track record selama kuliah #semester5

Blok: NU (Nefrourologi)
Sks: 6
Kegiatan selama blok:
  • mumpung masih awal blok, mari kita berfoto dulu.
  • Praktikum farmakologi dengan kelinci.
  • Osce sirkumsisi, pasang kateter, dan anamnesis yang berjalan dengan "luar biasa". Well, karena di stase kateter saya sibuk terpaku pada dosen yang menguji saya sih. Hahahaha.
  • sebelum SOCA, mari kita main-main dulu ke GOR :)

Remed: as usual, SOCA
Hasil akhir: B4 (3,4)
Keterangan: alhamdulillah lulus, padahal ngga yakin lulus gara-gara udah bego banget pas osce kateter. Haha.


Blok: Sistem Reproduksi
SKS: 6
Kegiatan selama blok:
  • Kabar luar biasa menyenangkan ketika di awal kontrak blok, aku melihat nama dosen pengalih perhatian penguji osce kateterku, hmmm, kita sebut saja beliau dr. T, sebagai salah satu dosen pengampu blok repro kali ini.
  • trus melihat beliau memberi sepatah dua patah kata di penutupan kontrak blok. well, menyenangkan mendengarkan beliau berbicara, memberi semangat pada kita semua, kalo kata aku sih. Aku masih ingat, beliau bilang "nggak masalah kalian hang out sambil baca buku, jangan takut untuk dibilang aneh, geek, atau sebagainya".
  • ohya, mas faza jadi dosen pengampu blok ini juga.
  • ada sistem baru yang diterapkan di blok repro kali ini, yaitu kuis. Di blok lainnya engga ada nih yang namanya kuis. 
  • Kitab di blok ini adalah William Obstetrics. Aku berniat membaca kitab ini, cuman apa daya, nggak banyak yang bisa aku lahap. Haha.
  • Entah apa yang memicu, yang jelas, semalam sebelum ujian, entah itu UTU ataupun SOCA, kita (aku, ayu, bili. Kalo bu heidi gaya belajarnya ga di tempat-tempat yang seperti ini, jadi ga ikutan) jadi selalu belajar di Rumah Kaffein Obamb. Keuntungannya adalah kita semua tidak mungkin tertidur (ya masak tidur di tempat umum?), perut terjamin, ga bakal haus juga, wifi tersedia, dan yang tak kalah penting, colokan bersebaran dimana-mana (ga perlu khawatir hp atau tab mati ditengah-tengah gara-gara dipake buat ngebaca slide kuliah, ebook, ataupun soal tahun-tahun lalu).
  • lupa tanggal berapanya, tapi ada survey jalur diksar Osipital ditemani oleh sejoli kita tercinta, yaitu Mas Anwar dan Mas Oki.
entah ini namanya jalur apa. yang jelas, jalannya turun bingits.

Remed: as usual, SOCA. padahal nilaiku sudah 65. 1 poin lagi dari batas minimal. Semua hanya karena aku tidak menyebutkan kata kunci jawaban di salah satu soal, yaitu NaCl -_- tapi kalo dilihat-lihat, soal SOCA di angkatanku sepertinya dipermudah banget dibanding di tahun-tahun sebelumnya. Maksudku, soal-soal yang aneh-aneh yang kita khawatirkan, engga keluar.
Hasil akhir blok: E
Keterangan: ga luluuuuus... OMG. tapi kali ini ternyata bukan gara-gara SOCA. tapi gara-gara UTU.


Blok: ECCE 1 (Early Clinical and Community Exposure 1)
SKS: 4
Kegiatan selama kuliah:
  • Kuliahnya kayak ngereview materi-materi kuliah dari blok-blok klinis yang lalu. Jadi di blok ini ntar kita dituntut untuj bisa mendiagnosis secara holistik semua penyakit yang ada di seseorang berdasarkan keluhannya. Tata laksananya juga berfokus ke tata laksana non farmakologi, kayak edukasi menjaga berat badan, edukasi makanan apa yg boleh dimakan atau yang harus dihindari, gitu-gitu deh.
  • Di blok ini kita dikasih buku sakti oleh dr. Yudhi. Well, sebenernya ini permenkes yang isinya ttg 1001 definisi, tanda gejala, pemeriksaan fisik, diagnosis sampai ke tata laksana macam-macam penyakit. Ini kitab sakti banget. Andaikan kitab ini udah diterbitkan sejak awal aku kuliah, pasti SOCA ku lancar jaya euy. Hahaha *sok banget* tapi seenggaknya kalo udah ada kitab ini, yang mau dipelajari itu jelas lho, bener-bener kayak ada SOP nya. Ah, andai saja~
  • Berbekal kitab ini pula, ketika SOCA, dia jadi andalan saya waktu mempresentasikan jawaban... "iya dok, menurut yang saya baca di Permenkes, blablablabla..." hahahaha. Masa ntar penguji saya mau nyalahin menteri? Wakakakak
Remed: - (sapu bersih setelah sekian lama engga pernah sapu bersih euy. Rasanya terharu, pengen nangis, terutama waktu lihat pengumuman kalo SOCA engga remed. seriusan.)
Hasil akhir: B6 (3,6)
Keterangan: lulus blok


Blok: MRP 1 (Medical Research Program 1)
SKS: 
Kegiatan selama kuliah:
  • Weekend pertama MRP, 06122014, kita semua dateng ke resepsi nikahannya Mas Gima, pioner osi, di tasik.

sok-sokan candid banget lah ini. hahaha
  • Niatnya mau ikut Mas Anwar ke Cikuray, sehabis dari tempat Mas Gima. Tapi apa daya, belum jodoh~
  • besoknya, 07122014, karena bete batal ikut mas anwar jalan-jalan, dan aku juga gamau weekendku yang sisa sehari terbuang sia-sia dengan diem doang di rumah, akhirnya aku ikut ngebantuin baksos anak-anak koas, bersama anak-anak osi lainnya. Ada mas anung yang jadi dokter pengawasnya. Trus kita main ke curug bayan juga setelah selesai baksos. Trus kita makan siang di loja. Mayan, dibayarin pakdhe anung. Entah ini lagi pencitraan di depan Mbak Uti atau gimana, yang jelas belakangan mas anung ga ngeselin-ngeselin amat. Hahaha. Peace ya, mas.
niiih, mbak-mbak yang baju oranye namanya Mbak Uti

  •  aku lupa tepatnya tanggal berapa, tapi yang jelas, selamat buat mas hakim atas seminar proposalnyaaaaaa :* meskipun waktu presentasi, tangannya tremor-tremor gimana gitu, ya, tapi yang penting kan sukses. yeaaay!


  • Weekend kedua MRP, 13122014, kita berempat, liburan ke Nusakambangan, main ke pantainya yang cantik. Nyeberang gratis, administrasi juga sudah diatur, semuanya berkat temen bili, Mas Petra. Alhamdulillah bisa main ke pantai cantik seperti ini. Berasa kayak pantai milik sendiri euy.
  • Besoknya, 14122014, kita berempat, plus mas anwar, sesar, dan alwi, capcus ke Banjarnegara. Asalnya mau berangkat kemarin, nyusul dari Cilacap, cuman kata mas hakim, yang udah duluan disana, berangkat besoknya aja gapapa. Biar sekalian disiapin obat apa aja yang mau dibawa, trus bantuan apa aja yang sekiranya malem itu udah terkumpul, bisa dibawa juga besoknya. Okay, alhamdulillah disuruh berangkat besoknya. Karena kita jadi ga harus berangkat berempat doang (dari cilacap), mengingat kita ga tau medannya seperti apa. Dan ternyata purwokerto-karangkobar 4 jam an cuuy. Agak nggak kebayang kalo kita jadinya langsung dari cilacap. Hahaha. 
  • Sementara heidi, ayu, dan bili stay di karangkobar malam itu, aku, mas anwar, sesar, dan alwi balik ke purwokerto abis maghrib. Jalan baliknya luar biasa euy, diputer jauh banget, dan jalannya rusak :((

ini foto favorit banget.
  • selasa 16122014, ngga ada woro-woro apapun sebelumnya, mas anwar juga ngga ngomong apa-apa kalo mau wisuda dokter hari ini. untungnya mbak ais nulis di line Osipital kalo hari ini ada wisuda kakak-kakak kita. datanglah kita ke wisuda dokternya mas anwar dan mas tulus. well, nggak ketemu di gedung graha widyatama-nya, tapi kita dengan tidak tahu malunya langsung nyamper ke Kemangi. mas anwar dan kedua orang tuanya makan-makan disana.
kado wisuda kita untuk mas anwar.
  • weekend ketiga MRP, 19122014, kita berempat niatnya mau nonton pementasan SiAnak, tapi karena berbagai macam alasan, tinggallah aku sendirian. Tapi, yaa masa ke sana sendirian? Malu *aku sedang kembali menjadi fita yang dulu, pfffft. Yaudah, dengan berat hati, akhirnya aku engga nonton deh.
  • Masih di weekend ketiga MRP, 20122014, kita berempat, plus mas ijal, mas cahya, fifi, bibah, desy, tressa, dan indi berangkat ke pemalang menuju rumah mbak nova di comal. Ceritanya kita mau jadi pager betis ayu dan penerima tamu di acara resepsi nikahannya mbak nova. Sebenernya aku ga dibolehin berangkat sama ibuk kalo ga naik mobil. sementara mau cari mobil sewaan, bili ga setuju. dan mobil yang ada juga cuma mobil tressa, yang kupikir akan lebih baik diisi oleh yang lain aja. Seenggaknya mukaku dan moodku bisa kekontrol dengan baik meski udah naik motor 4jam dan kehujanan.
HWD Mbak Nova dan Mas Rahman. Semoga samawa dan langgeng selamanya.

oke, itu kepalaku kayak kepala alien ga, sih? tinggi banget begitu sanggulnya -_-

maaf, mbak yang sebelah kanan, itu di atas matanya ada ulet bulu, mbak.
  • Btw ini judulnya kegiatan selama kuliah, tapi isinya kok ngelencer semua, yes? Hmmm.
  • Oke, kembali ke dunia kampus, diskusi kelompok di blok ini ditutori oleh dr. Yudhi. Enaknya, sama beliau dijelasin tentang materi di blok ini. Diberi petunjuk-petunjuk. Tapi tetep aja aku ga nangkep. Pffff.
Remed: sapu bersih lagi euy. Langsung deh balik ke rumah. Hahaha.
hasil akhir: B (3)
Keterangan: lulus blok


Blok: BHL 4 (Bioethics and Health Law 4)
SKS: 1
Kegiatan selama kuliah:

  • embuh, ga jelas. rasanya kayak ga kuliah saking dikitnya kelas yang harus kita hadiri. santai banget. total 4 lekcer. dan aku ga sengaja bolos 1 lekcer -_- hahaha.
Remed: sapu bersih lagiiiiii. iyeeaaaaay!!!
hasil akhir: B5 (3,5)
Keterangan: lulus blok


IP: 2,40
IPK: 3,00

Komentar