Refleksi 1 (semi-semi curhat gitudeh..)


REFLEKSI 1

                                
Sosialisasi laboratorium anatomi yang diberikan oleh asisten dosen anatomi bagi mahasiswa Jurusan Kedokteran Umum Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2012 ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 Desember 2012. Sosialisasi ini bertepatan dengan hari dilaksanakannya remidial ujian praktikum parasitologi dan mikrobiologi. Beruntunglah saya karena tidak perlu mengikuti remidial kedua ujian tersebut. Jadi sejak pagi saya berada di kos.
Saya berencana berangkat ke kampus pukul 12.30 setelah sebelumnya saya menjemput teman saya, Heidi di tempat kosnya. Namun apa daya, karena sejak pagi saya tidak ada kegiatan, ditambah dengan semalam sebelumnya saya menghadiri sebuah kegiatan, saya jadi merasa malas untuk berkegiatan di hari Kamis itu. Hingga pada akhirnya saya jatuh tertidur pada sekitar pukul 11.00, padahal sebelumnya saya sudah menyiapkan rencana apa saja yang akan saya lakukan datang ke sosialisasi laboratorium anatomi.
Kurang dari beberapa menit sebelum pukul 13.00, Heidi sudah menghubungi saya menanyakan kapankah saya akan datang menjemputnya dan lain sebagainya. Pada saat itu saya masih tertidur. Hingga pada pukul satu lebih sedikit, akhirnya ada mukjizat yang membuat saya terbangun. Saya pun bersiap-siap untuk berangkat secepat yang saya bisa, kemudian segera menjemput Heidi, lalu tancap gas menuju kampus.
Sesampainya di kampus, saya dan Heidi mendapati ada beberapa teman seangkatan yang berkumpul di depan perpustakaan kampus. Kami mendekati mereka dan bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Rupanya teman-teman kami ini juga terlambat datang terlambat ke sosialisasi laboratorium anatomi. Mereka juga memberitahu kami bahwa mahasiswa yang datang terlambat tidak diperkenankan untuk masuk ke kelas dan mengikuti acara sosialisasi. Kami semua pun kebingungan akan apa yang sebaiknya dilakukan. Saya dan Heidi memutuskan untuk pergi ke kantin dan menunggu ampai acara sosialisasi selesai.
Kurang lebih pukul 15.00, acara sosialisasi akhirnya selesai dan teman-teman kamipun akhirnya keluar dari kelas. Kami bertanya pada teman-teman seperti apa sosialisasinya tadi. Mereka bilang asdos anatomi saat itu bertindak sangat tegas karena melihat kami, mahasiswa angkatan 2012, yang tampaknya menganggap sosialisasi ini terlalu santai. Terbukti dengan cukup banyaknya mahasiswa yang tidak mengikuti sosialisasi karena terlambat datang. Selain itu para asdos juga memanggil nama mahasiswa angkatan 2012 untuk diabsen. Selanjutnya saya menanyakan tentang apa saja yang dibahas oleh para asdos anatomi. Seorang teman saya menunjukkan catatannya selama sosialisasi kepada saya. Isinya tentang tata tertib memasuki laboratorium, proses belajar di laboratorium, dan tugas-tugas untuk kami kerjakan selama liburan.
Meskipun saya melewatkan acara sosialisasi ini, saya memiliki beberapa kesimpulan yang saya dapatkan dari cerita teman-teman yang mengikuti sosialisasi. Lain kali saya tidak boleh terlalu santai dalam mengikuti setiap bimbingan dari asdos anatomi maupun asdos laboratorium lainnya. Banyaknya tugas yang diberikan kepada kami pasti bertujuan baik, sehingga saya harus mengerjakan tugas-tugas itu sebaik-baiknya.

Komentar