Mt. Argopuro 3088 mdpl 29 juli-4 agustus 2015: an unexpected journey

sebuah perjalanan tak terduga, akhirnya terjadi juga. kenapa aku bilangnya tak terduga? karena awalnya aku pengennya ke semeru aja. mau nyobain keindahan pasar malem ranu kumbolo, mewujudkan deja vu mas erwin, sekaligus jadi anak hitz masa kini yang dimana-mana poto tentang kegiatan mai trip mai adventur nya. kan mayan, itung-itung aku menjelma menjadi anak hitz kekinian, setelah sekian lama cuma jadi cewek bulukan yang tidak hitz. so anyway, yang tadinya mau jadi anak hitz dengan main-main ke pasar malem ranu kumbolo, akhirnya dialihkan ke argopuro karena ngikut tripnya bocah-bocah. duuh, masih bisa jadi anak hitz ga ya kalo mainnya ke argopuro? xixixi.

anggota perjalanan kita kali ini (awalnya) adalah wisnu, denden, edo, tiwi, aku dan mas erwin (tentunyah, hahahaha), mas oky, serta 2 orang lagi temen mas oky, yaitu mbak megumi dan mbak sisil. dan perjalanan kita dimulai dari purwokerto subuh-subuh hari rabu tanggal 29 juli dengan menaiki kereta api logawa. dan karena kita berangkat subuh-subuh, kegiatan utama yang kita semua lakukan setelah duduk di kursi masing-masing di kereta adalah, yah, tidur. hahahaha. di jogja baru deh mbak megumi dan mbak sisil bergabung dengan kita semua. dan mbak sisil bawa carrier. sementara cewek-cewek lainnya cuma bawa daypack. hehehe.

sesiangan itu kita habiskan di kereta. pokoknya dari matahari terbit sampai terbenam, kita diem di kereta doang. hahaha. emang jauh banget ternyata. ckckck. btw kita turun di stasiun probolinggo. trus abis itu melanjutkan perjalanan menuju terminal probolinggo dengan menaiki angkot dengan biaya Rp 10.000,00 per orang. setelah sampai di terminal probolinggo, kita ngaso-ngaso dulu, isi perut, sekalian cari-cari info bis apa yang bakal kita tumpangi selanjutnya. setelah meluruskan kaki sejenak, baru deh kita capcus lagi naik bis menuju Besuki. menurut info yang kita dapat, kita mendingan turunnya jangan di alun-alun Besuki, tapi rada majuan dikit, trus jalan kaki bentar ke pasar senen, lalu cari masjid buat ditidurin semalem. cuman entah miss-nya dimana, yang jelas kita jadi jalan rada jauh. hahahaha. yah itung-itung pemanasan sebelum besoknya jalan berhari-hari :')

btw sempat kebangun di tengah malem gara-gara tiba-tiba jari tangan dan kiri kerasa panas, dan bentol-bentol. hiyah! sepertinya efek kuah nasi padang yang bercampur dengan udang buat lauk makan anak-anak siangnya. raba-raba tengkuk, ternyata juga mulai bentol-bentol. gamau kejadian seperti sebelum ke Lawu kemarin terulang, akhirnya langsung ubek-ubek tas nyari obat. hahaha. kan gamau gitu entar pagi-pagi bangun trus yang lain pada ga ngenalin aku gara-gara badan penuh bentol-bentol. xixixixi.

bermalam di masjid di deket pasar senen dekat alun-alun Besuki. sempet mandi juga disini sebelum tidur. aaaah, segarnyah~ tapi rada malu juga sih bangun-bangun taunya masjid udah rame sama orang-orang yang pada sholat subuh. hahahahah.

setelah sarapan, packing sayuran dan bahan makanan yang baru dibeli, bersih-bersih badan dikit, kita lanjutin lagi perjalanan dengan angkot. ga bisa dibilang kita charter karena angkot ini juga mengangkut bapak dan ibu-ibu yang ingin menuju pasar di atas sana. no, seriously, pasarnya emang rada di atas daerahnya. hahaha. dan mengangkut ikan-ikan segar, tahu-tahu segar, dan lain-lainnya yang akan dijual di pasar.

setelah kira-kira 30-45 menit perjalanan, akhirnya kita sampai juga di basecamp gunung argopuro di desa baderan. bapak yang jaga di basecamp ini ramah banget. sedikit banyak cerita tentang keluarganya yang juga "orang gunung". katanya bakal "susah" kalo dapet jodoh "orang gunung", tar tiap ulang taun mintanya alat-alat outdoor, atau kalo ngga, mintanya naik gunung. hahahaha. yah aku sedikit-sedikit mengerti sih, budget nya itu lho. hahahaha.

di basecamp kita gabung sama 2 orang dari jakarta, namanya dhani sama surya. dan bawaan mereka kayak kulkas, men. hahahaha. ya sih, wong niat awalnya kan mereka naik berdua. mulai jalan jam setengah 9 pagi. dan edan puanasnya ga karuan. hahahaha. awalnya kukira itu paling akunya aja yang emang dasarnya ga betah panas, makanya aku ga banyak komen soal cuaca. tapi trus mas erwin dan anak-anak mulai mengeluhkan panasnya cuaca kala itu. hahahhahaa. yaa berarti bukan cuma aku yang ngerasa panas. sayangnya di hari pertama ini topi yang aku pake lupa dipasangin kain tambahannya, biar jadi model topi topi jepang gituu. wkwkwk. padahal ya lumayan bisa ngehalangin panas ke leher tuh kalo dipasang.

masih pada jaim banget lah sumpah. wkwkwkwk.

level kekucelan: low.

no kumis, more fat :P

di tempat istirahat makan siang, kita semua dibuat sakit hati gara-gara ada sebuah motor ojek melintas membawa seorang penumpang beserta carrier-carriernya di hadapan kita. bayangin, di depan mata kita coooy! sementara kita daritadi panas-panasan, bawa berat-berat (ini yang lainnya sih yang bawaannya berat. aku kan cuma daypack. xixixi) jalan tak tentu arah *eaaa. ya bete-bete gimana gitu jadinya. trus tidak lama melintaslah 3 orang cowok-cowok berjalan hanya membawa tas kecil, barangkali isinya perbekalan secukupnya selama perjalanan. yah, carrier mereka udah diangkut duluan pake ojek sih tadi. hiks. tapi tidak boleh sirik, tidak boleh sirik. pengen jadi anak hitz kan tidak mudah :P

btw, gausah diceritain detail banget lah yaa. aku lagi males nulis. wkwkwk. maafin akuuu. yah intinya hari pertama ini kita lewati dengan berjalan kaki sampai sekitar jam 4an. kita ngecamp di pos mata air 1. beberapa menit sebelum sampai di sini, omg, banyak monyet hitam bergelantungan coooy. haduh. ngeri nih kalo ternyata mereka monyet ganas. hahaha.

tapi untunglah tenda kita semua aman-aman aja bebas dari jamahan monyet-monyet hitam itu. walau sempat hampir kemasukan sigung. hahahaha. ini mas erwin yang ngelihat sigungnya. dan selama kemping, koki tercintah kita yang bertugas menjaga asupan gizi kita semua adalah mas erwin. hahaha. kayanya dia emang orang kepercayaan di dapur deh. hahaha. tapi serius, mas erwin emang pinter masak. kece lah pokoknya. hahaha.

oiya, jam 4 pagi aku keluar tenda buat pipis, bulannya lagi teraaaang banget. mau purnama gitu. pokoknya udah kayak lampu nyala. ckckck. sebelumnya semuanya pada memprediksi kalo malam itu bakal dingin banget, tapi untunglah tidak. well, belum, lebih tepatnya.

di pos mata air 1, sebelum berangkats melanjutkan perjalanan.

bangun pagi, masak (mas erwin yang masak), makan, beberes tenda, packing, foto dulu, trus lanjut jalan. tapiiii baru 10 menit jalan, aku udah ga kuaaaat. hiks. maapin akuuu. trek di awal perjalanan kali ini rada nanjak. rada rapet juga pohon-pohonnya. tapi ga lama, kita keluar dari pepohonan rimbun, dan ketemu matahari lagi, yaa panas lagi. hahahaha.

trek kali ini ga sedatar kemarin, ada yang nanjak (seperti di 10 menit awal tadi), dan ada juga turunaaaaaan. omg. nyampe puncaknya aja belum, masa udah ketemu turunan aja? ga tanggung-tanggung pula. turunnya bisa turun banget nih. terutama waktu kita sudah mendekati sabana (entah namanya sabana apa). waktu itu aku sengaja jalan duluan, mumpung lagi mau jalan kan. toh nanti juga kesusul. gausah khawatir aku bakal ninggal yang lainnya. kapasitas jalanku kecil kok (halah!). ee lha tapi ternyata jalan yang aku lewati sendirian itu malah semakin turun dan semaaaakin turun, sampe bikin aku mikir apa aku salah jalan. hahahaha. mbok ternyata malah nembusnya balik ke basecamp. tapi tidak lama, terdengar suara grasak-grusuk di belakangku, yang ternyata adalah mas erwin yang sudah berhasil mengejarku. untung bukan kucing. kucing gede maksudnya. tapi tukan tukan, kekejar juga pasti. hahaha. padahal itu aku sudah sempat duduk rada lama juga.

sampe di sabana yang luar biasa kece. amazing rasanya waktu pertama ngelihat hamparan sabana luas ini. tapi ya padahal aku juga udah pernah lihat sabana di merbabu sih. tapi yaa gataulah, pokoknya tetep seneng waktu sampe disini.
level kekucelan: moderate.

mas-mas berpengalaman.

dan ga lama, yang lainnya juga udah nyusul sampai di sabanaku. yaampuuuun, mereka semua pada lari apa gimana sih? -_- sumpah berasa payah banget jalanku. kayak yang gampang banget kesusul, gitu. hahahaha.

sempat duduk sebentar sekali di bawah rimbunnya sebuah pohon di sabana ini, lalu aku dan mas erwin lanjut lagi jalan meninggalkan sabana. cuman ya ga lama, aku udah ngos-ngosan maning. mulai nanjak lagi sih. hahahaha. kembali ke ketinggian semula sebelum turun menuju sabana. sempet bete juga. kalo kata mas erwin sih aku kelihatan ngedown banget pas jalan kali itu. sampe akhirnya 3 kaleng sarden yang ada di daypackku, dipindahin ke carriernya mas erwin. yaampuuun, cuma 3 kaleng sarden padahal. hiks. berasa payah banget. trus akhirnya kita istirahat makan siang di sebuah "tempat piknik". makan siang kita kali ini cukup dengan makan mie rebus saja. tapi tidak apa-apa. tetap enak. setelah ngaso sedikit, kita lanjut lagi jalan. kali ini tim kita "terbagi" jadi 2 kelompok. kelompok pertama yang jalan duluan beranggotakan mas oki, mbak sisil, mbak megumi, aku dan mas erwin. sisanya jalan belaakngan. alhamdulillahnya jalanan sesudah makan siang terbilang relatif datar. cuma ngabisin tanjakan di tempat istirahat makan siang kita, trus udah, sisanya datar banget. sampai akhirnya kita memasuki sabana lagi. duuuh, sayang nih kita udah keburu istirahat makan siang di tempat tadi. padahal di sini tempatnya kece bangeeet. bisa sekalian poto-poto juga kan. tapi yasudah, tidak apa-apa. yang penting jalan terus.

sabana yang sekarang lebih panjang dari yang tadi. well, kayanya emang sabana semua sih sampe cikasur (tempat ngecamp malam kedua kita). dan rumput sabananya keriting-keriting gitu. lucu. hahahaha. makin mendekati cikasur, kita ngelihat bekas bangunan tua yang tentunya sekarang sudah ditinggalkan. menurut yang kubaca dari blog lain, katanya sih itu barak orang-orang yang dulunya bekerja membangun lapangan terbang di cikasur. amazing ga sih, ngebayangin dulunya ada bandara di sini, di atas gunung. anyway, makin mendekati cikasur, makin kelihatan juga kalo kita malah berjalan menjauhi puncak. bukannya nyasar. tapi emang gitu jalurnya. mau dibilang kesel, ya kesel sih.. tapi viewnya juara banget kalo kata aku. dan hewan-hewan suka pada keluar kalo sore-sore. beruntung aku bisa lihat merak terbang (serius, dulu kupikir merak itu ga bisa terbang, karena badan mereka kan gede banget tuh). trus mbak sisil sama mas oky berburu foto hewan, jalan-jalan sampai katanya nemu curug juga. sementara dhani dan wisnu, well, kayanya tuh mereka sebenernya mau ambil air di sungainya, tapi baliknya lama banget. balik-balik, bilang katanya lihat merak minum air di kali. ckckck. ya kalo aku jadi mereka juga bakal lama-lama nikmatin ngelihat merak minum air sih. hahahaha.

mulai masuk sabana lagi.

the jancukan.

bekas barak.

hampir sampai cikasuuuur!!!!

pohon tempat kita berlindung dari angin malam yang dingin (harapannya sih semoga bisa rada anget gituu). tapi kenyataannya sih dingin, ya, dingin aja. hahahaha. embunnya sampe berubah jadi es pula. brrrrrr~

semacam pendopo di tengah sabana. sudah ditempati pendaki lain. tapi kita tidak berencana bangun tenda di situ. jadi tidak rebutan :P

mas-mas berpengalaman (2).

sampai di pohon besar ini, sekitar jam 3an, kita bangun-bangun tenda. trus masak (ya jelas yang masak mas erwin). makan kali ini dibikin jadi dua part. makan sore sama malem. makan sorenya ini rada tertunda karena menunggu wisnu dan dhani yang lama banget ambil airnya, belakangan kita tau kalo mereka ternyata ngelihatin hewan-hewan dulu minum air.

trus yang ikut makan part 2 jadi ga begitu banyak karena udah pada merasa cukup dengan makan sore. dan tentu saja kembali kita lakukan rutinitas bersih-bersih alat makan. setelah semua sudah bersih dan sudah disimpen, semua pada masuk tenda. tidur. agak sayang sebenernya kalo kata aku, langitnya cerah banget. bintang-bintang kelihatan semua. dan sedang bulan purnama. waktu bulannya pertama muncul juga keren banget. bener-bener terang.

besok paginya, kita dikejutkan dengan hadirnya lapisan es tipis-tipis yang nempel di tenda dan sepatu dan barang-barang yang ada di luar tenda lainnya. wooow. trus seperti biasa, mas erwin ambil posisi jadi koki buat kita semua. sebelum kita semua berangkat melanjutkan perjalanan, kita foto-foto duluu~

ini pose susah. aku udah coba.

kece ya, langitnya... suka sama warnanya.

setelah ambil foto secukupnya, kita lanjut jalan. masih di sabana, jadi pemandangannya masih kece. dan kita juga sempat ngelihat raung yang sedang ngeluarin asep terus-terusan. fiuuuh untung aja asepnya ga ngarah ke kita. sempat makan buah beri juga. yaa rasanya 11-12 sama stroberi lah meski bentuknya beda. sayang engga difoto. eheehhehe. buah beri yang ini warnanya merah juga kayak stroberi, tapi dia lebih ramping, dan bintik-bintiknya lebih gede menurutku. seger sih, meski cuma makan 1. hahahahah.

surya dan dhani.

trek dari cikasur menuju cisentor. banyak banget pohon-pohon tumbang melintang di jalur pendakian. jadi yaa siap-siap aja angkat kaki lebih tinggi. hahaha. tapi so far, treknya relatif datar kok. teteeeep -_- kalo kata mas erwin, baru bener-bener naik gunung itu setelah melewati cisentor. huft, jadi takut nih ngebayangin treknya bakal kayak apa.

mulai jalan lagi menuju cisentor.

buat mencapai cisentor, kita kayak harus melewati jalanan semi-semi terjal memutari sebuah bukit. aku bilang semi-semi terjal karena menurutku ga terlalu terjal banget. cuman emang jalannya sempit, dan relatif naik-turun. di cisentor rupanya ada gubuk yang bisa dipake buat istirahat. dan ada sebuah sungai juga yang kita lewati beberapa saat sebelum sampai cisentor. dan mas erwin jatuh di sungai iniiii. omg! gara gara akuuuuu!! omfg!! kasian banget ni. jadi basah-basah gitu kaos kaki sama celananya. tapi basah doang mungkin bukan apa-apa kalo dibandingkan sama sakit di paha gara-gara kebentur batu. hiks. maafkan akuuuu :'(

trus di cisentor ada insiden edo gamau makan, padahal udah kita bujuk-bujuk banget, sampe akhirnya wisnu teriak marah-marah ke edo gara-gara menurutnya sikap edo kekanakan banget. padahal di gunung ini, kata mas erwin, ada mitos kalo teriak-teriak, nantinya bakal badai. alamak -_- dan ada lagi insiden dimana semua dari kita tiba-tiba jadi diem. mungkin sebagian gara-gara aku sih yang "ngeluarin" hawa-hawa "ga enak", pasang muka dan sikap dingin. ya abisnya bete, udah dimasakin tapi anak-anaknya pada makan dikit -_- iyaaa aku tau bukan aku yang masak, tapi mas erwin. tapi kan tetep aja kesel. yaah tapi kalopun mau skip makan juga at least jangan banyak ngomong deeeeh. abisnya ngomong ini itu, lagaknya kayak mau ngabisin -___- kan bikin makin kesel. huft. mas erwin yang waktu kejadian itu sedang tidak berada di TKP, karena sedang pup, pas balik ke TKP rupanya nyadar kalo terjadi perubahan suasana. hahahah. maafkan aku ya.

tapi meskipun sedang bete, perjalanan harus tetap dilanjutkan, men. mas erwin yang lagi sakit gara-gara jatuh tadi, nyuruh aku jalan duluan. yaa mau gamau aku jalan duluan, aku usahain jalan secepat aku bisa (ya tapi tetep banyak istirahatnya hehehehe), dengan harapan makin cepet sampe, mas erwin makin cepet bisa istirahat. ketika sampe di tempat anak-anak istirahat, aku usahain ga lama-lama istirahat (karena toh aku modelnya yang sebentar-sebentar butuh istirahat, ga peduli sudah seberapa lama istirahat sebelumnya hahahah).

btw ketika udah makin deket sama rawa embik, kita ngelihat 3 ayam di jalur pendakian kita. gatau itu ayam apa. kata mas erwin itu ayam kemana-mana selalu berpasangan. tapi yang aku lihat cuma 3. berarti yang 1 ada yang ga punya pasangan dong. well, entahlah.

pada akhirnya kita sampai juga di rawa embik. masih ada pendaki lain di rawa embik, tapi mereka udah packing, siap-siap melanjutkan perjalanan pulang. di sini kita sempat diskusi dulu enaknya lanjut jalan dan ngecamp di pertigaan puncak dengan risiko harus jalan lagi 2 jam-an bawa air penuh, atau ngecamp disini aja, risikonya yaaa puncak masih agak jauh. hehehehe. diskusi berjalan agak alot. banyak yang milih ngecamp di rawa embik aja. tapi banyak juga yang milih lanjut jalan. pertimbangannya rada susah sih, masalah air. keputusan akhir yang kita sepakati adalah kita ngecamp di rawa embik. dan syukurlah itu bukan keputusan salah menurutku. kalo dipikir-pikir kita emang banyak orang, aku pribadi lagi ga bisa jadi onta, belum masak buat makan malem, belum masak buat makan pagi besok, belum juga masak makan siang besok, ditambah dengan kebutuhan air buat muncak dan di perjalanan selanjutnya, karena kita baru akan ketemu air di danau taman hidup. kata mas erwin di cemoro limo bisa ada air. tapi kecil. jadi jangan berharap terlalu banyak.

sisa hari itu kita habiskan dengan rutinitas seperti biasanya. dan btw disini aku sikat gigi. setelah sekian hari, brooo. haaaaah! *nyemburin napas naga. hahahahaha.

ngecamp disini juga sebenernya bikin kita rada khawatir sama dinginnya cuaca nanti malem. entah bakal sedingin apa, yang jelas air di botol, minyak di botol pada berubah jadi es. hahaha.

bung edo disuapin mas oky setelah siangnya gamau makan -_-

ini es. bukan abu.

es batu.

esok harinya, entah hari apa itu (aku disorientasi waktu nih selama disini. hahaha), karena kita semua sepakat untuk tidak mengejar apa-apa (you know lah, sunrise), akhirnya kita baru lanjutin perjalanan jam 9an. hahaha. tujuan kita hari ini ke pertigaan puncak dulu, taruh carrier, baru deh jalan ke puncak-puncak argopuro. bawa bekel air minum juga tapi. dan btw disini edelweisnya tinggi-tinggi bangeeet. aku juga jadi rada ngeri sih. takut tiba-tiba muncul hewan di balik edelweis-edelweis ini. hahahaha *tepokjidat.

edelweisnya tinggi-tinggi bangeeet.

setelah nyimpen carrier di semak-semak, kita mulai jalan menuju puncak Argopuro. puncak ini, kata mas erwin, bisa "lumayan" makan tenaga. dan benar saja. meski udah engga bawa apa-apa, tetep aja aku bentar-bentar diem. hmmm, dari dulu juga aku kayak gitu jalannya. tapi kelihatannya mas erwin jadi agak ga sabaran, dan bolak balik nyuruh aku lanjut jalan. yaa, aku lama-lama juga jadi rada kesel. trus bilang kurang lebih "abis dari sini (puncak argopuro), aku ga ke (puncak) yang lainnya aja". dan langsung bikin mas erwin bete setengah mati. haahahahhaa. maafkan aku mas. aku ngomong gitu juga ga bener-bener mau nyerah, cuman ya aku kesel ga bisa istirahat semauku. aku udah berkali-kali bilang juga kalo aku pada akhirnya bakal sampe kok (di puncak atau dimanapun itu). aku cuma butuh sedikit lebih banyak istirahat daripada yang lainnya. hahahahaha *excuse macam apa itu. tapi aku serius. maksudku aku yakin kalo aku jalan, nanti juga aku sampe, cuman kalo aku capek, ya aku maunya diem dulu. hahahaha. maap maap ya mas, udah ngerusak mood di puncak. makasih udah sabar banget sama aku yang rewel ini.

anyway, ternyata benar cerita yang pernah kudengar kalo di puncak argopuro itu masih banyak pohonnya. rindang. ga seperti puncak-puncak gunung lainnya. hehehe.

setelah dari puncak argopuro, kita melipir ke puncak arca atau puncak hyang. aku suka jalanan dari puncak argopuro ke puncak arca. pemandangannya itu lhoooo. bisa lihat danau taman hidup, gunung semeru, gunung raung, kece lah pokoknya. di puncak arca kita bisa lihat sisa-sisa arca dan ada sedikit barang-barang yang sepertinya dimaksudkan sebagai sesajen.

dari puncak arca, kita harus turun dulu ke pertigaan puncak kalau mau ke puncak rengganis. cuman kita rada kebablasan nih. jadinya kita malah nyasar ke sebuah tanah lapang, entah apa namanya, mungkin itu bekas kawah.

mt. raung.

(masih) mt. raung. kepulan asapnya jauh banget tuh. untung anginnya ga ngarah ke kita. wkwk. kalo engga, yang ada kita hujan abu beneran tuh, bukan es.

setelah turun dari 3 puncak gunung argopuro, kita istirahat dulu makan siang di dekat tempat kita nyimpen carrier. menu makan siang kita kali ini adalah nasi dan telur orak arik yang super lezat. buatan siapa lagi kalau bukan mas erwin? heheheehe. nasi, telur, ditambah bawang goreng dan kecap. hmmmm yummy!

setelah puas mengenyangkan perut, ditambah dengan sehisapan rokok hasil meracik sendiri dari putung-putung rokok yang ditemukan gara-gara persediaan rokok mereka sudah habis semua (well, yang merokok itu mereka ya, bukan aku -_-), kita melanjutkan perjalanan lagi menuju target tempat camp kita selajutnya di Danau Taman Hidup. kali ini kita melewati jalur baru seperti yang diceritakan oleh bapak yang ada di basecamp Baderan, dan seperti yang aku baca di sebuah blog catatan perjalanan yang ditujukkan oleh mas erwin. menurut info, jalur ini memotong 6 jam perjalanan menjadi hanya 1 jam perjalanan untuk sampai di cemoro limo. dan jalur ini terjal banget coooy. terdiri dari tangga-tangga yang tingginya se-paha. mayan kan tuh. ditambah dengan keringnya tanah. bikin tanahnya terbang kemana-mana setelah diinjek. kudu rada jaga jarak nih sama yang lainnya -_- yaa tapi gimana-gimana aku tetep alhamdulillah kita ga kena hujan sejauh ini. apalagi setelah kemarin wisnu teriak-teriak -_-

kalo menurut info, jalur ini memotong lama perjalanan hanya jadi 1 jam saja, well, agak beda sih hasilnya di aku. ga 1 jam banget. 1 jam lebih 1 jam an. lah. hahaha. dan benar saja, yang kata mas erwin dulu ada sumber airnya, kali itu sedang tidak ada airnya.

perjalanan terus berlanjut sampai akhirnya kita memasuki hutan lumut. dan hari juga semakin dingin dan semakin gelap. di hutan lumut sebenernya jalurnya datar banget. yah ada sedikit nanjak dan turunan, tapi sedikit kok. trus ada sungai juga yang dulu kata mas erwin dalamnya setinggi dada orang dewasa dan penuh pacet, tapi untunglah waktu itu sungainya sedang kering. tapi meskipun jalannya datar banget, mungkin dasarnya kita yang udah capek, jadi berasa kayak itu tuh jalan yang gaada ujungnya *ceilah. tapi aku serius nih. jalan udah gaada rasanya lagi. yaa maksudnya meskipun kaki udah pegel, kaki udah sakit, kita tetep jalan terus, ga dirasa-rasain. hahaha. trus pake acara nyasar juga. omg. abisnya jalan yang kita salah ambil itu juga jelas lho jalurnya, dan mas erwin ngikutin stringline merah yang mengarahkan kita ke jalur itu. cuman mas erwin sadar kalo harusnya kita ga jalan selama itu buat sampe ke danau taman hidup. belakangan baru kita tau kalo pendaki lain juga ada yang ambil jalur itu, memang jadinya jauh, tapi jalan itu juga ujungnya bermuara ke danau taman hidup.

jalanan di hutan lumut juga dipenuhi pohon-pohon yang tumbang melintang di jalur pendakian. dan bahkan diameter pohon-pohon ini bisa dibilang cukup menyusahkan buat orang yang kakinya ga panjang-panjang amat. kayak kakikuuu. hehehe. btw waktu nyasar aku sempat jatuh ke bawah pohon. itu maksudnya aku jatuh dari pohon yang tumbang, yang ternyata pohon ini maksudnya adalah semacam jembatan. mudeng ga? dimudeng-mudengin aja lah ya. hahahaha. lumayan dalem nih cerukannya, tapi cukup buat bikin adrenalin menambah energi biar badan ini bisa naik ke atas pohonnya lagi.

setelah rada muter-muter bingung jalan mana yang harus diambil, akhirnya kita nemu juga jalan yang bener. btw tim kita bener-bener kepisah jauh. ini yang ikutan kesasar cuma aku, mas erwin, tiwi, edo, mbak sisil, denden. yang lain sih harusnya udah sampe duluan sebelum hari gelap. dan alhamdulillah mereka emang udah sampe duluan. udah diriin tenda, mulai bongkar-bongkar bahan makanan.

sesampainya di tempat camp, mas erwin langsung tepar. sudah tidak mampu memasak lagi. hehehe. akhirnya tugas memasak malam itu jatuh ke surya dan dhani. alhamdulillah, meskipun cuma mie rebus, aku bersyukur banget masih bisa makan. hahahaha. dan itu mie-nya berasa enaaaak banget. wkwkwk.

besok paginya, es yang kita temukan di luar ternyata lebih tebal dari malam sebelumnya. tapi somehow, suhu ga begitu kerasa dingin. dan alhamdulillah koki tercinta kita sudah tidak tepar lagi. sudah mulai masak-masak lagi, meskipun hasilnya keasinan banget. hahahahah. gapapa, yang penting udah sehat.

ini es. bukan abu (2).

ikon danau taman hidup.

sayang nih ada bungkus ciki-nya.

bung denden.

one of my favorite.

one of my favorite (2).

poto sama aa dulu di taman hidup.

udah ilang jaimnya.

mas oky dan mbak sisil.

setelah melakukan rutinitas seperti hari-hari sebelumnya, kita melanjutkan perjalanan pulang. kali ini estimasi lama perjalanan kita sampai di basecamp adalah sekitar 3 jam. btw untuk menuju danau taman hidup dari bremi sekarang sudah bisa pakai motor, udah ada jalur yang dibikin buat motor gitu, tapi untung aja kita ga ketemu sama motor. kalo iya, bisa sakit hatiiiiiii! sisa hutan lumut ini kita habiskan dengan trek yang cukup miring. baru setelah keluar dari hutannya, jalanan jadi ga begitu miring. ladang yang kita lewati juga ga sepanjang ladang-ladang yang di baderan. dan jalurnya udah diperpendek banget dibandingkan dengan jalur yang lama, menurut mas erwin. alhamdulillah sekitar jam 1 kita bertemu dengan warung pertama, langsung aja kita istirahat dulu, duduk-duduk, pesen es teh (sampe isi ulang 3x), jajanan pentol, dan merokok (bukan aku yang merokok). di sini juga kita mulai mendapatkan sinyal setelah sekian lama ga dapet sinyal hp. hahahaha.

setelah cukup puas, kita lanjut jalan dikit lagi buat mencapai basecamp bremi. kata mas erwin, dulu bremi belum ada basecamp nya. disini kita bersih bersih badan, buang sampah selama perjalanan, dan sekaligus memikirkan cara kita pulang. karena kita ga dapet bis terakhir dari bremi, akhirnya kita ikut charter pick up gabung sama pendaki lainnya. belakang pick up jadi lumayan penuh sesak tuh keisi sama sekitar 20an orang. fiuuuh, luar biasa. pegel ya kakinya kelipet-lipet. hahahaha. beruntung bisa duduk di belakang pick up, jadi bisa ketawa rame-rame. kena angin juga. akhirnya kesampaian pengalaman pertama duduk di belakang pick up. hahahah, aku tau ini ga penting banget. tapi yaudahlah ya.

somehow, i love to see my hair in this pict. hahahahah. #rakpentingbanget

desek-desekan di atas pick up.

makin ilang lagi jaimnya.
btw, level kekucelanku: very low. abis mandi koh, setelah sekian hari bebas sabun. hahahaha.

setelah sampai jalan utama, kita putuskan untuk isi perut dulu. disitu kita mesti waspada nih sama warung-warung yang pasang harga tinggi. jadi disini sebelum kita pesen, kita nanya-nanya dulu harga makanannya berapaan. beruntung kita dapet warung makan yang bersih dan murah. dan yang penting juga, bapak dan ibu yang jual baiiiik banget. kita sampe disuguhi kue-kue lebaran. alhamdulillah. mereka juga cerita dulu waktu masih mudanya gimana, ketika orang pesantren dan orang seni bertemu. luar biasa lah pokoknya. seneng banget ngelihat pasangan yang awet banget sampe tua, dan kalo aku ngelihatnya mereka hidup kayak gaada beban. well, pasti ada lah ya yang namanya beban, cobaan, tapi mereka ga nunjukin itu. kelihatannya kayak mereka bersyukur atas apapun yang ada saat itu, ga peduli itu kurang sekalipun.

sisa perjalanan kita lanjutkan dengan ngebis sampai purwokerto. sebelumnya, di surabaya kita berpisah dengan surya dan dhani, sementara di jogja kita berpisah dengan mbak megumi dan mbak sisil. well, semoga lain kali kita semua bisa ketemu lagi. mungkin di trip-trip lainnya. hehehe.

argopuro, sebuah perjalanan yang tak terduga.
tidak mudah, tapi bisa dilakukan.
semoga perjalanan kali ini bisa mendewasakan kita semua. hahaha.

PS:

• terima kasih kepada Tuhan karena sudah memberi satu lagi kesempatan untuk melanglang buana.
  • terima kasih kepada ibuk yang sudah memberi restu untuk liburan kali ini. untungnya pada ga banyak tanya soal raung yang sedang siaga. wkwkwk. argopuro sama raung kan dekeeet. bisa jadi ga dibolehin tuuh. wkwkwk. dan untungnya tidak mempertanyakan kenapa gaada sinyalnya sampe 5 hari. hahahaha. aku ga bilang kalo argopuro itu gunung dengan trek terpanjang di jawa. yah aku cuma bilang, "nanti perjalanan 5 harian, jadi ya gaada sinyal juga selama itu kemungkinan". wkwkwk.
  • terima kasih kepada mas erwin yang udah sabaaaaar banget nemenin aku yang rewel banget. maaf kalo aku masih sangat tidak dewasa. maaf kalo aku cuek banget.
  • terima kasih buat semua yang ada di trip ini.
  • beribu-ribu maaf buat wisnu yang udah ngebawa tenda penjeman dari osi, cuman tendanya gabisa kepake karena tenda yang dibawa tenda consina, sementara frame nya frame lafuma. maafkan akuuu karena ga ngecek dulu tendanya :'(
  • maaf juga kalo ceritanya rada ga jelas. hahahaha.
  • btw beberapa hari setelah perjalanan ke argopuro ini aku rada berasa hampa. yah, kan kemarin-kemarin tiap hari kerjaan seharian jalan mulu, trus ngebantuin mas erwin di dapur, trus beres-beres alat makan. lah setelah balik lagi ke purwokerto mah kerjaan cuma scroll-scroll layar tab doang. bosen banget, tapi jari ini juga gabisa direm supaya ga scroll-scroll mulu. hahahaha. abisnya bingung juga gaada kerjaan lainnya.
  • btw lagi kalo ada yang mau tanya-tanya lebih detail tentang rincian perjalanan untuk keperluan referensi, boleh banget tanya langsung.. kalo aku masih inget detailnya, ya aku jawab. tapi kalo udah lupa, yaa maap maap aja. hehehe