PURWOKERTO

udah hampir 3 minggu aku di purwokerto, dan aku belum nulis apa2 tentang kota ini ya? bener2 sibuk gara2 rangkaian BIOPKMB kemarin dan bla bla bla lainnya. yaudah, sekarang aku tulis aja deh beberapa hal yang bener2 aku perhatiin dari kota ini.

  1. ternyata purwokerto lumayan luas. ke mana2 jadi jauh dan berasa lama.
  2. SEPI! ini yang gue gemesin banget dari purwokerto. bikin sensasi lamanya makin menjadi-jadi. udah gitu, daerah ramenya biasanya cuma keliatan di daerah kampus pusat UNSOED, yang letaknya lumayan jauh dari daerah kampusku dan kosanku. werr.
  3. kalo mau pergi malem, nggak bisa kayak di sidoarjo dulu yang masih bisa pergi abis isya' dan jalan2 dengan tenang, nggak takut diusir dari toko yang kita datengin. mending pergi abis maghrib aja, biar ngga ketir2 takut tokonya tutup. huh. tapi, itupun, cuma beberapa aja yang emang buka sampe jam 9 malem. rata2 jam 8, bahkan jam 7, udah pada tutup.
  4. kalo malem gelap (yaiyalah, mana ada malem terang?). nggak. bukan itu maksudku. jalanan di sini rasanya kurang lampu atau gimana gitu ya, jadi sensasinya gelap banget. jadi ngga berani pake helmku yang kacanya rada gelap. takut nabrak gara2 ngga kelihatan. tapi ini tidak termasuk daerah kosanku lho yang emang gelap ngga ada lampu, lampu cuma dari rumah warga, banyak pohon pisang pula. werr. (iya, aku ngaku, sejak di purwokerto aku emang jadi penakut.)
  5. tidak ada mall besar. semacam siksaan buat orang macam aku yang doyan ngemall, yeah.
  6. kebanyakan gaya berpakaian cewek2 sini biasa aja sih, tapi ada juga yang eye catching. entah karena yang wedgesnya tuwinggi banget, rambutnya yang warna warni (iya, aku tadinya juga warna-warni, tapi sekarang kan udah dicoklatin balik.), atau memang gaya berpakaiannya yang memang agak nggak biasa.
  7. nggak ada McD. bukannya aku fans berat McD sih. tapi rasanya kurang komplit aja kalo nggak ngeliat plang M besar di suatu kota. hehehe.
  8. bahasanya ngapak. cuma kalo ngomong sama anak2 di kampus sih, kebanyakan pakai bahasa Indonesia banget. abisnya beragam banget sih asal mahasiswanya. ntar ada yang ngomong bahasa sunda, yang lainnya pada ngga ngerti. ada yang ngomong bahasa jawa, ada lagi yang ngga ngerti. yaah, cari gampang aja deh pakai bahasa Indonesia. that's wahy, waktu malam inagurasi aku denger mas2 anak ukm futsal fk yang asalnya dari surabaya meso, rasanya jadi inget rumah. dalam artian sekolah dan teman2. kan emak gue kagak pernah meso.
  9. suhu udaranya asik banget. beda sama sidoarjo surabaya. di sini bisa duingin banget kalo pagi (jam 7 juga masih dingin kalo naik motor) sama kalo malem (jam 8 udah mulai dingin nih. salah banget kalo keluar rumah gaya2 ngga pake jaket, kayak yang biasa aku lakuin di sidoarjo karena perkara malam hari udah nggak ada matahari).
  10. kalo mau tinggal agak lama di sini, aku sarankan punya kendaraan sendiri, jangan nggantungin diri ke angkot. nggak bisa banget itu. di sini angkot tuh rasanya kayak barang langka. sekalinya ada, biasanya penuh. jadi bikin males mau naik. trus rutenya juga bikin bingung kalo nggak hafal. seperti angkot kebanyakan, masing2 angkot ditandai dengan abjad sesuai rute. tapi trus sekelah abjad rute itu ada angkanya. 1 atau 2. angka ini menandakan kalau jalan pulang yang di lewati si angkot bakal berbeda antara  angkot angka 1 dan angkot angka 2. contoh (ini gue ngarang abjad dan rutenya lho) angkot F1 dan F2 sama2 ngelewatin Moro. tapi trus angkot F1 putar baliknya ke arah utara, sementara angkot F2 ke arah selatan. trus setelahnya mereka bersatu lagi ngelewatin Moro. kurang lebih semacam itu lah. mendingan taksi sekalian deh daripada salah naik angkot ujung2nya nyasar. taksi di sini itungannya masih lumayan murah rasanya.
mmm ya sudahlah. sekian dulu cerita2nya. nanti di teruskan lagi cerita soal purwokertonya. hari sudah malam dan aku nggak kepengen kejadian hari pertama kuliah terulang lagi.  hehehehe.

Komentar