soca

Aku sedang senang kemarin. Kenapa? Karena entah gimana caranya, aku akhirnya lulus soca juga tanpa remed. Seumur-umur kuliah, baru 2 kali saya lulus ujian soca. Sumpah, aku sendiri sempet nggak percaya begitu lihat pengumuman kalo aku lulus. Sampai mikir "ini kalo aku liat lagi pengumumannya, bakal berubah ga ya hasilnya?" Haha. Alhamdulillahnya setelah beberapa kali lihat ulang pengumumannya, hasilnya ga berubah. Dan ga lama, ada sms dari heidi yang bilang kalo aku lulus. Yesss!!! Yaudah, aku nggak salah lihat nim, kalo gitu. Hahaha.

Hmm daritadi saya nyebut-nyebut soca. Emangnya apa sih soca itu? No no no, ini bukan soca dalam bahasa jawa yaa. Kalo itu kan artinya mata. soca yang ini tuh kepanjangan dari student oral case analysis. Jadi, ini tuh satu model ujian di mana (kalo di kampusku) sebelumnya seluruh mahasiswa peserta ujian akan dikarantina dulu dalam ruangan, ga boleh bawa hp, ataupun alat komunikasi lainnya, lalu menunggu nama kita dipanggil untuk memulai ujiannya. Naaah, ujiannya ini tuh tar kita diberi waktu beberapa menit (biasanya 7 menit) untuk mengerjakan soal essay di lembar transparan, lalu setelah itu kita masing-masing masuk ke ruangan yang berisi dosen penguji. Di dalam ruangan itu, kita akan mempresentasikan dalam waktu 7 menit apa yang udah kita kerjakan tadi.

Bagaimana dengan penilaiannya? Yaah itu sih tergantung dosen :) tiap dosen penguji diberi borang penilaian soca. Isinya poin-poin jawaban dari soal kita ditambah beberapa poin tambahan seperti poin atittude.

Aku termasuk orang yang sering banget ngga lulus soca. Entah karena sebab apa. Kadang aku ngerasa jawabanku udah oke, tapi ngga lulus. Kurang beruntung mungkin. Haha. Tapi serius deh, keberuntungan berperan besar ketika ujian, terutama macam ujian seperti soca dan osce. Bisa aja kan kamu dapet soal yang kamu bisa, tapi pengujinya borang banget. Jadi kalo ngga sesuai-sesuai banget sama borang, nilainya yaa kurang -_- well, borang penilaian soca itu penuh misteri, men.

Coba dijabarin satu-satu ya..

  • Soca pertama waktu blok MPK. Yang aku pelajari apa, soal yang keluar apa. Asem -_- remed deh.
  • Soca kedua waktu blok CHEM 1. aku ga ngerti salahnya di mana sih. Remed. Trus pas remed, remednya gagal. 8 sks = 0. Udah ikut SP di liburan semester lalu. Alhamdulillah.
  • Soca ketiga waktu blok CHEM 2. mbuh aku lupa materinya apa. Remed lagi. Tapi remednya luluuus. Yeeaaay!!
  • Soca keempat di blok BHL 1. Yang ini alhamdulillah aku langsung lulus. Yeeeey.
  • Soca kelima waktu blok HI (blok klinis pertamaku). Waktu belajar, sempat denger-denger rumor kalo tahun lalu yang keluar itu penyakit urtikaria alias biduran. Cuman sayangnya aku nggak belajar itu. Aku belajarnya penyakit systemic lupus erythematosus, rheumatoid arthritis, limfadenopati, dan beberapa soal lainnya. Ternyata waktu karantina, nama kita ngga dipanggil seperti biasanya. Kita secara acak disuruh keluar dari ruang karantina mulai dari yang paling dekat dengan pintu. Kebetulan, aku duduk dekat pintu. Jadilah aku termasuk golongan awal-awal yang ujian. Dan tadaaa waktu duduk di kursi soal, aku masih inget banget kata kunci di soalnya "makula eritema berbatas tegas dengan peninggian, urtika positif". Cuman, begonya, waktu ujian pertama itu aku ngga ngeh ada kata urtika positif. Jadilah pasien di kasusku, aku diagnosis alergi atau reaksi hipersensitivitas tipe 1 et causa udang. Bener sih kalo dalam bahasa awam emang kan ada orang-orang yang alergi udang, sama seperti di kasus. Cuman dalam dunia kita, katanya sih ga ada yang namanya diagnosis alergi. Remed deh. itungannya aku sial nih, soalnya di golongan akhir-akhir penyakit yang keluar itu SLE sama RA. Trus pas remed, aku ngikutin trik ayu yang menjauh dari pintu supaya kita ga dipanggil duluan. And it works! Dan dengan trik ini pula aku dapet soal remed urtikaria lagi. Sementara anak-anak di awal dapet penyakit demam rematoid. Alamak! Penyakit apa pula itu? Aku kalo dapet itu kayaknya mau langsung minta maaf aja deh ke dosen pengujinya. Bilang kalo aku nggak tau jawabannya sama sekali. Hiks. Sekarang sih yang bisa dilakukan cuma berharap kalo remednya berhasil. Hehe.
  • Soca keenam waktu blok Enmet. Dapet kasus sindroma metabolik. Penyakit yang malemnya udah aku pelajari. Dan sudah aku presentasikan pula jawabanku dengan baik di depan dosen penguji. Serius nih, ini pertama kalinya aku yakin sama ilmuku. Tapi mungkin itu cuma perasaanku aja. Karena kenyataannya aku remed -_- nilainya 64,sekian. Jirrrr!! Itu cuma beberapa poin dari nilai minimal buat lulus, euy. Trus waktu remed dapet kasus diabetes melitus dg komplikasi hipoglikemi. Sesuatu yang aku ga pelajari. Damn!! Dosen pengujinya sama dengan dosen pengujiku waktu ujian soca enmet yang bukan remed. Dan beliau berpesan sebelum aku keluar ruangan supaya aku jangan nangis dengan nada sambil bercanda. Tapi maaf dok, saya nggak bisa melaksanakan pesan dokter :") OMG, 8 sks ku jadi taruhan lagi.
  • Soca ketujuh waktu blok DMS. Dapet kasus DKI yang, malangnya, aku diagnosis sebagai DKA (DK=dermatitis kontak; I=iritan; A=alergi; aku yakin jawaban yang bener itu DKI karena ada beberapa temen yang jawab itu, dan mereka lulus). Di soal sebenernya ceritanya pasien tuh kena serangga tomcat, trus muncul gejala. Lhaa, aku bingung kalo gara-gara serangga gini nama penyakitnya apa. Cuman yang ada dipikiranku tuh ini pasti DK. Tapi DK yang mana? Dari yang aku presentasiin di depan penguji, kayanya aku cuma bener di penatalaksanaan lho -_- dengan penguji yang terkenal perfeksionis. Yaudalah, begitu masuk ke ruangan juga aku udah tau hasilnya akan bagaimana. Hiks. Waktu remed sih aku dapet kasus yang sama. Tapi penguji yang ini malah bilang kalo diagnosis DKI itu salah. Yang bener dermatitis venenata. Oh fak.
  • Soca kedelapan waktu blok CHEM 3 (ini yang baru aja berlangsung). Bentuk soalnya hitung-hitungan tanpa kalkulator. Hitungan tentang prevalensi, insidensi, resiko relatif. Jadilah aku menggunakan lembar transparan saya sebagai tempat coretan. tulisanku hampir ga kebaca deh pokoknya. udah gitu, waktu ngejelasin belepotan sana sini pula. udah pesimis banget bakal ga lulus pokoknya. eeh, ternyata aku lulus. tsaaah. ini lagi khilaf apa ya dosennya? nyahahahaha. apapun itu, alhamdulillah banget lah pokoknya. yeaaaay.
jadi yaaa, begitu deh ya ceritanya. ujian soca selalu menjadi momok yang menyeramkan buatku dan buat beberapa orang. rasanya sekeras apapun kita belajar, tetap nggak ada kepastian 100% buat kita untuk bisa lulus karena borang soca benar-benar misteri. hahahaha, ya ga sih? ya kan? huh -_-

Komentar