catatan perjalanan purwokerto-pemalang-purwokerto 22-23 februari 2014 (updated)

  • Jumat malem, lagi enak-enak nonton film di laptop, tiba-tiba datang lah "surat tugas" itu dari mas hakim. Yup, kami, saya dan ayu akan pergi ke pemalang, dengan dijanjiin bakal dibantuin packing obat sebelum kita berangkat besok paginya.
  • Sejujurnya aku nggak begitu tau bencana apa yg sedang terjadi di sana. Kupikir masih banjir yang terjadi di sana. Tapi itu juga sudah agak lama. Eh, ternyata longsor. Kalo menurut temen-temen, longsor kali ini emang kurang pemberitaan. Kalah heboh sama kelud gitu.
  • Sementara mas hakim berusaha mencari pria-pria lain untuk menemani aku dan ayu, heidi membantu kami dalam urusan sms masnya. Kontak kami kali ini adalah Mas Henrikus. Janjian ketemu di depan auditorium unsoed jam 11 siang.
  • Sabtu pagi jam 7, setelah packing barang pribadi, berangkatlah aku dan ayu ke sekre. Rupanya sudah ada Mas Danan yang bongkar-bongkar lemari obat. Dan Mas Danan bakal ikut kita. Yeay!!
  • Siapin obat segala macem dari lemari Osipital dan kotak obat dari TBM, dikasih tau dosis obat segala macem oleh Mas Ijal dan Mas Hakim.
  • Trus datanglah Mas Ageng yang ternyata berhasil dicuci otak diajak oleh Mas Hakim untuk ikut menemani kami. Yeay!!!
  • Jam setengah 10 aku, ayu, Mas Danan dan Mas Ageng akhirnya berangkat menuju titik pertemuan. 
  • Apa daya, ternyata hujan turun dengan derasnya sebelum kami sempat sampai di depan auditorium unsoed -_- berhubung kita nepinya di depan UHC, nanggung banget dikit lagi jalan udah sampe sekre UPL, yaudah, kita semua lari deh ke UPL. untung di sekre ada orang :D alhamdulilah dapet teh panas (tapi tetep ga ada yang bisa ngalahin enaknya teh yg dikasi Mas Erwin waktu di biyunge waktu mau diksar kemarin. Entah itu bikin sendiri atau gimana, yg jelas manisnya pas banget. Ini seriusan lho. Bukan modus! Catet!)
  • Di UPL, kita dijemput sama Mas Qiyu.
  • Trus datanglah Mas Boma.
  • Setelah hujan reda, kita semua capcus ke sekre bhincer.
  • Di sana disambut oleh, well, aku lupa siapa aja. Haha. Di sana kita ngobrol-ngobrol dikit. Dan aku sekarang baru percaya kalo anak-anak fisip itu idealisme nya tinggi. Hahaha. Bukannya itu jelek. Itu bagus kok. Seriusan. Cuma kaget aja dari mereka bisa keluar berbagai macam pemikiran yang di aku sendiri ga kepikiran. Hehehe. Dan mereka membaca!!! Kereeen!! Kalo ini ga cuma anak fisip yang di bhincer sih. Hehe. Tapi aku aja masih susah kalo disuruh baca :(
  • Jam setengah 1 akhirnya kami semua berangkat. 5 motor. Aku-mas ageng, ayu-mas boma, mas danan-mas dida, mas qiyu-mbak fifi, dan mas henrikus-mas agam.
  • Belum setengah perjalanan, ternyata ban belakang motor yang aku dan mas ageng kendarai pecah waktu kita sedang melaju kencang. Beeh, langsung ngepot-ngepot dah tuh kita.. untung mas ageng jago ngendaliinnya.. atau mungkin kita cuma beruntung? Entahlah. Yang jelas aku bersyukur kita engga kenapa-kenapa. Haahahaha. Yang lebih untung lagi di lokasi ban pecah kita, ada tambal ban. Jadi ngga usah bingung-bingung lagi~
  • Perjalanan kita didominasi oleh rintik hujan. Dan aku rada ngeri juga ketika kami semua ngebut. Hhhh.. yaampun. Jalanannya juga ga selamanya mulus. Ada bagian naik turun, belok-belok, atau bahkan batu-batu. Sumpah deh, nyong dibonceng mas ageng kerjaannya terpantul-pantul terus di motor setiap kita ngelewatin jalanan yang ga rata.
  • Jam setengah 5an kita semua sampai di pos induk di desa cikadu kecamatan watukumpul. Ketemu dengan beberapa orang yang sepertinya perangkat desa. Ketemu juga dengan temen-temen dari unsoed yang udah duluan stay di sana, ada Mas Risqi, Mas Idrus, Mas Egi.
  • Setelah salam-salaman, kita makan. Enak nih pake sarden. Aku aja ga pernah makan sarden di kosan -_-
  • Trus kita semua disambut oleh pertengkaran dari orang setempat yang mengaku koordinator dari pos pengungsian. Aku kaget banget nih. Waktu itu ada mas-mas yang sedang ngasi kita semacam pengarahan tentang kondisi di sana, trus tau-tau datanglah mas-mas lainnya, trus nggak lama, mas-mas yang pertama tiba-tiba teriak ke mas yang kedua, and the next thing i know they're fighting each other. Langsung deh nyong kabur menjauh.
  • Hari semakin gelap dan dingin, lalu mas agam datang dengan sebotol minuman jahe hangat buat kita semua. Asiiik, beberapa teguk surga~
  • Trus mati lampu :)
  • Setelah lampu nyala, kita diajak lihat-lihat ke Pustu. Tadinya emang cuma mau lihat-lihat, tapi trus kita "diserbu" warga yang minta diperiksa. Aku nggak masalah sebenernya. Cuman ngerasa rada ganjil aja. Sepertinya mereka nggak papa kok. aku tanya ada pusing ga, mereka iya iya aja. Aku tanya ada batuk ga, iya-iya juga. Cuman pas di TKP, yang sedang batuk tuh ga ada. Ayu juga ngerasa gitu. Ya tapi nggak semuanya gitu sih.
  • Trus kita ke masjid setempat. Bicarain hal-hal buat besoknya. Kita sepakat buat bagi 3 kelompok, pergi ke masing-masing desa, lihat keadaan di sana. Aku, Mas Danan, Mas Henrik, Mas Agam ke desa Cawet. Mas ageng, mas egi, mas risqi ke desa Kalilingsing. Ayu, mas boma, mas idrus, mas qiyu, mbak fifi ke desa Siranti.
  • Jam setengah 11an kita semua balik ke pos induk. Nonton tv. Trus beberapa orang angkutin logistik ke rumah masing-masing.
  • Trus tidur. Udaranya dingin banget. Jaket basah gara-gara keujanan. Untung selalu bisa mengandalkan pdl kalo di saat-saat seperti ini. Haha.
  • minggunya, seperti yang sudah kita sepakati, kita berpencar.
  • Kalo kata mas agam, desa yang bakal kita datangi ini desa paling jauh di sana. Hmm well, ternyata nggak sejauh yang aku bayangin kok. Ternyata masih jauhan Siranti berkali-kaliiii.
  • Kan berhubung di Cawet posko pengungsian udah ga ada, kelompokku turun ke Jojogan, di sana juga cuma bantu nensi karena sudah ada bu bidan yang jaga di pos kesehatan Jojogan. Trus kita capcus ke Kalilingseng, kali aja ada yang bisa dibantu. Eh ternyata mas ageng dkk juga udah mau turun. Yasyudah, kita akhirnya nyoba ke Siranti karena yang disana belum turun. Ternyata medannya, hmmm, luar biasa banget!! Haha. Motor inyong overheat maning sampe berasap dan bau gosong -_- Udah ketar-ketir banget ni motor bakal mati kayak di tragedi Menganti. Mana sebelumnya kami juga ngisi bensin di penjual bensin eceran, secara ga ada SPBU yaa. Haduh, bikin deja vu banget lah sama tragedi menganti. Aku udah lemes banget dah pokoknya. Muka udah ga bisa diatur -_- tapi untungnya ga sampe mati. Hahahaha. Pas berasep kita semua berhenti bentar, trus sama mas henrik, knalpot motor disiram dikit-dikit pake pake genangan air. 
  • Dan karena medan yang susah juga akhirnya mas henrik juga yang bawa motorku. Aku jalan kaki sama mas danan. Hahahahaha.
  • Belum juga kita semua sampai di Siranti, ternyata ayu dkk sudah turun, dan kita bertemu di tengah jalan. Menurut mereka di Siranti sudah ada obat-obatan yang cukup lengkap, tapi tenaga kesehatan yang ga ada. Karena bidan juga datang cuma 3 hari sekali.
  • Trus kita semua kembali ke pos induk. Ga nerusin ke Siranti.
  • Bantuan dari purwokerto yang rencananya bakal dateng sore itu juga akhirnya ga jadi dateng. Kalo ga salah karena masalah transportasi.
  • Ga lama, kita semua akhirnya bantu-bantu di gudang logistik. Well, yang cowok-cowok sih yang bantu-bantu. Aku ayu mbak fifi cuma duduk aja. Abisnya mau bantu nata kardus2 mi instan juga ga berani. Orang mereka mainnya lempar-lemparan. Kalo aku mah pasti sibuk menghindari lemparan kardus, ga bakal aku tangkep kardusnya. Haha.
  • Di sana ternyata ada bapak-bapak asik rogoh-rogoh kantung baju-baju sumbangan. Apakah gerangan yang beliau cari? Menurut mas Qiyu, beliau melakukan itu dengan berharap dapat menemukan uang seperti yang dialami bapak-bapak lainnya sebelum beliau. Wtf. Omfg.
  • Sudah jam 3, kita semua balik ke pos induk karena gudang logistik juga sudah selesai ditata. Terima kasih pada semua yang sudah menatanya :)
  • Jam 5 kita semua mulai balik. Alhamdulillah ga ujaaaan!!
  • Tapi gantian ban motor mas qiyu sm mbak fifi yang bocor. Nyah! Untung lokasinya pas (lagi!) di depan bengkel.
  • trus kita semua udah jauh banget, sampe di perempatan yang mau keluar pemalang, ternyata yang lain pada nepi dulu. nungguin 2 motor paling belakang yang ga ada kabar. motor mas qiyu-mbak fifi dan motor mas agam-mas henrik. ternyata giliran motor mas agam-henrik yang bocor bannya -_- setelah semuanya ngumpul, kita semua langsung capcus deh lanjutin perjalanan.
  • sampe di sekre bhinneka ceria jam 8 malem. di sana ternyata udah banyak orang yang ngumpul ngebicarain tentang bantuan buat pemalang. sementara mukaku udah ga bisa diatur. ketawa cuma seadanya (yaa meski ga bisa dibilang seadanya juga sih, karena orang-orang disana sering melucu. hehehe. dan aku paling ga tahan sama orang ngelawak :D).
  • setelah ngobrol dikit, kita dari kedokteran pamit pulang. pamitnya sih pulang, tapi jalannya ke tempat makan. haha. seharian belum makan euy. 
yah well, sudah cukup panjang rupanya catatan perjalanan yang aku tulis. nggak penting juga sih. cuma sebagai pengingat. banyak hal-hal baru yang aku temui seperti hal simpel seperti memberi bantuan ke korban bencana aja ternyata bisa jadi rumit karena situasi politik yang memang sedang nggak bagus dan mindset orang-orang yang, yaaah, "begitu". dan benar kalau ada orang yang bilang semua butuh manajemen, termasuk bencana. karena yang kemarin aku lihat adalah, yaa, bencana, ditambah dengan manajemen yang kurang baik. tidak ada yang benar-benar berperan sebagai pemimpin yang menyatukan segalanya. yang ada cuma orang-orang yang berlagak memimpin yang maunya menang sendiri. hhhh, capek.

iseng-iseng moto dari boncengan. menuju Desa Cawet. dibonceng mas danan. di depan ada mas agam-mas henrik sebagai tour guide kita pemandu jalan.

uwuwuwu, motor kesayangan lagi dimandiin kembang tujuh rupa didinginin sama mas henrik gara-gara overheat :(((

Komentar