

pasti sedih deh waktu itu. hiks. nulis ini jadi pengen nangis beneran. sayang sekali aku nggak ingat apa2 tentang kegiatan yang pernah kita, aku dan eyek, lakuin bareng. kata tante2ku, eyek sering nemenin aku main di halaman rumah waktu jamnya orang2 tidur siang. yah, akhirnya aku beneran nangis sekarang.

kejadian itu pasti udah lama banget. dari yang kudengar, eyek meninggal tahun 95. berarti aku baru sekitar 1 tahunan. pantas saja kalo aku nggak inget apa2. pengen kembali ke masa itu. waktu eyek nemenin aku main di halaman rumah. pasti lucu. apalagi kulitku masih putih bersih kinclong, belum buluk kayak sekarang. hehehe. tapi serius deh, pengen balik. ato minimal lihat kayak gimana kejadian itu. tidak ada pensieve, ya, di dunia ini?? kayaknya aku butuh itu sekarang.

Komentar