track record selama kuliah #semester3

blok: HI (Hematologi & Imuno)
sks: 5
kegiatan selama kuliah:
  • kalo boleh ngomong, ini blok yang paling aku takuti. mmm hmm, di blok ini kita diajari untuk ambil darah. dan aku nggak berani diambil darahnya. sementara kalo mau latian ambil darah ke temen, risikonya kamu harus mau diambil darahnya juga sama temen kamu. daaan, aku terlalu pengecut untuk melakukannya -_- rasanya nggak mampu banget ngebayangin ada jarum menyusuri lapisan bawah kulitku, berusaha mencari-cari di mana pembuluh darah. pfft. susah.
  • pernah dicoba satu kali buat diambil darah sama mas ijal (seseorang yang nggak usah diragukan lagi kemampuannya). daaaaan, aku nangis. menyedihkan. dan mas ijal nggak berhasil. katanya pembuluh darahku terlalu kecil.
  • aku hutang budi banget ini sama anak-anak fisip unsoed dan mas adit yang udah jadi mangsaku. buat mas erwin yang udah jadi mangsa pertamaku yang suksesss banget ketika aku udah hampir nyerah buat nyoba. berkat kalian, aku berhasil waktu ujian patologi klinik yang salah satu tugasnya adalah sampling darah. sinih, peluk ciyum buat kalian semuah~
  • tapi ujian patologi klinis ini juga bukan hal yang mudah buat pasanganku (orang yang kebetulan harus sampling darahku) yaitu Ismail. dua kali tusuk, satu di kanan, satu di kiri, dan di pembuluh yang paling pinggir yang paling besar yang paling jelas terlihat yang konon katanya pembuluh yang paling sakit kalau disuntik. cuman sayangnya Ismail ga berhasil ambil darahku. udah hampir nusuk untuk yang ketiga kalinya kalo aja dosen pengawas ujian mencegah Ismail melakukannya. bukannya apa-apa, tapi nyong udah kliyeng-kliyeng mau pingsan. alhamdulillah ga sampe pingsan :D kalo pingsan, ga ngerti lagi deh siapa yang mau ngerjain ujian ane. hahaha.
  • oh anyway, kuliahnya HI itu susah. seriusan. materinya padat banget. dan detailnya ampun-ampunan. tobat -_-
  • ujian injeksi IM, IV, SC, sama satu lagi aku lupa injeksi apa, suksesss..
remidi: yang jelas SOCA remidi. aku nggak begitu ingat yang lainnya. hehehe.
nilai akhir: B
keterangan: lulus blok.


blok: ENMET (Endokrinologi dan Metabolisme)
sks: 4
kegiatan selama kuliah:
  • weekend pertama, aku, heidi, bili, ayu ke Solo lagi buat minta maaf secara langsung ke Mas Tata karena udah ngilangin STNKnya. well, tapi ternyata, setelahnya kita tau kalo STNK mas tata cuma keselip di dompet bili. cuman dalam proses kita mengembalikannya via JNE, sampe sekarang STNKnya belum sampai :( sekarang sedang kita coba buat ditarik aja STNK nya dari JNE. masih dalam proses. dan mas tata nagih STNKnya ke aku, dan aku ga berani ngomong ke mas tata tentang yang sebenernya sedang terjadi. i think i'm gonna go get someone else to talk to him about his STNK. iya, aku pengecut :( 
  • ujian resep yang digabung sama ujian gizi dalam 7 menit. jadi dalam 7 menit itu kita diharuskan mengerjakan soal berupa menulis resep sesuai dengan format dan menulis catatan diet buat pasien diabetes. dalam waktu yang singkat itu, entah kenapa tanganku tiba-tiba "kaku". haha. bingung mau nulis apa di lembar jawaban. tapi akhirnya aku fokusin buat ngerjain resep. sayangnya, begitu resep selesai, udah ga ada waktu lagi buat ngerjain gizi. aku cuma sempet nulis nama dan NIM. yeilah. tapi lumayan laah, resep dapet 90, gizi dapet 12,5. yang lucu, ada temen yang ngerjain gizi dengan sangat lengkap, tapi nilainya 0.. entahlah, tapi mungkin lembar jawaban dia hilang. hehehe.
  • ujian OSCE lulus alhamdulillah, meski rada koplak juga waktu ngerjain -_-
remidi: SOCA
nilai akhir: B
keterangan: nggak nyangka banget bisa lulus blok :")


blok: DMS (Dermatomuskuloskeletal)
sks: 8
kegiatan selama kuliah:
  • pagi hari pertama kuliah di blok ini adalah hari yang menarik. bener-bener langsung dijelasin penyakit kulit yang bermacam-macam sekali dari A sampai Z. dan tadaaaa siangnya langsung mabuk kuliah saking banyaknya penyakit kulit. pffft. bener-bener banyak karena penyakit kulit itu sering dijumpai di masyarakat, dan kebanyakan penyakit kulit adalah kompetensi dokter umum, jadi idealnya dokter umum harus bisa menguasai macem-macem penyakit itu. pffft.
  • di blok ini, PIC 1 kita bikin inovasi, berupa membuat peraturan baru "mahasiswa dengan nilai UTU kurang dari 50 tidak bisa mengikuti remidi". beliau menganggap kalau selama ini mahasiswa mengerjakan UTU seperti mengerjakan try out, bukan ujian sesungguhnya. sudah begitu, ternyata soal UTU 1 mayoritas beliau yang bikin. dan tadaaaaa... i'm speechless. kamu ga akan sanggup ngebayangin soal-soalnya kayak apa -_- PIC 3 aja bilang kalo soal-soalnya "gila". yaudah, selama mengerjakan UTU 1 aku cuma bisa berharap semoga nilainya cukup buat ikut remidi :(
  • pengumuman UTU 1 ternyata menunjukkan kalo nilaiku "cuma" 38. well, oke, kupikir, aku akan berusaha supaya UTU selanjutnya nggak remidi bisa bisa ngecover UTU 1 ini. itu aja. dan banyak baaangeeeeeeeeeet yang nilainya dibawah 56 (nilai standar kelulusan)
  • lalu ada pengumuman UTU 1 yang kedua. ada revisi kunci jawaban, jadi dilakukan koreksi ulang. dan nilai batas untuk tidak bisa mengikuti remidi diturunkan menjadi 40. koreksi ulang memberi 4 poin tambahan untukku dan beberapa teman (ada juga yang jadi turun nilainya katanya) yang mana membuat nilai akhir UTU 1 ku jadi 42!!! yeay!!! oke, alhamdulillah waktu itu aku dapet 38 yatuhan. seenggaknya jadi bisa ikut remidi. hehhehehehe.
  • alhamdulillah UTU 2 dan 3 bisa berjalan sesuai harapan :)
  • masalah UTU udah beres, ternyata datang masalah lainnya. aku ketiduran waktu jamnya remidi ident parasitologi, waktu aku seharusnya mengikuti remidi itu. oh damn! waktu itu aku cuma tiduran di kasur kosan, ga ngerasa ngantuk sama sekali. trus hal selanjutnya yang aku tau, jam dinding menunjukkan kalo udah jam 13.30. sementara remidi parasitologi mulai jam 13.00. aduh fak banget. langsung aja aku ke lab, dengan berusaha tetap tenang. di depan lab, temen-temen yang mau remidi masih baris. aku bingung antara langsung masuk ke barisan atau ijin dulu ke mbak-mbak laboran. tapi akhirnya ngomong ke mbak-mbak laboran, bilang kalo aku telat. sama mbaknya aku disuruh ngadep dosen, sama dosennya aku disuruh pulang aja, ga boleh ikut remed. sama anak-anak, yang tau kejadian itu, aku disuruh ngadep lagi ke dosen, minta remidi susulan, minta soalnya diubah, atau minta tugas tambahan kalo perlu, karena dulu juga temen seangkatanku pernah ada yang punya kasus sama, dan dia bisa dapet remidi susulan. tapi sayangnya, dosenku tetep kekeuh sama keputusannya :( trus di depan lab, selain ditemenin heidi, bili, dan anak-anak lain, datanglah mas cahya yang ternyata sedang mau ngadep pak dayat. begitu denger cerita ngenesku, mas cahya langsung telpon temennya nanyain kira-kira kasus kayak gini bisa ditembus lewat mana. ikut mikirin juga siapa yang harus aku hubungi buat ngebuka kesempatan buat remed susulan. so sweet banget ni abang-abang yang satu ini :) yaah, meski pada akhirnya usaha ini tidak membuahkan hasil apa-apa selain aku jadi punya nomer hp beberapa dosen. hehe. yaudah coba diikhlasin aja, sambil coba nerima kenyataan kalo 8 sks bakal E lagi, tapi ngga bisa diperbaiki lewat SP. kan kalo gagalnya di ujian lab, kita ga bisa ngajuin SP.
  • pengumuman nilai bikin kaget. well, 8 sksku di DMS ini emang ga bisa selamat, tapi ternyata bukan karena parasitologi. yeay!!! bisa ikut SP! yeay!!! barangkali nilai 50 di ujian iden parasitologi yang ga diperbaiki lewat remidi masih cukup waktu diakumulasikan sama nilai proses :)
  • ujian OSCE hecting (jahit), balut dan bidai suksesss..
remidi: UTU 1, SOCA
nilai akhir: E karena ga lulus remed SOCA -_-
keterangan: belum lulus blok.


blok: CHEM 3
sks: 4 (akhirnya sks CHEM cuma 4, ga 8 kayak sebelum-sebelumnya -_-)
kegiatan selama kuliah:
  • praktek lapangan di Puskesmas Sumbang 1. aku seneng banget waktu tiap pagi berangkat ke puskesmasnya, soalnya ada satu jalan yang ke arah barat sementara kanan-kirinya sawah terhampar dengan luasnya, dan aku yang dibonceng sambil duduk miring, bisa dengan bebas ngelihat Slamet berdiri dengan gagahnya. ga ada yang ngehalangin sama sekali buat ngelihat Slamet dari jalan itu. hanya hamparan sawah, lalu sedikit pepohonan, lalu Slamet. luar biasa banget.
  • and oh, it happened again -_- aku ga dateng ke presentasi laporan praktek lapangan karena ketiduran. presentasi harusnya jam 13.00, tapi aku ketiduran dan baru bangun jam 14.30!!! perfect. ga ngerti banget kenapa harus selalu kayak gini. aku langsung telpon Ofi, temen sekelompok praktek lapangan. panik banget, takut kalo ternyata kelompokku yang dapet "keberuntungan" mempresentasikan hasil praktek lapangan. kalo kelompokku "seberuntung itu" kan itu artinya... well, screw me. tapi ya untungnya kelompokku bukan kelompok yang terpilih. dan alhamdulillah juga aku punya temen-temen yang selalu bisa diandelin di saat-saat kayak gini. sinih, peluk cium buat bili, heidi, ayu :*
bareng temen-temen sekelompok praktek lapangan dan dr. Kris dari Puskesmas Sumbang 1.

remidi: aku lupa remed apa aja. hehehehe.
nilai akhir: B
keterangan: lulus blok.


blok: BHL 2 (Bioethic and Health Law 2)
sks: 1
kegiatan selama kuliah:
  • ada tugas art project. jadi kita disuruh bikin catatan harian setelah kita melakukan wawancara ke subjek yang udah ditentukan buat masing-masing kelompok. kebetulan kelompokku dapet subjek pengemis. sayang sekali. padahal aku pengen dapet subjek transgender atau PSK.
  • seperti blok BHL lainnya, BHL 2 hanya berjalan selama 1 minggu. dengan alokasi 6 kuliah aja. dari 6 kali kuliah itu, satu kali aku tinggal ke puskesmas buat presentasi ke dokter puskesmas bareng anak-anak kelompok praktek lapangan (udah absen sih, tapi ketauan juga sama caraka (kayak asisten kelas gitu) kalo kita ga ikut kuliah. pfft. sebenernya disuruh sama caraka buat minta surat ijin ke PIC blok, tapi anak-anak bilang gausah, dan itu mengkhawatirkan). trus besoknya, setelah aku "bolos" itu ternyata aku telat!!! oh my.. tapi telat yang ini rada luar biasa karena absensi yang biasanya ada terus di luar kelas, jadi yang telat-telat masih bisa tanda tangan,  kali ini ditarik lebih cepat. waduh!! dengan kuliah yang cuma 6 kali, bisa dibilang toleransi bolos cuma 1 kuliah. lhaaa berarti ini aku "bolos" 2 kali dong? beuh, bingung banget waktu itu mesti ngapain. trus ada bili yang kondisinya kurang lebih sama kayak aku (sebelumnya udah bolos sekali), mencoba melobi mas-mas caraka, dan dia dibolehin tanda tangan!!! oke, aku coba mengikuti cara dia dengan melobi sambil berada di ambang pintu (soalnya ruangannya kecil -_-), dan tadaaaaaa... gue ngga boleh tanda tangan -_- hmm perasaanku waktu proses ngomong ke caraka itu hampa. seriusan. mencoba memohon, tapi kayaknya ekspresiku kurang melas. kayak yang "yaudah deh terserah". mungkin ini karena kupikir aku tau orang seperti apa yang sedang aku hadapi, dan aku nggak sudi melas-melas ke masnya. waktu mencoba memelas aku juga sekali-sekali melirik temen-temenku diluar yang ikut mendengar percakapanku dan masnya. heidi juga ikutan memohon dengan bilang "ayolah mas, biar temen saya ini aja yang tanda tangan". bili bahkan nyuruh aku buat nangis biar masnya kasihan lalu terketuk hatinya lalu aku boleh tanda tangan. tapi aku nggak bisa, well, aku nggak mau. he's not worth it. and i know some of you may think that my idealism will kill me, but hey, i cannot push myself on this. yaudahlah.. ini berarti ada kemungkinan aku bakal nggak bisa ikut ujian. tapi untungnya itu nggak terjadi. terima kasih tuhan
remidi: sapu bersih euy!!! alhamdulillah kekhawatiranku sebelumnya ga terjadi. hehehehehe~
nilai akhir: B
keterangan: lulus blok.


IP: 2,32
IPK: 2.93

PS: 
i should say i don't regret everything happened and i am very very very grateful to have persons on my back. cc: heidi, bili, ayu, dll. peluk cium buat kalian semua. hmuah hmuah hmuah :*

Komentar