Mt. Merbabu (again) 13-15 Februari 2015

iya aku sudah pernah ke sana april tahun lalu, tapi gatau kenapa belakangan keingetan sama Merbabu terus. bahkan sampai kebawa mimpi 2x. tapi mimpinya selalu berakhir dengan aku gagal ke Merbabu -_- kan ya apa banget. masa di dalam mimpi pun harus gagal gitu rencana jalan-jalanku?

jadi, yasudah, tanpa banyak basa basi, untunglah partner jalan-jalan saya setuju untuk melanglang buana ke Merbabu. ya daripada ke Semeru, ongkos kereta masih mahal kan :'( ya tapi Merbabu juga gunung mahal sih :'(

sekalian dia belum pernah ke Merbabu juga, jadi saya yang jadi guide-nya. wakakakakakak.

lalu dimulailah perjalanan kita di tanggal 13 Februari 2015, hari jumat, setelah aku selesai remed ujian tulis repro. kita naik bis jurusan Magelang jam setengah 2, dan sampai di terminal Magelang jam setengah 7 (kali ini aku engga lewat boyolali, seperti trip ke Merbabu tahun lalu). dari situ kita carter kendaraan sampai ke pertigaan Tlatar dengan biaya 100ribu. setelah perjalanan selama satu jam sampai di Tlatar, untunglah kita diturunkan di depan warung makan pecel lele. yasudah, kita ngaso ngaso dulu sambil "buka puasa", karena kita sama-sama belum makan dari pagi.

setelah makan, jam 8an kita lanjut jalan lagi. well, nggak jalan juga sih sebenernya, kita nunggu ada pick up yang mau mengangkut kami ke Selo lewat di depan kami. kata sopir kendaraan yang kita carter tadi sih malam malam begini masih ada pick up yang lalu lalang begitu. cuman sebenernya aku juga nggak percaya-percaya amat. dan tadaaaa... ternyata memang jalanan sudah sepi. hahaha. tapi ada 1 pick up yang mau mengangkut kami, meski cuma sampai Ketep. tidak begitu jauh dari titik dimana tadi kita diturunkan oleh kendaraan kami. tapi alhamdulillah lah yaa :)

setelah ditunggu-tunggu, kok ternyata tidak ada kendaraan yang lewat (ya ada ding, tapi pada ngebut gitu kendaraannya, atau kalo engga, pasti udah ada muatannya, atau kalo engga ya kendaraan macam mobil pribadi dan motor gitu yang lewat). untunglah 2 pemuda warga desa tempat kita diturunkan tadi berbaik hati untuk menjadi ojek semalam buat kita. beuuh perjalanan dengan ojek ini yah lumayan. hahahaha. ibaratnya kalo dilaguin, barangkali kayak "mendaki gunung, turuni lembah". mana motor yang angkut mas erwin sempat bocor juga bannya, sehingga harus diganti sama orang lain (alhamdulillah ada yang mau gantiin). yah ga heran juga sih, orang bawaannya kulkas gitu. hahaha.

setelah nyasar-nyasar ga karuan, nyasar ke kuburan, nyasar ke jalan buntu berkali-kali, padahal udah deket sama basecamp, akhirnya kita sampai juga dengan selamat di basecamp jam setengah 10 malam. fiuuhh. sumpah itu tangan udah pegel banget nahan berat badan di motor. hahaha. yasudah setelah sholat dan isi air, akhirnya sekitar jam 10 malam kita mulai jalan memasuki hutan.

Di basecamp Selo Merbabu. Setelah pegel-pegel di atas motor.

tadinya aku pikir kita bakal istirahat dulu semaleman di basecamp, baru besoknya jalan seharian, mengingat perjalanan dari purwokerto ke basecamp lumayan lama, dan sampai di basecamp pasti hari sudah gelap. aku ga kepikiran sama sekali buat jalan malam. tapi trus mas erwin mengusulkan untuk 2x camp. jadi kita mulai jalan malamnya, buat mencicil perjalanan kita. ini ide bagus juga, aku belum pernah yang seperti itu. kalo sama anak osi, untuk mengejar waktu, biasanya kita jalan 2 hari semalam.

setelah jalan 2 jam di bawah gerimis (dan dalam dua jam itu aku udah banyak banget minta istirahatnya, malu maluin banget, masa kalah sama yang bawa kulkas. hahahaha) akhirnya kita buka tenda di Pos 1. trus makan roti dikit, baru deh kita tidur dibalik SB. ya tapi ada sih yang sok sokan gamau buka SB, untungnya aja hawa masih belum terlalu dingin meskipun gerimis masih terus berlanjut.

paginya, kita sarapan, daaaaan aku membuat dosa :( dosa kepada mas erwin :( well, aku disuruh goreng nugget, dan gosong :( dan minyak panasnya tumpah ke plastik trangianya :( luar biasah sekali, fit :( ya abisnya aku takut kecipratan minyak kalo goreng sesuatu. goreng makanan di rumah aja udah berasa kayak habis bergulat, ini disuruh goreng nugget di hutan -_- ampuni aku kakak erwin :(

dari plan yang sok-sokan mau berangkat jam 8 pagi, akhirnya baru terlaksana jam 9an. waktu kita packing juga sedang ada rombongan yang sedang istirahat di pos 1. jadi ya rame banget suasananya. hahaha.

anyway, alhamdulillah aku lebih jarang istirahat waktu jalan kali ini. yaaah seenggaknya kalo dibandingin sama terakhir kali aku ke Merbabu. abisnya mas erwin juga gamau disuruh jalan duluan -_- abisnya kan biasanya orang-orang itu kalo bawaannya berat, kalo disuruh jalan pelan kan kasian, dia bakal makin lama bawa beratnya. belom kalo orangnya ga sabaran, bakal lebih engga tahan lagi aku entar disuruh suruh jalan mulu. hahahaha. padahal aku kalo jalan emang bentar-bentar istirahat :( tapi aku alhamdulillah banget lah mas erwin engga kayak gitu. hahahah. so sweet juga gamau ninggalin. barangkali dia takutnya kalo aku ditinggalin, yang ada aku malah pingsan kali ya? hahaha. tapi kasian juga nih mas erwin harus "kesepian", karena aku kalo jalan itu diem. hahaha. mau gimana lagi? aku sebenernya pengen ngubah itu sih. cuman kok gaada tenaga juga buat ngomong, syukur-syukur aku masih bisa jalan dah -_-

aduh maafkan muka-muka kucel itu :'(

di pos 3 kita istirahat makan siang. sekitar jam 12an (kalo ga salah). makan siangnya yang gampang-gampang aja sih, makan roti tawar aja.

trus kita lanjut jalan lagi. sayangnya langit sekitar engga terlalu cerah, jadi kita ga bisa lihat merapi terus terusan. sebenernya bagus juga sih engga terlalu cerah dalam artian mataharinya engga terlalu terik, dan cenderung sering ketutup awan, lumayan biar ga item biar ga dehidrasi jadi ga banyak minum. yang aku percaya dari mas ijal, katanya kalo kebanyakan minum pas jalan kayak gini, air jadi ngumpul di kaki, trus bikin edem, trus pegel deh kaki kita. makanya aku juga cenderung jadi onta kalo jalan di gunung (ditunjang juga dengan malesnya kalo keseringan buang air kecil di hutan. kan ribet engga ada air. hahaha)

Di antara sabana 1 menuju sabana 2, ketika Aa sedang kram.
Itu idungnya biasa aja dong mas mancungnya~

alhamdulillahnya kita sampai di tempat camp kita, sabana 2, jam 2 siang. melihat langit yang mulai mendung, kita langsung diriin tenda. kita adalah penghuni sabana 2 hari itu yang pertama datang. hahaha. dan ga lama, hujan turun. dan ga berhenti-berhenti.

abis diriin tenda, dan tata tata barang di rumah dalem tenda, kita mulai masak-masak. sekalian aku kursus masak nasi sama mas erwin. ya alhamdulillah nasinya jadi. hahaha. nanti kalo osi kemping, aku praktekkin aaah. kalo belum lupa tapi. hahahah. kalo nanti hasilnya jelek, aku bilang aja itu mas erwin yang ngajarin. ahahah.

abis selesai masak nasi, kita tidur. well, mas erwin yang tidur. aku sih ngeluarin seperangkat alat pembersih muka. hahaha. yaampuuun, kapasnya sampe cokelat banget. ieuuuh.

oh btw, trauma belajar dari pengalaman lalu yang aku kedinginan banget di sabana 2, mumpung belum ada salah satu dari kita yang kenapa-kenapa, aku paksain supaya pada pake jaket dan tidurnya selimutan pake 2 SB. awalnya mas erwin yang nolak nolak gitu (tauk dah kenapa -_-). ya tapi daripada kita ngeremehin dinginnya, trus entar entar keburu kedinginan, bakal lebih susah kan buat angetinnya -_- hhhhh.

trus sekitar maghrib, kita mas erwin mulai masak masak lagi. kali ini masak sayur-sayuran. harus kuakui aku terpesona kalo ngelihat mas erwin masak. hahahaha. abisnya kayak yang lincah banget gitu. hahahaha.

trus setelah makan, kita ngobrol-ngobrol dulu. cerita ini itu. baru deh kita tidur. kita berencana mulai jalan lagi buat muncak jam 4.

tapi tidur kita engga mulus-mulus amat juga. soalnya sekitar jam setengah 1, tetangga tenda sebelah yang berencana muncak jam 3, udah ribut banget. mereka mau siap siap jalan. tapi trus salah satu dari mereka akhirnya sadar kalo itu masih jam setengah 1. alalaah -_- trus sekitar jam 2an, tetangga ribut lagi -_- tapi anehnya, waktu itu kita lihat jam, yang kebaca jam 3, tapi trus ga lama, kita lihat jam lagi, ternyata masih jam 2 -_- agak aneh ya.

setelah itu, karena kita juga males-malesan bangun, akhirnya kita baru mulai jalan buat muncak jam 5an. aku engga bawa apa-apa sih, cuma bawa tas kecil mas erwin yang isinya hp. tapi sebentar-sebentar istirahat mulu. hahahaha. biarin deh. emang udah kodratnya aku sebentar-sebentar istirahat. untunglah mas erwin sabar nungguin . yah walaupun mungkin dalem ati rada dongkol garagara aku kebanyakan istirahat, tapi seenggaknya senyum masih terpatri di wajahnya *asek.

btw ternyata perjalanan ke puncak itu 2 jam ya? aku lupa. hahahaha.

kali ini aku engga cuma ke puncak triangulasi nih. tapi melipir juga ke puncak kentheng songo. sebenernya aku udah agak-agak berharap kalo aku bisa ngelihat "semua" kentheng nya, kan ngeri seru tuh. hahahaha. tapi untunglah tidak~

2 jam kita di puncak. alhamdulillah bisa dapat kesempatan ke sini lagi :)) alhamdulillah akhirnya mas erwin bisa ke merbabu juga. Hahaha.

Setelah rada siangan, kita balik ke tenda. Dan tadaaaa, turunnya gaada setengah jam. Padahal tadi naiknya susah payah banget. Well, aku sih yang susah payah. Mas erwin mah udah pro, ga mungkin susah payah :P

Sampe di tenda, kita makan puding cokelat, sama nungguin mas erwin masak-masak buat ngabisin sayur yang kita bawa. Goreng-goreng nugget juga buat entar dimakan di jalan waktu istirahat makan siang. Setelah itu, baru deh kita packing.

Setelah beres semua barang-barang masuk ke tas, tidak lupa kami meminta tolong difotoin sebelum kita mulai jalan. Minta tolongnya sama mas-mas yang katanya naik ke merbabu untuk menghindari valentine's day, tapi apa daya malah bertemu kami. Hahaha. Maafkan kami mas-mas. Makasih lho udah fotoin kami.

tidak lama waktu kita jalan turun, ternyata kita berhasil menyusul tetangga yang sudah duluan jalan beberapa saat yang lalu. Agak kaget juga sih aku bisa nyusul orang. Hahaha. Ya tapi harusnya tidak heran, kan aku cuma bawa kerupuk di dalem tasku :"(

Tapi aku juga usaha buat cepetin jalanku karena ga pengen mas erwin kelamaan bawa kulkas juga sih. Meskipun kulkasnya sekarang udah ngga seberat kemarin, ya. abis mau gimana lagi, orang engga mau disuruh jalan duluan :P

Di jalanan yang lumayan curam, mas erwin kadang megangin tanganku, ngebantuin aku turun. Kadang juga aku melepas pegangan tangannya karena aku ngerasa ga seimbang, mau jatuh. Ya bukannya aku gamau dibantuin atau gimana, tapi aku ga pengen kalo jatuh harus bawa-bawa orang lain. Hahaha. Mending jatuh sendiri deh. dan aku agak ngeri juga kadang mas erwin jalannya rada mepet di belakangku. Bukannya apa-apa, tapi aku takut juga kalo mas erwin kepeleset, trus jatuh menimpa aku. Hahahaha.

Setelah lolos dari jalanan terjal, kita sampai di jalanan yang lebih selow. aku jadi bisa jalan rada cepet lagi, sampai akhirnya aku salah jalan. Well, ga salah jalan sih, cuman jadi ada yang salah di lutut kananku. Hahaha. awalnya mau dicuekin aja. Seolah tidak terjadi apa-apa. masih bisa jalan meskipun jadi rada pelan. Tapi, eeeh, salah jalan lagi, yang bikin lutut kanan jadi nyut-nyutan. Yasudah, duduk dulu. Dipijet-pijet mas erwin dikit. Trus lanjut jalan lagi. Dan sekarang aku pake lutut kiri doang buat nopang berat badan waktu jalan. Hahaha. Jadi aneh banget jalannya. Abisnya aku takut lutut yang kanan makin menjadi-jadi kalo dipaksain. Kan prinsipnya kalo ada cedera sendi, kita harus istirahatkan sendinya. Berhubung kita lagi di hutan juga, jadi main aman aja lah.

Dan alhamdulillahnya kita sampai di basecamp dalam waktu 3 jam. Alhamdulillaaaah. untung aku sedang engga manja. Hahaha. Di jalan kita ketemu sama 1 mas-mas yg udah ketinggalan sama temen-temennya. Dia jalannya pelan-pelan gitu. Kelihatan banget kalo dia kesakitan tiap kali jalan. Kasian nih ngelihat masnya sendirian doang engga ada yang nemenin. Bersyukur ada mas erwin yang mau sabar nemenin jalan. Bersyukur dulu ditemenin mas ijal waktu aku juga jalan sambil kesakitan kayak gitu. Hehehe.

Sampai di basecamp, aku mandi duluan. Dan meskipun ini bukan kamar mandi indah seperti di hotel-hotel, airnya pun dingin banget, tapi ini mandi yang patut disyukuri banget. Hahahah *apasih. Ya intinya alhamdulillah lah bisa mandi, bersih bersihin badan setelah kotor-kotoran selama 3 hari :')

Setelah mas erwin mandi, kita makan mie sisa logistik kita. minum pocari sweat juga, buat ngilangin kramnya. Pelajaran ya, fit, lain kali kalo naik, jangan lupa bawa pocari sweat atau nutri sari. Udah tau sendirinya langganan kram kalo abis naik -_-

setelah packing lagi, kita balik, kali ini, lewat Boyolali dengan diantar oleh pak nardi. Lumayan, dapat kontaknya beliau juga, kali-kali lain waktu mau main ke Merbabu lagi kan bisa minta tolong jemput biar transportasinya lebih gampang. engga perlu nyasar ke kuburan segala. Hahahaha.

Di antar ke boyolali, dicegatin bus sama pak nardi, trus kita melanjutkan perjalanan kembali purwokerto tercintah.

PS:
  • Alhamdulillah akhirnya diberi kesempatan main ke Merbabu lagi setelah beberapa kali kebawa mimpi.
  • alhamdulillah ngebawa porter mas erwin yang sabar banget nemenin jalan, engga mau ninggalin, dan kuat banget ngebawa kulkas.
  • lain kali kita jalan-jalan lagi ya, mas :)