quick trip to jogjah #2 (day 1)


  • berangkat dari Purwokerto naik kereta pukul 06.00. 
untung nggak kesiangan bangun. harapanku, semoga rencana yang udah aku rancang untuk liburan kali itu bisa berjalan dengan lancar.
  • tuhan itu kalo guyon niat, yeah..
yah, mengambil kata-kata dari bintang, kayanya kalimat di atas cocok banget buat menggambarkan situasiku saat itu. masa ya, begitu sampai di jogja, aku dibuntutin dua orang. oke, awalnya mereka ngaku kalo emang mau ke Prambanan. tapi toh akhir-akhirnya, salah satu dari mereka ngaku kok kalo emang sengaja ngebuntutin aku. ngeri ya? hahaha.

entah aku yang terlalu naif atau apa ya, yaudah, akhirnya kita ke Prambanan bareng. yang satu namanya David, yang satu lagi namanya Rifqi, orang jakarta. katanya sih mereka ikut mapala juga di kampusnya. hhh.. aku kaget waktu mereka bilang mereka ikut OPA juga. abisnya aku udah ada feeling, sih, kalo mereka mapala juga. entah kenapa loh, waktu awal ngeliat Rifqi ini aku langsung ada feeling kalo dia ikutan mapala. ckckck.

nah, dari halte transjogja prambanan, rupanya masih harus jalan agak jauh nih untuk sampai ke objek wisata prambanan-nya. aku oke-oke aja lho kalo mau jalan kaki. karena emang niatku dari halte ke prambanan itu jalan aja, gausa naik apa-apa gitu. eh, apa daya, dua orang ini ngajak naik andong. yasudah, deh, alhamdulillah aja.

tapi ada satu kejadian yang rada nyebelin nih, percakapan yang menyebalkan sih, sebenernya. mungkin percakapan sebenarnya nggak seperti yang akan aku tulis di bawah ini (berhubung ingatanku belakangan ini payah banget), tapiiii, yaaaah, intinya seperti itu deh percakapan menyebalkannya.
aku: kenapa kita nggak jalan kaki aja?
David: ada kamu sih..
aku: emangnya kenapa kalo ada aku?
David: belum terlatih (jalan jauh), belum naik gunung sih.
aku: *jleb!!!!
aduh, sumpah ya aku ga bisa ngebales apa-apa waktu dia ngomong gitu. oke, aku emang payah banget kalo jalan buat kemping atau diksar. sebentar-sebentar bawaannya pengen istirahat mulu. atau kalo nggak gitu, waktu jalan di hutan, pasti sebentar-sebentar jatuh. tapi kalo untuk jalanan horizontal yang cuma 1,5 km, apalagi waktu itu matahari sedang bersembunyi di balik awan-awan, aku rasa aku masih mampu. hhhhhh....
  • di Prambanan, berkenalan dan mendengarkan cerita seorang tour guide, berfoto dengan wisatawan dari Jepang.
pertama kali aku melihat bapak tour guide ini adalah ketika aku dan turis yang dibawanya sama-sama sedang memperhatikan bongkahan batu reruntuhan dari candi yang dijadikan monumen peringatan gempa beberapa tahun lalu, sementara bapak itu sedang berceloteh dengan sangat bersemangat menggunakan bahasa jepang.

trus aku duduk-duduk, dan bapak itu juga kayaknya sedang beristiraha sementara turis yang dibawanya memiliki waktu bebas untuk berkeliling candi. aku dan bapak Gunanto ngobrol ngalor ngidul. mulai dari komunitas pecinta kereta yang bapak itu ikuti sampai pengalaman-pengalamannya selama menjadi tour guide menghadapi berbagai macam karakter turis. katanya orang dari Osaka itu tipe-tipe yang lebih santai, periang, terbuka, sementara orang dari Tokyo perangainya lebih dingin dan serius. sudah aku lihat sendiri sih dari turis yang dibawa bapak Gunanto ini. 


nih, aku foto sama turis dari Osaka. haduh, aku norak ya? tapi ngga papa deh, bodo amat. pokoknya setelah aku foto sama turis-turis Osaka yang wangi-wangi dan pipinya bersemu pink cantik ini, orang-orang di sekitar sana jadi rebutan minta foto sama mereka. aku dong, fotonya eksklusif. hehehehehe. saking senangnya aku gatau mesti ngomong apa loh, meski pakai bahasa inggris sekalipun. haduuuuh. payah. eniwei, aku yang paling hitam ya?
  • nah, sekarang bagaimanakah caranya melepaskan diri dari mereka berdua?
tidak bisa aku pungkiri, kalo niatku liburan ke jogja ini salah satunya adalah agar bisa sendirian. bener-bener sendirian. tapi ternyata aku ketemu dengan Rifqi dan David yang bikin aku susah buat sendirian. selain itu, gimana kalo ternyata mereka orang jahat? hehehe. aduh, negatif banget ya pikiranku? maaf, maaf. tapi kan demi keselamataku juga. makanya setiap mereka tanya rencana selanjutnya aku mau ke mana, pasti aku jawab "ada deh". aku kan gamau mereka ikut ke semua tempat yang mau aku datangi sendiri. hhhh...

dan ternyata harga yang harus aku bayar demi "melepaskan diri dari mereka" adalah kacaunya semua rencana yang udah aku rancang (lebaaaaaaay..). yang harusnya aku ke Museum Affandi setelah dari Prambanan, gagal. kan ceritanya aku melepaskan diri dari mereka dengan cara tidak turun dari transjogja sebelum mereka turun. hehe.

tapi yaudah sih, akhirnya aku langsung ke Amplaz aja. heheheh, ke manapun liburnya, aku ngerasa kurang afdol kalo nggak mampir ke mall-nya. nanti kapan-kapan, aku harus ke mall ini lagi sama ibuk.
  • setelah main ke mall, sekarang saatnya bingung mencari penginapan.
menurut saran ibuk, akhirnya aku cari penginapan di sekitar Malioro aja. turun dari halte Malioboro 1, berteduh bentar, karena waktu itu hujan lumayan deras, trus menyusuri jalanan Malioboro buat mencari penginapan.

aku orangnya agak ribet sih sebenernya kalo soal penginapan. yang aku mau itu tempat yang bersih, terutama kamar mandinya. jadi agak kurang percaya gitu, sama penginapan-penginapan kecil. iya, aku tau ini bodoh banget. maksudku "masa backpacker nginepnya di hotel mahal?". tapi ya gimana dong? aku ribet sih kalo soal penginapan. sumpah ya, waktu itu aku udah niat dalam hati, kalo misalkan aku udah nyerah buat nyari penginapan kecil yang oke, aku akan langsung berjalan ke Hotel Ibis, masuk, trus pesen kamar. hehehe. makanya aku lebih setuju kalo aku ini seorang traveller, bukan backpacker. ampuuuuun.

tapi alhamdulillah sih, kira-kira jam 7an aku udah dapet penginapan murah. lumayan lah, kamar mandinya bersih, meski nggak pakai ac. tapi toh, udara di kamar udah dingin banget, jadi nggak perlu pakai ac.

trus maksud hati untuk keluar lagi cari makan malam setelah bersih-bersih diri di hotel, gagal karena udah terlanjur keenakan istirahat di kamar. hehehe.

Komentar