singkatan

menyingkat kata-kata adalah hal yang umum dilakukan oleh orang-orang, baik dalam chatting, ngetik sms, atau mungkin ketika berbicara. saya dan teman-teman saya, sebagai mahasiswa kedokteran juga sering menyingkat-nyingkat kata, simpelnya seperti biokim untuk biokimia, fisio untuk fisiologi, PA untuk patologi anatomi, PK untuk patologi klinis, dan masih banyak lagi. kadang nama obat juga ada singkatannya lho. seperti CTM untuk chlorpheniramine maleate (obat antialergi). tapi kadang orang menyingkat-nyingkat kata itu nggak tepat. sama sekali nggak tepat. seperti teman saya kemarin...

D: ...komplikasi tindakannya apa?
aku: nyeri..
D: oooh, kalo nyeri dikasih apa ya? dikasih anal ya?
aku: (gedek setengah mati -_-)

kalo dia ngomong sama aku, atau beberapa orang dari kaum kami, dengan istilah seperti itu, kami mungkin masih bisa paham. tentu saja yang dia maksud dengan anal di sini adalah analgesik, alias obat anti nyeri, seperti aspirin, asam mefenamat, paracetamol, ibuprofen, dkk. yaah, tapi nggak menutup kemungkinan juga kalo dia bakal diketawain oleh beberapa kaum kami ketika bilang mau ngasih anal buat orang nyeri, sih. yah, pada intinya kami masih bisa paham maksud dia yang sebenernya. tapi gimana kalo yang denger percakapan tadi adalah orang yang ngerti anal cuma dalam konteks seks anal???

dan arti kata anal menurut kamus dorland adalah berhubungan dengan anus.

aku kesel, tapi juga pengen ngakak dengernya. waktu itu aku pengen banget ngakak sambil bilang ke dia "woy, kamu mau ngasih anus buat orang nyeri?!?". mbok yaa, kalo mau nyingkat-nyingkat kata tuh yang rasional dikit to -_- 

Komentar