ikan air tawar

"aku membayangkan kalau Osipital adalah sebuah akuarium yang sangat bagus. dan kalian adalah ikan-ikan laut yang bagus. akuarium yang bagus berisi ikan air laut yang bagus. sementara aku, aku cuma ikan air tawar yang dimasukkan ke akuarium bagus itu (air laut). aku yang cuma ikan air tawar, mencoba beradaptasi di dalam akuarium itu. tapi sayangnya, setiap gerakan yang aku buat (untuk beradaptasi), hanya membuat ekosistem di dalam akuarium itu rusak dan semakin rusak. sampai akhirnya aku menyerah buat beradaptasi.

aku bisa mengerti sedikit dari pemikirannya. karena kadang juga aku berpikir seperti itu. tapi tentu tidak dengan analogi yang begitu bagusnya. haha.

yang aku tidak mengerti adalah mengapa ia sampai bisa berpikiran seperti itu? apa yang salah dengan kami? aku tidak melihat sesuatu yang salah pada dirinya. berbeda itu tidak salah.

ya, memang kadang ia terlihat bergerak agak kaku di antara kami. tapi kupikir hanya sebatas itu saja. kupikir permasalahan tidak akan menembus terlalu jauh ke dalam. yaah, ternyata aku salah. tanpa aku sadari, tanpa kami semua sadari, masalah sudah bergerak sangat dalam hingga membuatnya mengambil keputusan itu.

di perlawanan terakhir kami kemarin, begitu banyak energi yang dikeluarkan. sejujurnya kami sudah lelah memikirkan masalah ini dan sebagian dari kami sudah hampir menyerah untuk berusaha. tapi entah kenapa, rasanya saat itu kami tidak bisa begitu saja diam. keberuntungan sepertinya masih berpihak pada kami, karena bisa memberinya sedikit keyakinan terhadap kami. 

and i can't tell you how grateful i am for this. 
it's more than just glad knowing that we are still a family. 
it's more than just glad to know that you're staying with us.

mari kita katakan saja, si ikan air tawar berhasil menyesuaikan diri dengan ikan air laut di dalam akuarium. ia berenang lincah ke sana kemari, bermain bersama ikan-ikan air laut, tanpa perlu takut gerakannya akan merusak kehidupan di dalam akuarium itu, karena memang tidak ada yang rusak.


"doesn't matter how big your trouble. it's how you survive that matters", -ikan air tawar.

Komentar