Perjalanan Ato dan Kawan-Kawan: Goa Petruk dan Kemping di Pantai 15-16 Maret 2014

"Perjalanan Ato"? Yap, judul postingan kali ini memang begitu adanya.. tapi tenaaang, ini masih blognya fita kok. Belum diakuisisi siapa-siapa.

Semua berawal dari main ke sekre KMPA FISIP UNSOED jumat sore dengan tujuan awal mengembalikan jaket milik mas doyok yang dipinjam heidi. Trus diajak diajarin main kartu bentar sama Master Novan. Tapi sebelum main kartu, aku sama heidi dikibulin ditunjukkin trik sulap pake kartu sama Master Novan nih. Mayan deh, melepas penat setelah paginya ujian. Hehehehehe.

Trus ngobrol-ngobrol, ternyata besoknya anak-anak KMPA FISIP UNSOED (haruskah aku menulis nama mapala ini secara lengkap terus-menerus? Panjang nii -_- mbok ntar aku singkat namanya malah diomelin maning -_-), terutama yang angkatan 2013 mau pada caving. Hmm caving ceria lah yaa, soalnya acaranya cuma buat pengenalan medan, belum dikjut. Eh trus aku sm heidi diajakin.

Ragu banget awalnya. Soalnya dari kemarin-kemarin aku udah berencana mencuci sepatu-sepatuku-sayang di weekend ini. Ditambah aku sama heidi ga ada alat-alat yang dibutuhin, kayak boot, wearpack/cover all, helm. Makanya engga janji juga sebenernya mau ikutan. Hehehehe.

Trus heidi coba kontak anak-anak CB buat pinjam boot. Dan jam setengah 10, setelah aku selesai ikut workshop merajut cinta, kita capcus ke CB. Alhamdulillah di CB cuma modal ketawa doang bisa dapet pinjeman boot. Hehehe. Iya modal ketawa, soalnya disana ngakak terus garagara Fitri, Mas Broni, dan Mas Mujib diceng-cengin sama anak sekre.

Alhamdulillah sabtu paginya bisa bangun pada jam yang sudah direncanakan. Tadinya udah pasrah aja, kalo misal telat bangun, trus ditinggal sama anak-anak KMPA, ya ga ikut. Jam setengah 7, aku sama heidi capcus ke sekre Osi demi webbing. Cuman logistik kami, Mas Danan, tak kunjung datang dikarenakan sedang antri kamar mandi di kontrakannya. Untungnya jam 8 kurang, akhirnya beliau datang juga (tentu saja dia harus datang, kan jam 8 ada kuliah. Haha. Masih jaman ya kuliah hari sabtu? Pagi pula). Setelah webbing ada di tangan, kita berdua langsung capcus ke kopkun, beli logistik dulu. 

Baru deh abis itu kita cus ke sekre KMPA FISIP UNSOED, dan ternyataaa... bocah-bocahnya belom pada dateng. Hahaha. Oke, ga terlalu kaget sebenernya, karena udah dibilangin Mas Doyok kalo emang banyak yg belum pada dateng. Ngobrol dulu ngalor ngidul, sempet baca modul farmakologi juga (karena seninnya mau praktikum), baru deh jam setengah 11an kita pada berangkat. Ada reza-fitri, edo-kolin, wisnu-denden, ato-heidi, mas erwin-aku.

Oh, yang tadinya rencana sore pulang, dibatalin. Kita rencanakan untuk kemping di menganti. Dan karena motor yang terbatas, Mas Doyok akhirnya nyusul. 

Karena aku semotor dengan Mas Erwin, ikut mampir dulu deh ke kosan Mas Erwin buat ambil jaket sama helm. Tak berapa lama, ternyata bukan Mas Erwin yang sama yang keluar dari kosan tersebut. Lah trus? Hmm, mukanya tetep Mas Erwin, cuman wanginya itu lhoo, wangi bangeeet. Buset dah yang anak metropolitan, mo ke mana sik? Hahahaha. Entah mejik apa yang dia lakukan di dalem kosannya. Tapi gapapa juga sih, wanginya enak kok.

Hmm, dibonceng Mas Erwin ternyata berasa kayak naik roller coaster. Haha. Oke, lebay -_- cuman pas belok itu lhoo, ga nahan ngebutnya. Tapi okelah, sejauh ini aman. Hahaha. Dan sepanjang perjalanan, Mas Erwin kayanya ngidam durian deh, garagara banyak yang dagang durian dipinggir jalan.

Btw, alih-alih memutari banyumas, kita motong jalur dengan melintasi bukit yang sama waktu motor mogok sepulang dari menganti pasca pelantikan. Dan itu sedikit banyak bikin flashback. Ya pahit, ya manis. Ngerepotin mas hakim yang akhirnya ngebawa motorku turun ke bengkel di bawah bukit. Tapi juga manis, karena disitu hampir semua anak osi pada ikutan nungguin motorku dibenerin. Kita semua nunggu di salah satu teras rumah warga berjam-jam, kita ngga ikut turun ke bengkel. Bahkan kita sampe ketiduran di teras rumah warga :'D

Jam 12 siang, kita mampir ke warung buat makan siang. Ga semua rombongan ikut makan, karena kita pada mencar.

Sekitar jam 1 kita sampe di Goa Petruk. Ganti baju, sholat, siapin ini-itu, baru deh jam setengah 3an kita semua masuk goa. Pertama kalinya masuk goa niih, yeay!

Oke, ga langsung "masuk" sih, soalnya ternyata kita harus meniti puluhan anak tangga buat mencapai mulut goa -_- aku kira bakal langsung ketemu mulut goanya lho. Pfft. Belom apa-apa udah abis nih tenaga.

Begitu ngelihat mulut goa, aku cuma bisa bilang "wow" dalem hati. Gilak gede bangeeet!

waktu masih di mulut goa.

Trus kita mulai jalan dengan Reza sebagai pemimpin jalan, dan Mas Erwin di paling belakang sebagai tim penyapu. Dan kayanya saya sebagai yang disapu deh. Abisnya ketinggalan mulu -_- heran banget kenapa yang lain bisa jalan dengan cepatnya. Aku aja belom apa-apa udah kepleset-kepleset terus, mirip-mirip kayak waktu aku diksar yang kerjaanku kepleset terus. jelek banget nih keseimbanganku :((

Beberapa saat setelah masuk, mulai deh kecium bau yang namanya guano alias pup kelelawar. Aku antara yang "ooh, ini to yang namanya bau pup kelelawar, tau juga akhirnya" dan "bau bangeeet :((((((". Untungnya setelah kita masuk lebih dalem, baunya menghilang.

Trus kita mulai ketemu air. Huaa.. bikin mikir yang engga-engga nih. Abisnya ngeri juga kalo ngebayangin nanti tiba-tiba nemu jalan yang harus benar-benar diselami. Jadi rada parno ih. Tapi untungnya makin lama makin biasa aja, ngga parno-parno amat. Hehehehe.

Jalan makin ke dalem, bikin aku mikir juga kalo ternyata masih banyak yang belum pernah aku lihat dari dunia ini. Contohnya yaa isi goa ini. Sebelumnya, mana pernah aku ngelihat berbagai macem ornamen di dalem gua ini? Ada yang mirip harimau, ada yang kayak lonceng, dlldstdsb. Dulu bahkan aku pikir aku hanya bisa melihat isi goa dari buku. Sebuah buku ensiklopedi tentang goa untuk anak-anak yang dilengkapi ilustrasi menarik penuh warna. Dari buku itu aku tau yang namanya stalaktit atau stalagmit. Tapi yaa, sebatas gambar di buku aja. Ga nyangka kalo saat ini aku malah berada di dalem goa. Hehehe. Cuman yaa goa ternyata tidak se-"penuh-warna" seperti di dalem buku. Dalem goa mah gelap.

Jalan terus makin ke dalem, sambil sesekali diem (oke, aku nggak "sesekali" diem, tapi "sering"), sampe akhirnya kita stuck garagara ga nemu jalan tembusan ke goa seberang. Akhirnya Reza sama Mas Erwin coba cari jalan tembusan itu, sementara yang lainnya disuruh istirahat. Tapi yaa beberapa ada yang rada "bandel" juga dengan mencoba mengeksplor goa, mencari jalan tembusan itu. Bikin takut nih. Tar kalo kita semua kepencar-pencar gimance? Aku udah mulai mikir jelek disitu.

Untungnya penantian kita diakhiri setelah menunggu beberapa lama dengan kembalinya Reza dan Mas Erwin. Meski mereka juga ga nemu jalan tembusan itu. aku ga bisa bilang betapa leganya aku waktu lihat mereka dateng. Mbok nyasar lho. Hahaha. Aduuuh, maap yak, pikirannya mulai yang engga-engga nih. Maklum, amatir sih.

Trus dari arah beberapa anak yang juga eksplor cari jalan tembusan, kita dipanggil. Mereka nemu jalannya!! Yeay!!!

Kita susuri jalan itu, trus kita mulai mencium udara segar. Dan akhirnya kita sampe ke goa seberang. Yeay! Cahayaaaaa! Udara segaaar!

Istirahat bentar di mulut goa seberang. Sambil ngemil dan ngerokok (bukan aku yang ngerokok -_-). Abis itu kita jalan lagi kembali masuk ke goa. Iya balik masuk lagi. Karena rupanya di mulut goa seberang ini ga ada jalan keluar yang sesungguhnya untuk menuju peradaban. Ceilah.

Sebelum masuk ke goa, nyiapin hati dulu biar siap keluar goa malem-malem. Eh, tapi ternyata ga perlu. Karena cuma butuh waktu 15 menitan untuk menyeberang kembali -_- heran. Beda banget sama waktu masuk tadi.

Setelah keluar goa, mandi bebersih badan, trus bergabung dengan lelaki lainnya yang sudah menunggu kami ditambah mas doyok yang ternyata sudah menyusul. trus kita capcus ke warung makan. Ke warung makan mah harusnya buat makan ya, tapi ini si Ato lebih kelihatan kayak ngerampok warungnya. Abisnya makanan yang dia ambil banyak bangett. Perut karet nih. Hahaha.

Trus kita pergi ke spot kemping kita. Katanya nama tempatnya cemoro sewu. Ga jadi di Menganti. Tempat kemping kami pantai juga sih. Tapi ga perlu mendaki gunung lewati lembah untuk mencapainya. Ga kayak Menganti :)

Sampe di spot kemping, pada bangun tenda, bikin perapian. Trus Mas Erwin langsung tepar di pinggir pantai -_- kesian juga sih ngelihatnya. Mana sempet menggigil juga. Bikin waswas -_-

Trus aku sama heidi mendadak jadi ko-asisten masaknya mas doyok. Hahaha. Tumben-tumbenan banget nih aku megang beginian. Biasanya kalo sama anak-anak osi megangnya tenda. Hahaha. Jadi aku sama heidi ngebantuin bikin kopi, nasi, sama mie+kornet. Mayaaan, dapet ilmu baru dari Cheff Doyok. Yeay!!

Setelah sempat tertidur beberapa saat dan terbangun kembali gara-gara punggung yang sedikit bermasalah, aku menemui bahwa hanya tinggal Mas Doyok, Mas Erwin, dan Heidi yang masih terjaga. Tidak lama, dengan dalih berbaring untuk menikmati sang rembulan, Heidi pun akhirnya menyusul yang lainnya ke alam tidur. Tersisalah kami bertiga terjaga di bawah naungan langit yang, sayangnya, malam itu tidak menampakkan cukup banyak bintang. Hanya bulan dan beberapa bintang. Dan sebagai ornamen langit lainnya, beberapa kali kilatan cahaya terlihat muncul dari arah selatan. Kilatan-kilatan yang cukup terang, namun tidak cukup dekat tampaknya. Dan aku bersyukur karenanya. Mengingat warga sekitar pantai yang bercerita kalau di malam sebelumnya hujan turun membasahi daerah itu.

Trus Mas Erwin dengan isengnya ngerjain Edo yang lagi tidur. macam tak ingat saja kalau beberapa jam sebelumnya dia meriang -_- sekarang aja giat banget ngerjain Edo -_- 

cuman entahlah, mungkin faktor wajah atau keberuntungan atau bagaimana, jadinya malah Mas Doyok yang Edo salahin. haha.

Dan ternyata anak jaman sekarang kalo mimpi pada ekspresif banget yak. Ada Ato yang mimpi lagi caving, trus tiba-tiba jatoh dari dipan yang dia tidurin -_- ada Denden (kalo ga salah) yang mimpi lagi ribut, trus tiba-tiba sebuah jotosan melayang di udara -_- untung itu ga ngenain siapa-siapa. alamak.

Hmm, well, meski trip ini udah rada lama lewatnya, akhirnya bisa dipamerin diposting juga. hehe. biar deh kata Mas Iin, aku curhat mulu di blog. 

ini dia tokoh utama di album foto kita kali ini. taraaaa... Yuli Paryanto aka Ato (bener gitu ga ya ngeja namanya?). sebenernya masih banyak foto dia, tapi gausah diupload semua lah yak. nyaahahaha. narsis bet sumpah. bahkan dia rela bikin yang lain-lain antri dengan posisi miring karena lagi di celah sempit goa demi ambil foto!! omg. yah well, tidak usah dibahas. biarkan hanya Ato dan tuhan yang tau dosa-dosa lain apa lagi yang dia lakukan di goa. 

eh ada Pak Dinsos :)
itu gimana ceritanya sih Edo bisa punya baju dinsos gitu? -_-

waktu mau masuk ke goa. jalannya lumayan jauh juga ternyata -_-


subhanallah sekali badan bung heidi cukup untuk melewati celah sempit itu. *peace hei :)


itu yang baju biru namanya Reza ya. kalo sabtu kemarinnya dia jadi instruktur caving, minggu pagi dia bertransformasi jadi instruktur senam. sumpah lah gayanya sama banget kayak instruktur senam. kaos biru, celana pendek (di foto mah pas dia udah pake celana panjang -_-), bandana melingkar di kepalanya, ditambah badannya yang sempet goyang-goyang kayak orang senam. sayang ga ada foto dia pas lagi kayak intstruktur-senam-banget.

matahari udah lumayan tinggi, tapi Wisnu masih aja molor -_-


Packing siap-siap pulang


PS:
  • maaf kalo tulisannya panjang banget.
  • trims buat anak-anak KMPA FISIP UNSOED yang udah ngajakin main. lain kali lagi dooong :)))
  • iyaaa, nanti SRT-nya bakal dibenerin kok :) yang penting jangan lupa ajak main lagi.. hahahahh.

Komentar