track record selama kuliah #semester6

tidak terasa sekarang aku sudah sampan di semester 6. it's a huft or yeay? so yeah, yang jelas bener bener ga kerasa waktu berjalan sedemikian cepatnya. padahal kemarin rasanya aku masih dengan berat hati meninggalkan rumah untuk pergi merantau ke purwokerto (ceilah), lalu pergi ke kampus untuk pertama kalinya mengikuti serangkaian acara yang ditujukan untuk kami para mahasiswa baru, bangun subuh-subuh, setelah sebelumnya hampir ga tidur, lari-larian ke kampus, muka kucel (yang sudah kucel dari sananya jadi semakin kucel :'( ), dan blablablabla lainnya. tapi ngga nyangka juga bakal betah di purwokerto. hahahahah. malah kadang sering keasikan jadi ngeluyur kemana-mana.

well, mungkin segitu dulu intronya, mari kita masuk ke bahasan inti yang akan aku bicarakan kali ini, yaitu track record selama kuliah di semester 6.

*warning: this post contains a large amount of photos.

Blok: NSS 
SKS: 10 (kebayang ngga, kalo ngga lulus blok ini, 10 SKS bakal nol nilainya? ha ha ha ha)
Kegiatan selama blok:
  • well jadwal blok ini, kalo dibandingkan dengan blok NSS periode sebelum-sebelumnya, katanya sih jauh tertata lebih rapi. senior-senior aja sampe gemes kita blok NSS masih bisa tidur siang (tapi kalo pas lagi ngga ada praktikum ya). thanks a lot to the great PIC yang sudah mengatur jadwal blok NSS ini sedemikian rupa indahnya buat kami. hihihi.
  • seriusan jadwalnya rapi. di awal awal dikhususkan buat materi tentang saraf, ditengah-tengah buat mata, di akhir-akhir ada materi tentang THT. jadi belajarnya juga enak, ga bingung (meskipun materinya tetep susah ya). apalagi menurutku neurologi atau ilmu tentang saraf adalah salah satu bidang di kedokteran yang yaaa rada-rada abstrak. sebelas dua belas sama ilmu kejiwaan. yah namanya susah susah tuh traktus traktus yang ada di otak atau sumsum tulang belakang. pfffff. jadi agak cemas kalo aku ga bakal lolos dengan mudahnya di satu putaran dari blok ini.
  • meskipun agak-agak cemas tentang akademik di blok ini, tapi tetep aja rasa cemas itu sepertinya tidak cukup untuk membuat aku jadi fokus berkutat dengan buku. tetep ada jalan-jalannya :P setelah baru satu minggu kuliah, aku berkesempatan untuk jalan-jalan ke Curug Penganten bersama Heidi, Ifan, Tressa, ditemani oleh Bung Edo. ga nyangka juga sih bisa ketemu Bung Edo di mamake. awalnya dia udah mau pulang tuh ya. sudah berlagak ngeluarin motor dari parkiran. tapi berkat usaha bujuk rayu kita, terutama dari Bung Heidi, akhirnya Bung Edo mau untuk ikut ke Curug Penganten. *padahal di awal udah sok sokan banget gamau ikutan kita jalan. hahahhahaha.


entah kenapa kaos yang kita pake pada matching gitu.


sebuah sungai yang kita lewati sebelum akhirnya sampai di Curug Penganten. kece banget deh pokoknya. cuman sayangnya ketika beberapa waktu lalu aku ke Curug Penganten lagi, rupanya sudah banyak banget orang yang, well, berlalu lalang di sini. 

Bung Edo.



when we finally found this Curug Penganten.



  • selanjutnya, setelah melewati satu minggu perkuliahan lagi, tanggal 15 Maret 2015 aku ikutan rafting yang diadain sama adek-adek calong anggota Osi, Radius4. seperti rafting-rafting yang kita adakan di tahun-tahun sebelumnya, kami bekerja sama dengan Bannyuwoong Adventure yang berada di Banjarnegara. harus kuakui yang ini seru banget, ditunjang dengan arus yang lebih kuat dari sebelumnya.
dan harus kuakui juga kalo fotografer kali ini rada dibawah ekspektasi (sorry). sering foto yang diambil miring-miring, kepotong, fokusnya ke lain tempat, dan blur. pfffff. untungnya di foto di atas posisiku di tengah-tengah, jadi tidak harus jadi korban penghilangan karakter dalam foto :P

ini awalnya adalah perahuku. berisi aku, ayu, bili, dua anak tasik yang aku sudah lupa siapa namanya, beserta skipper kami.


ini adalah perahu keduaku. hahahahah. emmm sebenernya ini perahu rescuer. yang menyenangkan disini adalah aku tidak perlu susah-susah mendayung. dan mereka jelas tau cara mengejar jeram. jadi aku hanya tinggal duduk di depan bak putri raja. hahahahah :P dan mereka rame orang-orangnya.


  • setelah melewati satu minggu perkuliahan lagi (berarti sekarang kita tiba di weekend ketiga nih ya), tepatnya tanggal 28 Maret 2015, aku dan mas erwin jalan-jalan ke Sikunir. yeeaaaay~ akhirnya kita jalan-jalan lagi. berbekal motor pinjaman dari Edo, tenda pinjaman dari Mbak Nanung, kita cuss ke Sikunir. kalo ga salah waktu itu mas erwin harus rapat dulu deh sampe malem banget. jadi kita baru berangkat tuh jam 11an dari kosku. nggak terlalu masalah sih, mengingat ternyata wisatawan baru boleh naik ke bukitnya tuh setelah jam 3, dan tidak diizinkan berkemah di atas. jadi semuanya nunggu di basecamp. karena kita sampai di basecamp jam 2, jadi yaaah kita bangun deh ya tendanya. mayan bobok bobok cantik dulu bentar. sedikit bingung ketika akan mendirikan tenda, karena wilayahnya dipisahin antara tempat kemah cewek dan cowok. ga jauh sih. tapi jadi bingung mau diriin tenda dimana. akhirnya kita diriin tenda diantara wilayah tenda cewek dan cowok. hihihihihi *evillaugh. cuman ternyata di tenda aku ga tidur. aku sibuk baca-baca buat persiapan karena hari senin kalo ga selasa nya mau ujiaaaaan. omg! setelah sholat subuh, baru deh kita capcus mulai jalan. dan ternyata sikunir itu rada sempit :P wajar kalo ga boleh diriin tenda di atas. hahahahah. dan itu pun sudah penuh sesak oleh wisatawan yang sibuk selfie *tepokjidat

sunrise nya bro~
"eh kayanya ada mas-mas ganteng berjaket oren lagi sendirian tuh, deketin yuks"
ternyata pas dideketin, mas-masnya galak banget lagi manyun. pfffff.

pemandangan-pemandangan kece yang bisa kelihatan dari puncak sikunir.
kalo yang ini Kawah Sikidang. masih di Dieng, tapi rada jauh sama sikunir. lucu ya, ini gunung berapi lho. yah, yang menurutku bikin unik adalah dia kawah gunung berapi, tapi di sekitarnya masih ada daerah yang lebih tinggi lagi. tapi ga ngerti deh kalo pas meletus jadinya kayak apa.

bunga-bungaan yang bisa kita lihat di daerah sana.


dua foto di atas adalah view yang bisa dilihat dari depan rumah temen mas erwin. kece ga sih?

dandelion di depan rumah temen mas erwin.
  • minggu keempat perkuliahan, tepatnya tanggal 3-4 April 2015, aku ngeluyur lagi (LAGI!!! sampe bingung juga saya ini sebenernya mahasiswa apa sih :D). perjalanan kali ini ditujukan untuk menemani bili yang mengundang mas bambang untuk main ke purwokerto.  siapa itu mas bambang? dia adalah penjual outdoor gear yang beberapa waktu sebelumnya sudah kita beli tenda dari dia. trus entah gimana ceritanya, pokoknya mas bambang main ke purwokerto. yaudah, aku sama mas erwin bagian nyari mobil sewaan (sekaligus mas erwin juga jadi sopir kita, wkwkwkwk), bili bagian ngurus perbekalan makanan kita. tak lupa bung heidi juga ikut perjalanan kita kali ini looh. jadi total ada 7 orang, aku, mas erwin, heidi, bili, adit, mas bambang, dan mas sugeng (teman mas bambang).
kayanya cuma di Prau aku bisa dapet sunrise di puncak. hahahah.

aku putih banget ya di sini... emang, kekuatan aplikasi photo editing emang ga pernah salah *evillaugh
btw, we miss you Bu Ayu.. sayang niih ga ikutan. pffff.

punten, ini di puncak gunung apa di alun-alun ya? rame bener.

full team.

mas-mas ganteng bersandal jepit.
asalnya ga pake kaos kaki tuuuh. cuman di jalur baliknya kan kita ngga lewat jalur semula. mesti ngelewatin semak belukar dulu, kupikir akan lebih aman kalo pake kaos kaki, daripada kena kaki langsung.

Bu Heidi dan Om Bambang

Bu Fita dan Om Erwin *eh

jalur pulang yang landai banget, tapi jalurnya panjang. wkwkwk.
  • what i love from this block adalah bervariasi-banget-nya tipe tipe dosen yang ngajar. hihihihi. mulai dari dosen yang engga ngasih slide kuliahnya, dosen yang ngajar tanpa slide, dosen yang udah sepuh banget tapi masih ngajar (beliau adalah seorang dokter mata yang meskipun sudah sepuh tapi soooo lovely, i love him!!! berasa kayak kakek sendiriii. uwuwuwuuw), dosen yang kalo ngajar ngomongnya cepet banget tapi itu karena apa yang ada di otaknya juga begitu banyak untuk ditumpahkan ke kita semua (gatau sih ya, saya berhasil dapet tumpahannya seberapa banyak, maklumlah, kapasitas otak saya beda jauh :'( ), dosen yang bener-bener memastikan kalau semua materi yang harus diajarkan bener-bener diberikan oleh tim dosennya (lovely!), sampai dosen yang kalo udah masuk ruangan artinya tidak ada lagi mahasiswa yang boleh masuk (sempet bikin saya lari terbirit-birit menuju kelas gara-garanya tiba-tiba mobil dosennya melintas di sebelah saya, hahahahha). 
  • pas osce stase mata, kita disuruh melakukan pemeriksaan visus mata dan segmen anterior mata, yang menggunakan penlight (itu lhoo, yang bentuknya kayak pulpen tapi ternyata senter). berhubung di ruangan sudah disediakan penlight, ya aku pakai itu aja. trus pas baru mau masuk ke pemeriksaan segmen anterior, aku cetekin penlightnya, lalu.... tadaaaa... penlightnya mencelat dari tanganku *tepokjidat. itu kayanya ulir sambungan di penlightnya ga keputer rapet deh. sepersekian detik aku cuma bisa bengong ngelihatin penlightnya dan lalu tatapanku beralih ke mbak-mbak probandus yang ternyata menyimpan tawa di wajahnya. haiyah! trus ga lama, pikiranku sadar lagi kalo sekarang aku lagi ujian dan berbatas waktu dan sekarang aku ga punya penlight buat ujiaaaaan!!! omg! pikiran berputar cepat dan untung aku inget udah ngantongin penlight di saku jas panum :'))) special thanks to mas erwin yang udah ngebeliin penlight ituuh!!!
  • agak cemas sama OSCE blok ini nih, karena di stase saraf aku ngeloyor pergi begitu saja meninggalkan ruangan. aku ga niat buat ga sopan pergi ngeloyor gituuu. tapi waktu itu aku kaget karena tiba-tiba ada mbak yang ngurus ujian masuk ke ruanganku dan bilang kalo waktuku sudah habis, sementara banyak yang belum aku lakuin. huhuhu :'(
  • well blok ini ditutup dengan trip ke Mt. Lawu dalam rangka pendakian wajib calon anggota Osi. yah nanti kalo tidak males, aku akan bikin postingan terpisahnya. heheheheh.
kabut bangeeeeet. gabisa foto-foto disini. wkwkwk.
btw suka banget sama warna rain coatku. hahahah.

Remed: tidak ada. entahlah, mungkin ini keberuntungan yang sangat. lihat aja kegiatan selama kuliah isinya ngeluyur mulu. hahahhaha. apalagi karena SOCA untuk blok NSS kali ini ditiadakan. woohoooo~
Hasil akhir: B4 (3,4)
Keterangan: lulus bloook. alhamdulillah ya Allah 10 sksku terselamatkaaaaan!


Blok: MH (Mental Health) 
SKS: 2
Kegiatan selama blok:
  • ini dia blok yang aku bilang sebelas duabelas abstraknya sama blok NSS, blok tentang kejiwaan. aaaand it's true!!! setiap PBL, aku salah terus menduga diagnosis :( soalnya emang setiap diagnosis pada mirip-mirip semua gitu kalo kata aku. ada mania, ada depresi, ada bipolar fase mania atau fase depresi, yaa kan mirip mirip gitu ya.
  • OSCE blok ini kita bakal dihadapkan lagi dengan probandus-probandus anak teater di luar FK. kebayang dong anak teater gimana aktingnya? takut kalo dapet kasus mania soalnya kasus ini tuh  penderitanya bertingkah luar biasa hebohnya, dandan luar biasa menornya, berbicara luar biasa cerewetnya. belum lagi kalo mania ditambah gejala psikotik. psikotik itu penderitanya kayak melihat hal-hal yang sebenernya gaada. contoh manik dengan psikotik nih ya penderitanya merasa dirinya adalah artis, dan dia "melihat" di sekelilingnya ada fansnya lagi rame memanggil-manggil. wah udah deh, pokoknya ngerasa ga sanggup kalo dapet mania dengan psikotik. takut ga bisa nahan ketawa cooooy, kan aku orangnya gampang ketawaaa. takut kalo malah aku yang bingung gabisa ngontrol probandusnya. takut juga kalo kenal sama probandusnya. hahahahah. kalo ketawa waktu OSCE, ga lulus. kalo aku ga bisa ngontrol probandusnya, ga bisa dapet info buat status mentalnya, sementara ini kan berbatas waktu, bisa ga lulus juga. kalo kenal probandusnya, takut malah ga konsen *tepokjidat. tapi alhamdulillah waktu OSCE probandusnya ga aku kenal dan ga aneh-aneh kasusnya. cukup depresi dengan gejala psikotik saja. hehehehe. tapi heidi tuh yang dapet probandus anak GC -_-
  • blok MH ditutup dengan kegiatan Latgab PTBMMKI wilayah 3, dimana Osipital menjadi tuan rumah tahun ini. di akhir blok ini ada libur karena kenaikan isa almasih di hari kamis tanggal 14 mei. trus jumat ada remed utu, tapi alhamdulillahnya aku ga kena. sebenernya bisa mudik niiih. mayan 4 harian di rumah. sayangnya ada tugas negara sudah menanti. hiks. tapi tidak apa-apa. banyak banget hal terjadi dalam persiapan kegiatan ini. and to be honest, it's quiet frustrating. but life must go on. pfffff.

    peserta harus berjalan kaki dari curug bayan sampai ke basecamp di mamake. hihihihi. 




    sukak banget sama warna carrier yang biru muda iniiii. uwuwuwuwu.


    mas azzam dan mas cahya.

    peserta latgab plus panitia (beberapa, karena aku tidak ada, huft) plus rekan kerja kita anak-anak MPPA Carya Bhuana dari Fakultas Pertanian Unsoed. terima kasih atas kerja sama, dan kontribusinyaaaa. *hugs
    special thanks to MPPA Carya Bhuana karena udah ngebantuin kita banget banget banget, berbagi ilmu ke kita juga. dan makasih banget juga atas "ke-hectic-an" yang kalian timbulkaaaaan!!!! hahahahahah. ini bakal jadi kenangan yang kampret banget. semoga kerja sama antara kita bisa makin baik lagi ke depannya yaaah. pokoknya kalian kece banget *hmuah!
    oh iyaa, special thanks juga buat mas gogon yang udah ngebantuin dokumentasi di akhir acara karena baterai kamera kita semua habis. hahahahah
    ooh, tidak lupa special thanks banget buat mas pacet (aku gatau nama aslinya siapa) yang udah tukeran carrier sama akyuuu. aku jadi tidak harus bawa carrierku yang berat, dan tinggal bawa daypack mininya mas pacet. eh tapi jangan salah, biarpun mini tapi isinya komplit coooy. perlengkapan berteduh, membuat api, makan dan minum, segalanyaah.
    tapi meskipun cuma bawa daypack mini mas pacet, kayanya kondisi badan lagi ga oke deh. pffff. untung selanjut-selanjutnya bisa lancar.

    tumbenan nih saya lagi strong. bawa tenda juga niii. tumben banget lah pokoknya. yah jalanan juga turunan sih, ga nanjak. hahahhah.

    i like this one.

    Bu Heidi lagi dangdutan buat ngehibur kita semua *eeh

    pak dayat dan om siswo

Remed: tidak adaaaaaaaa
Hasil akhir: B7 (3,7)
Keterangan: lulus blok. yeaaay.


Blok: ECCE 2
SKS: 4
Kegiatan selama blok:
  • ini diaaa blok yang cukup kutunggu-tunggu. di blok ini kita akan belajar tentang kegawatdaruratan medis. kayanya sih gara-gara aku keseringan nonton Grey's Anatomy, makanya jadi tertarik dengan yang gawat-gawat gini. hahahah. dan menyenangkannya lagi, dasar dari materi yang diberikan blok ini sudah aku dapetin sejak jauh-jauh hari dari Osi. asik dong, gausah susah-susah belajar dari awal banget *evillaugh. dan materi yang biasanya dijadiin bahan sharing sama mapala-mapala lain itu yaa ini.. di blok ini adanya.. mayan laah, udah latihan osce dari dulu :P
  • di blok ini juga selalu diadakan simulasi kegawatdaruratan medis. ada yang simulasi kelas besar, ada yang simulasi "outdoor". simulasi kelas besarnya sebenernya sama kayak tahun lalu sih (aku lihat videonya), tapi ngelihat langsung jelas lebih menarik. ceritanya ada korban kecelakaan lalu lintas masuk IGD. ada trauma kepala, ada tension pneumothoraks (adanya udara di ruang selaput paru, dan ini merupakan kegawatdaruratan medis karena udara yang masuk ke ruang selaput paru itu ga bisa keluar secara spontan. tatalaksannya "dibikin lubang" di dada yang menghubungkan udara luar dengan ruang selaput paru itu. biar udaranya bisa keluar), trus mau pasang kateter urin (karena curiga ada luka di saluran urin, jadi pasangnya kateter suprapubik, yah intinya jarum yang nyambung dengan semacam selang gitu ditusukkan di area kandung kemih, jadi lewat perut bagian bawah (aduh, aku sudah mulai lupa istilah-istilah medis coy.. daritadi mau nulis ini itu tapi kudu mikir keras dulu)), dan lain-lain tindakan lainnya. simulasi ini pake probandus yang didandani dengan darah-darahan, plus ada alat-alat medisnya juga loh, termasuk bed.
  • sementara itu, simulasi "outdoor" ini ga outdoor sebenernya. cuman karena tahun-tahun lalu dia dilakuinnya di outdoor, makanya aku bilangnya ini outdoor. hahahah. tahun ini simulasi diadain di lantai dua gedung dekanat fakultas kedokteran unsoed (lihat kan kenapa aku bilang ini ga outdoor?). kita dibagi jadi 4 gelombang. masing-masing mahasiswa di tiap gelombang punya perannya masing-masing. ada yang jadi tim triase (ituu yang bagi-bagi label merah kuning hijau sesuai dengan keadaan pasien), tim transport, tim dokter lapangan, tim dokter rumah sakit. dan aku kebagian jadi tim triase. tidak terlalu sulit sebenernya, cuman simulasinya kurang jelas menurutku, dan aku juga bingung waktu ngadepin korban mesti ngapain :'''( yang jadi tim transport ada yang pake tandu (transport dari tkp ke rumah sakit lapangan) dan ada yang pake kasur yang ada rodanya (transport buat ke rumah sakit). yang tim transport rumah sakit mah enak tinggal dorong. lah tim transport yang pake tandu? mana ada gelombang yang kebagian korban yang ukurannya "ekstra", sementara tim transport yang pake tandu ukurannya kecil-kecil (badan anggota timnya yang kecil, bukan tandunya yang kecil). ga kebayang gimana effortnya tuh. wkwkwkwk. dan anyway, simulasi tahun ini menurut kita kurang jos, karena agak ga jelas dan indoor. tahun lalu bener-bener heboh coy. ada ambulan dan pick up juga tuh buat transportasi. korban-korban bergeletakan di jalanan kampus. kelihatan seru lah pokoknya.
ini anggota simulasi gelombang B

ini kalangan NIM 40an

  • berasa nggak sih kalo di blok ini kelihatannya aku baru bener-bener kuliah? hahahahaha. anyway, ujian osce blok ini ada stase BLS (basic life support; yang ABC itu tuuh) sama pasang ET (endotracheal tube). i was super excited buat pasang pasang ET ini waktu skill lab. trus waktu kita make laringoskopnya juga (itu tuuh, semacam tuas pengungkit yang digambar ini gagangnya warna oren; kalo ET itu sendiri sih sebenernya semacam selang, lebih jelas kelihatan di gambar kedua). dan ternyata ga gampang buat masang ET. yah setidaknya itu yang aku rasain waktu pertama kali coba pasang. seriusan aku udah usaha mati-matian mengerahkan seluruh tenaga buat mengangkat tuas laringoskop dan memasukkan ET ke saluran yang benar (lihat di gambar kedua ada 2 saluran kan? yang depan, tempat masuknya ET, itu trakhea atau tenggorokan. yang belakang itu esofagus atau kerongkongan alias saluran makan; salah masuk bisa-bisa yang kedengeran entar suara kumur-kumur di lambung, padahal kan tujuan pasang ET ini buat masukin udara ke paru-paru; cara ngecek apakah ET sudah masuk ke saluran yang benar atau belum adalah didengerin pake stetoskop yang ditempelin ke dada dan area lambung, di manekin juga bisa loh kedengeran suara napasnya pake stetoskop). di awal-awal coba, ET ku selalu masuk kerongkongan. buset, tenaga sampe abis saking sulitnya ngepasin supaya ET masuk ke jalan yang benar. tapi trus di salah satu percobaan, percobaan yang aku tidak terlalu berusaha keras, smooth saja, ternyata ETnya berhasil masuk ke trakhea. yeaaaaay!!! alhamdulillah waktu ujian OSCE, hanya sekali coba, ETku langsung masuk ke jalan yang benar!!! kuncinya smooth saja. hehehehhehe. semoga kalo pasang ET ke manusia langsung juga bisa lancar kayak gini, amiiiin! ga kebayang kalo itu ga masuk-masuk, mungkin aku bakal panik di dalam ruangan. kan ujiannya cuma 10 menit. dan temen-temenku juga ada aja yang mesti ngulang pasang ET gara-gara ga masuk-masuk. fiuh!!

sumber: ett.jpg
  • ujian SOCA aku dapat kasus sindroma HELLP (hemolytic, elevated liver enzyme, low platelet count) yang bisa terjadi pada ibu hamil. rumit coooy patomekanisme nya a.k.a proses terjadinya. yah banyak yang harus dijelaskan, gitu.
Remed: CBT. nilainya merepet dikit 53,30. pffff. tapi padahal aku agak-agak khawatir sama SOCA nya. hmmm.
Hasil akhir: E. Tapi setelah ikut ujian khusus, alhamdulillah nilainya jadi B5 (3,5).
Keterangan: belum lulus blok. swt lah. padahal di blok ini aku mulai bener-bener kayak anak kuliahan, malah ga lulus koh. maksudnya apa inih?!? hih!!! ga lulusnya gara-gara CBTnya itu. remednya ga berhasil.


Blok: MRP 2 
SKS: 4
Kegiatan selama blok:
  • ini blok ngomong apaaaa? aku kok ga ngerti apa-apaaaa?!?!? hahahaha. well, yang bikin ga ngertinya di bagian teori tentang statistiknya nih. aku kaget ternyata statistika bisa sebegitu njelimetnya. dulu yang kutau cuman ngitung mean, median, modus. hahahhaa. paling banter palingan ngitung standard deviation lah. sumpah itu aku ujian tulis cuma berbekal ngapalin rumus, sambil ngertiin arti simbol-simbol yang dipake di rumusnya. alhamdulillah ga remed meski dengan nilai mepet buanget.
Remed: tidak adaaaa. yeaaay.
Hasil akhir: B4 (3,4)
Keterangan: lulus blok. alhamdulillah, ya Allah. padahal ga ngerti apa-apa waktu kuliahnya. 


Blok: BHL 5
SKS: 1
Kegiatan selama blok:
  • nonton film My Sister's Keeper. well, menonton film biasanya dimasukkan ke dal am kegiatan kuliah di blok BHL. dan kegiatannya benar-benar menonton film. ga ada tugas tambahan macam membuat ringkasan film kek, ilmu yang dapat dipetik kek, gaada. well kecuali diskusi kecil di akhir film. amazing. cuman sebenernya aku udah pernah nonton film ini sih. tapi entah kenapa kayanya malah lebih kebawa emosinya nonton kali ini deh daripada yang lalu -_- dari awal film muka udah panas, mau keluar air mata (sudah keluar sih, tapi ga sampe mengalir karena keburu kuhapus dengan gerakan tersamar *asik).
  • nilai ujian tulis paling tinggi seumur-umur aku kuliaaaaah!!! 86,70. yeaaaay. maklum ya kalo rada norak dapet nilai bagus gini. jarang banget soalnya :')
Remed: tidak adaaa. yeaaaay.
Hasil akhir: A (4)
Keterangan: lulus blok. horeee. dan dapet A!!! omg! ini mengharukan banget buatku. seumur-umur kuliah ga pernah dapet A. finally ada juga huruf A yang nangkring di daftar nilaiku.


IP: 3,6 (revised)
IPK: 3,27 (revised)

Komentar