kemping ceria

seperti yang sudah direncanakan, jumat tanggal 5 sampai esok harinya, aku pergi kemping. paginya ada ujian tulis, siangnya siap2 buat kemping, sorenya berangkat deh. tapi besoknya ada ujian OSCE lhooo. yaa semacam ujian praktek gitu lah. apapun ujiannya, kalo bisa jangan mengganggu kegiatan berorganisasi lah. hahahahaha.

berhubung aku ngga punya ransel yang cukup besar untuk kemping, akhirnya aku coba tanya Onika Adi Wijaya apa aku boleh pinjem ranselnya. untungnya dia ngebolehin. yeeeee... Oni baik deh. padahal itu satu2nya ransel yang dia punya. ini di bawah gambar ransel pinjeman dari Oni yang udah aku isi dengan berbagai barang, sebut saja air mineral 1,5L, popmie 3 buah, susu kotak, alat makan, obat2an, 2 kaos, 1 training, rafia, jas ujan ponco, alat mandi, dll dsb, dst.

yang berangkat pertama ada 4 caang atau calon anggota, aku, Fifi, Heidi, Adit, dan 2 senior, Mas Cahya dan Mas Danan. rencana kita kumpul di sekre jam 3, berangkat jam 4. tapi molor jadi jam 5an baru berangkat karena berbagai macam hal, ada Fifi yang baru pulang dari mentoring jam 3, ada Mas Rijal yang baru pulang jam 3 juga karena ngurusin mentoring dulu. tapi waktu aku sampe di sekre, udah ada Mas Cahya sama Mas Danan ngisi carrier (tas buat naik gunung yang biasanya tinggi2 banget itu lho) dengan bermacam barang, mulai dari tenda, sleeping bag, matras, tikar, perlengkapan nesting, kaleng2 gas, tas P3K, dan entah apa lagi.

kemping kloter pertama, ki-ka: adit, mas cahya, mas danan, fifi, heidi, aku.

kira2 jam 5an, kita berangkat menuju tempat kemping di daerah Baturraden sana. aku naik motor sendiri, Adit ngebonceng Fifi, Mas Cahya ngebonceng Heidi, Mas Danan ngebonceng dua carrier yang gedenya minta ampun. iring2an, Mas Cahya ada di paling depan, Mas Danan di paling belakang mastiin supaya ngga ada yang ilang, aku di depannya Mas Danan. dasar aku yang lamban kalo nyetir kali ya, jadi nggak keburu mau ngikutin yang di depan. yaudah akhirnya aku minta tolong Mas Danan supaya nyetir di depanku biar aku ngikutin Mas Danan aja. lumayan, ngikutin Mas Danan itu lebih gampang karena ada tanda yang mencolok banget, yaitu carrier besar yang Mas Danan bawa.

berangkat dari kampus, langit emang udah kelihatan mendung. dan tadaaaa... akhirnya waktu udah sampe di daerah Baturraden ujan turun beneran. waktu itu kira2 jam setengah 6an. kebetulan tempat kita berhenti adalah sebuah warung makan. yaudah, kita akhirnya makan di situ. hehehe. entah aku yang lagi laper banget apa gimana, pokoknya waktu itu aku makan paling cepet. jadi malu kelihatan maruknya.

sedikit percakapan di warung makan yang gak begitu nyambung dengan post kali ini:
Mas Cahya: kalo makan masih kayak putri semua.
Mas Danan: he eh.
Mas Cahya: tenang saja, Osipital akan mengubah kalian.
aku: hah, kenapa emangnya?
Mas Cahya: waktu ada diksar, itu kan gabung sama Mapala2 lain, kalo makan itu kayak disediain nampan besar, trus makan rame2.
aku: kayak kepungan ya mas?
Mas Cahya: iya kayak kepungan. itu kalo kalian makan kayak begitu, bakal ga kebagian.
Mas Danan: (sambil memperagakan meraup makanan dengan lima jari) Lima jari.
aku: hmmm....

trus setelah makan, mampir ke toilet dan beli makan buat nanti malem, jam 6an kita melanjutkan perjalanan. masih pake motor. udah nggak hujan, dan hari makin gelap. lampu2 juga jarang banget. paling2 cuma dari rumah warga. nggak lama kita jalan, Mas Danan yang ada di belakangku lagi memperingatkan supaya aku siap2. aku tanya kenapa, Masnya cuma bilang "yaaah siap2 aja". dan tiba2 aku tau apa yang dimaksud olehnya. jalanan yang tadinya yaaah... relatif lebih rata, mendadak berubah jadi naik turun yang lumayan curam dan ditambah aspalan yang udah bolong2 nggak karuan. belum lagi GAK ADA LAMPUUUUUU!!!! penerangan jalan cuma dari lampu motor. parah. motor ane hampir selip juga gara2 ane nyetir terlalu kepinggir ke rumput2 becek. untung nggak sampe jatuh.

trus kita masuk ke perkampungan warga lagi. di sini kita nitip motor ke rumah salah satu warga yang nampaknya emang dijadikan tempat transit para pendaki yang baru mau naik ataupun baru turun. trus kita sholat maghrib di masjid dekat rumah tempat kita nitip motor. trus aku ngusulin supaya sekalian sholat isya' disitu aja, biar ga rempong wudhu. tapi katanya mending sholat di atas aja daripada kemalaman. trus yaudah kita berangkat deh melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

kita mulai jalan meninggalkan perkampungan warga. nggak ada lampu sama sekali. kali ini kita harus pake senter buat nerangin jalan kita. sumpah ya, kerjaanku kayaknya kepleset melulu selama jalan di sana. maklum juga sih, kan abis ujan. Mas Cahya ada di paling depan diikuti Heidi, Fifi, dan Adit. nah ane jauh tertinggal di belakang ditemani Mas Danan yang mungkin dalem ati udah gemes banget gara2 ane jalan kayak keong. hehehehe, becanda Mas. Mas Danan buaik kok. kan kakak asuh ane waktu di BIOPKMB. belom apa2 aku udah ngos2an. keringet ngucur nggak karuan. berulangkali umek sama ransel yang berat banget itu. trus Mas Cahya bilang kita nyasar. lha, jeng jeng... trus setelah tanya ke hiker lain yang tadi sempat kita lewati, kita ditunjukkin jalan yang bener. akhirnya bisa juga kita sampe ke tempat yang dituju.

kita langsung buka tenda, dibikin kayak lomba gitu. kan ada 2 tenda, satu buat dibikin sama cewek2 dan Mas Danan, satu lagi buat dikerjain sama Mas Cahya dan Adit. di tenda bagian cewek, aku bingung mau kerja apa. kebanyakan personil. sementara tenda Mas Cahya belum mendekati jadi. yaudah, aku akhirnya pindah ngebantuin Mas Cahya dan Adit. lumayaaan, aku jadi dapet kerjaan masang pasak tenda. dan tadaaaa.... tenda Mas Cahya malah duluan kelar. setelah diusut, ternyata ada frame tenda bagian cewek yang patah, tali yang buat nyambung masing2 frame juga pada putus. makanya daritadi mau dibikin ga jadi-jadi. katanya sih tenda ini abis dipinjem, trus yang balikin ngga mau tanggung jawab tuh. HIH!

setelah kedua tenda jadi, kita gelar matras di luar tenda. kita nyalain lilin, trus kita duduk di sekeliling tuh lilin. kita makan lagi. kita makan nasi plus lauk yang dibeli di warung makan yang tadi jadi tempat singgah kita waktu hujan. hehehe. trus aku inget kalo belum ijin ke Mas Ato, Menteri Kesenian BEM, kalo aku nggak bisa ikut pertemuan magang pertama. (sebelumnya udah bilang sih kalo mau kemping. tapi itu kan belum fix.) trus abis itu diinterogasi sama Mas Cahya. kita ditanya2in soal kesan2 apa yg udah didapet setelah masuk Osi, apa aja yang masih kurang dari Osi, gitu2lah. setelah itu, barang2 yang berserakan di luar kita beresin, trus kita semua masuk deh ke tenda cowok. lumayan, jadi nggak kena angin. lebih hangat lah walau sedikit.

di dalem tenda aku juga ditanya2in hal yang sama. trus tiba2 terdengar suara dari kejauhan. jeng jeng... seketika aku pun memeluk Fifi sambil jerit2 yang duduk tepat di sampingku. sementara Fifi dengan tampang yang senyum2, bergerak maju ke depan, lebih dekat dengan semuanya. trus tenda kita digesek2 gitu. haduh, aku takut lho. lebay sih, tapi ya mau gimana, lagi jadi penakut. trus Mas Cahya buka tenda dan tadaaaaa... itu tadi senior osipital yang baru dateng yang ngerjain kita. ada Mas Ijal, Mbak Fitri, Mas Bahar, Mas Anung, Mas Oki, Mbak Indah. kita yang di dalem tenda keluar deh. trus setelah nggelar tenda lagi dan masang ... apa tuh ya namanya? pokoknya kayak kain yang digantungin di dua pohon, bisa ditidurin, kita semua duduk2 ngelilingin sebuah kaleng gas yang udah disulut. api unggun mini dan instan.

acara selanjutnya adalah dengerin senior2 ngobrol. hehehe. nggak ngerti juga mau ngapain sih. trus inget kalo belum sholat. disuruh wudhu di sungai kecil mengalir yang airnya sip banget. tapi sebelumnya kita juga pipis di situ. kata Mbak Fitri sih nggak papa, kan airnya mengalir. aku iya-iya aja deh, ya kaget sih, abisnya sangat nggak seperti aku yang biasanya yang jijikan. hahaha. trus dengerin senior ngobrol lagi. ada Mas Anung yang "katanya" lagi khilaf. Mas Anung bilang karakter orang bisa dilihat dari lagu2 yang disukai. hmmm, aku karakternya gimana ya? haha.

jam 5an kita dibangunin. kita mau sholat. pada kebelet pipis juga. tapi hari sudah mulai terang. langsung deh kita bergegas pipis sebelum semua menjadi semakin jelas. kalo pipis malem2 sih enak, senter tinggal diarahin ke arah lain ato dimatiin dulu, trus kita bisa pipis dengan tenang tanpa perlu takut ada yang ngintipin (atau minimal nggak sengaja terlihat deh. hehehe) selanjutnya kita olahraga dikit. trus abis itu belajar bikin bivak atau tenda darurat sementara. yang kita butuhin adalah jas hujan ponco, rafia atau tali pramuka, pisau, ranting2 buat dijadiin pasaknya dan otak. haha, kenapa otak? karena tadinya kita nggak ngerti bikin bivak mesti gimana dulu. kan pengalaman pertama nih. mesti mikir dulu biar jas ujannya berubah jadi bivak, apa aja yang mesti dilakuin/dibuat. hehehe. setelah belajar bikin bivak selesai, kita sarapan popmie.

subuh-subuh gelap2an di luar tenda. ada Fifi yang hapenya tetap bersinyal jaya. api dari kaleng gas masih nyala. peralatan makan masih bertebaran ga karuan.

bivak yang kita buat dari jas ujan ponco, 2 ranting panjang, rafia, ranting2 kecil yang kuat sebagai pasak.

kelar sarapan, kita beres2 tenda dan barang2 lainnya yang kececer. kita siap2 untuk praktik materi navigasi darat yang udah dikasih kamis lalu oleh Mas Oki dan Mbak Indah.

ki-ka: Fifi (cuma separo), Mas Danan, Mas Cahya (blur), Mbak Fitri, Mas Ijal (komandan Osipital. asik banget lah itu celana batiknya)

ki-ka: Mbak Fitri, Mas Ijal, Mas Rahman Noor a.k.a Mas Anung, Mbak Zhita.
yang lagi jongkok kerudung pink: Heidi.

ada Mas Oki di sini (kedua dari kanan). sayang Mbak Indah nggak ke tangkep kamera hape. lagi dimana ya?

setelah semua beres. kita jalan sebentar. di tengah2, kita berpisah dengan Mas Danan dan Mbak Zhita. Mas Danan dan Mbak Zhita mau balik duluan. kita lanjut jalan sedikit lagi sampai akhirnya kita semua sampai di sebuah jembatan kecil, dan Mas-Mas dan Mbak-Mbak pada berhenti. aku ikut berhenti, masih belum sadar kalo sebenernya kita udah sampai. akhirnya kata2 dengan ekspresi ceria "sudah sampai!!" dari Mas Anung lah yang bikin aku ngeh. di jembatan itu kita dapat materi sedikit tentang cara pakai kompas bidik, protaktor, dan sedikit teori tentang resection intersection.

note:
resection: menentukan posisi diri di peta.
intersection: menentukan lokasi di peta yang sudah diketahui koordinatnya.

menakjubkan bahwa hanya dengan berbekal alat2 sederhana seperti itu, kita bisa tau posisi kita di peta. serius deh. alat2 itu tuh bukan yang canggih banget, tapi bisa banget nolong kita kalo "sesuatu" terjadi, nyasar misalnya.

trus abis itu kita, para caang, dikasi tantangan buat nemuin 2 titik di peta dan menuju ke titik tersebut dengan berbekal alat2 itu dan koordinat yang diberikan. aku sempat mengalami kesusahan nih watu nentuin posisi dlldsb. aku ngerasa buta banget sama arah. padahal biasanya instingku soal arah lumayan oke lho. pokoknya kita disuruh ngikutin jalan setapak yang udah ada aja sih. jangan buka jalan baru. makan waktu lama. kita juga dapat "ancaman" berupa "kalo nyasar, siap survival ya? kalo makanannya abis, siap makan cacing ya?" dari Mas-Mas, aku lupa Mas siapa. Mas Anung nambah2in dikit seingetku, dengan wajahnya yang kayaknya polos banget dihiasi senyuman bak malaikat (ecieee). si Fifi langsung iya iya aja, sementara aku cuma bisa diem. kan ga lucu juga kalo misalnya nyasar beneran, tapi aku udah setuju mau makan cacing. iuh, males banget deh ya. haha.

untungnya sih nggak sampai nyasar ya. ngikutin jalan setapak doang dengan dikompori oleh omongan Mas Cahya. wew. trus sampe di bangunan yang aku nggak tahu apa itu, kita semua istirahat. well, yang istirahat senior2nya sih, caang2 pada rempong resection intersection. trus kita dapet perkiraan dimana titik satu berada. setelah cukup yakin, kita akhirnya jalan ke sana. waktu itu kepala lagi rada pusing nih. makanya jadi nggak mood. dan tadaaaa... akhirnya kita sampai juga di titik pertama ditemani Mas Oki. trus dari titik 1 kita coba cari titik 2 itu ada di daerah mana. setelah dilihat pake kompas bidik, ternyata anak2 dapet kesimpulan kalo titik 2 adalah di tower (entah tower apa itu). trus kita balik dulu dan istirahat di tempat senior2 lain istirahat. kita minum-minum dulu.

trus kita lanjut jalan lagi. well, cuma caangnya aja sih. seniornya masih tetap di tempat. sampe kita udah jalan rada jauh, senior2 gak kelihatan ada yang ngikut kita jalan. pikirku, mungkin kalo udah sampe titik 2, kita disuruh telpon ke salah seorang senior untuk laporan kalo kita udah sampe. kita jalaaaaan rasanya lamaaaaaa banget. belum lagi naik-naik mulu buat menuju towernya. si Adit sama Fifi semangat banget tuh jalannnya. sementara aku dan Heidi tertinggal di belakang. wis lah, lain kali aku kalo jalan sama Heidi bae lah. enak, ngga cepet2. hehehehe. kan capek.

waktu kita sedang naik ke tangga buat ke towernya, di belakang udah terlihat Mas Oki, Mas Ijal, Mas Cahya. wow, padahal tadi nggak kelihatan ngikutin kita, tapi ngejarnya cepet banget. trus kita akhirnya sampe di bawah tower, disusul dengan ketiga senior tadi nggak berapa lama. kita semua duduk sementara Mas Ijal langsung ndelosor di rerumputan. kita disuruh ngecek posisi, untung posisi kita ternyata udah bener. ngobrol2 bentar. Mas Ijal nanya apa rambutku dicat. aku jawab iya. ternyata bener2 udah mulai pudar nih cat coverannya.

trus kita balik, tapi kita berhenti di sebuah warung yang tadi kita lewati. di sana senior2 lainnya udah nungguin. trus Mas Cahya dan Fifi makan siang di sana, beberapa lainnya cuma ngemil mendoan sama pisang goreng.

abis kelar makan, kita lanjut jalan kembali ke rumah warga tempat kita nitip motor. kita misah, ada yang meu balik duluan, ada yang mau main air dulu di salah satu air terjun di deket sana (aku lupa namanya apa nih..) aku ikut kaum yang mau main air dulu. jadi pembagiannya untuk yang mau main air, aku dibonceng Mas Cahya naik motorku yang remnya rada "ngga nggenah"sambil aku ngebawa carriernya Mas Cahya yang gedenya super itu, Fifi dibonceng Mbak Fitri, Heidi dibonceng Mas Ijal. sementara itu Mas Anung, Mbak Indah dan Mas Oki mau langsung balik. waktu udah naik motor, aku udah nenteng carrier di punggung, motor belum jalan, rasanya segalanya fine. tapi semua berubah ketika kita mulai berjalan. jalanan yang kita tempuh naik turun banget, jalanan juga nggak mulus, ditambah motorku yang remnya rada "ngga nggenah"itu, dan carrier yang aku bawa ternyata nggak mau diam di tempatnya. si carrier miring kesana kemari, well, yaaah miring ke kanan sih, but still miring ke kanan doang itu udah bikin aku goyah, secara carriernya gede banget, dan berat pastinya. jalanan makin menurun curam, dudukku makin maju gara2 ga kuat menopang beban carrier. Mas Cahya bilang "Fit,dudukknya majuan aja kalo emang nggak cukup. ini bukannya aku bermaksud saru ya, tapi .... (aku lupa lanjutannya)".  batinku "ya ampun Mas, masih sempet mikir saru??" trus akhirnya aku udah makin khawatir gara2 posisi carrier yang nggak bisa dibenerin. yaudah aku teriak-teriak panik aja "MAAS,MIRING MAAAS!! MIRING MAS!!" gitu doang berulang2 sampe dari belakang ada suara bel motor yang sepertinya mengisyaratkan supaya kita berhenti. rada lama, akhirnya motorku berhenti. Mbak Indah langsung turun dan mencoba menbenahi posisi carrier di punggungku. trus Mas Anung juga turun dan langsung nyuruh aku bawa ranselnya aja yang ruingan banget (apa aja ya yang dibawa Mas Anung waktu itu??), sementara carrier Mas Cahya dibawa Mas Anung. kita janjian ketemu di sekre aja buat ambil tasnya Mas Anung. MAS ANUNG INI PAHLAWANKU BANGET DEH! MBAK INDAH JUGA!!!! waktu itu, aku dengan linglung sehabis panik, cuma bisa ngomong, "makasih Mas, Mbak. maaf sudah merepotkan." yah, pokoknya aku berterima kasih banget lah sebanyak-banyaknya ke Mas Anung dan Mbak Indah.

usut punya usut, ternyata waktu aku teriak-teriak panik tadi, Mas Cahya, setelah mengintip lewat kaca spion, baru nyadar kalo carriernya miring. abis itu, Mas Cahya nyoba ngeberhentiin motor, tapi nggak bisa langsung berhenti gara2 remku dan kita juga waktu itu sedang di jalanan curam menurun. wew...

abis gitu kita melanjutkan acara main air. si Fifi udah nyebur duluan dengan bersepatu. ya ampun, ueman sepatune. yang lainnya juga langsung berendam. cuma Mas Cahya doang yang enggak. katanya sih nggak bisa berenang. hmmm. waktu itu, kalo aku nggak lagi capek habis kegiatan ini itu, mungkin aku udah nyoba buat berenang tepat ke bawah air terjunnya. berhubung badan lagi nggak oke, yaudah berenang sebisanya aja.

nggak lama, hujan turun lagi. kita udahan main airnya dan bergegas balik ke kampus. kita semua pake jas ujan. tapi begitu kita turun dikit, ujan udah reda, bahkan daerah itu kering. jadi malu pake jas ujan sendirian, sementara motor2 lain pada tenang2 aja nggak basah kuyup kena ujan. yaudah kita akhirnya lepas jas ujan dan lanjutin perjalanan. sampe di sekre, beres2 bentar, trus kita pulang deh.

PS: maaf kalo ceritanya telat banget dan kepanjangan...