disturbing picture's everywhere

yes, it's everywhere lately. di mana-mana ada foto anak kecil berdarah-darah yang menjadi korban perang di Gaza. and i don't mean to be insensitive, but it is extremely disturbing. to me.

bukan berita baru apa-apa yang sedang terjadi di Gaza sekarang ini. dan kupikir menyebarkan berita tentang apa yang sedang terjadi di sana bukanlah hal yang salah. ini seperti pengingat bagi kita kalau tidak semua orang di dunia ini sedang merasa aman, dapat makan enak sesukanya, dapat tidur dengan nyenyak tanpa takut akan kejatuhan bom, dll. ini seperti pengingat bagi kita kalau dunia itu tidak melulu berkutat seputar Prabowo-Jokowi saja. it's a good thing spreading the news.

tapi kupikir cara yang orang-orang lakukan sekarang ini, dengan sharing foto-foto mengerikan seputar yang terjadi di Gaza, juga bukan hal yang bijaksana. bahkan untuk orang seperti aku, yang notabene ke depannya harus berhadapan dengan banyak darah, foto-foto itu terasa sangat mengganggu lho. yang kadang aku pertanyakan, bagaimana dengan orang lainnya? sama terganggunya kah? atau malah fine-fine saja?

sekarang, setiap kali buka facebook atau twitter, begitu mata ini menangkap tanda-tanda dari adanya foto semacam itu, misalnya dari judul postingan yang menyebut-nyebut Gaza-Israel-Palestina dan kelihatan kalo ada fotonya, langsung buru-buru scroll sampai foto itu ga kelihatan lagi. aku sudah ketakutan duluan atas apa yang kemungkinan bakal aku lihat.

ga cuma di sosmed. di kotak amal pun sama saja -_- ada artikel, lalu ada foto-foto itu lagi yang dicetak besar lalu dipampang di kotak amalnya. menurutku, ada tidaknya foto itu, tidak akan mengubah berapa nominal yang akan orang sumbangkan.

iyadeh, mungkin ini opini konyol dan tidak penting untuk orang lain. dan barangkali setelah ini ada yang menganggap aku tidak punya hati. tapi ini sudah cukup mengganggu sampai bikin aku menulis panjang lebar soal ini. biar deh orang mau komentar apa. hehe.

so please, bijaklah dalam menggunakan sosmed. kalau memang mau membantu, kita bisa sumbang sedikit dari yang kita punya untuk mereka di sana. ada kok yayasan-yayasan yang menyalurkan bantuan untuk saudara kita di sana. dan jangan lupa kirim doa buat mereka :)

Komentar