track record selama kuliah #semester4

blok: Respiration System
sks: 5
kegiatan selama kuliah:
  • praktik lapangan di blok ini mengharuskan kita buat mendatangi salah satu pasien TBC yang ditunjuk oleh puskesmas (kebetulan kelompok saya mendapat jatah di puskesmas sokaraja 1), lalu memeriksa ulang sputum alias dahaknya, dan well, ini nggak semudah yang kita kira. pasien yang sudah mendapat pengobatan lebih dari 2 bulan (atau 1 bulan), ternyata sudah engga batuk-batuk seperti ketika belum diobati. dan pasien yang kami dapat, sudah mendapat pengobatan selama 2 bulan, kalau tidak salah. this is good, actually, cause this means the medicine really works (seperti kata dosenku, "TB itu penyakit yang mudah sekali menular, tapi mudah sekali disembuhkan"). tapi di sisi lain, kita juga jadi kesulitan di praktik lapangan kali ini. hahahah. di puskesmas itu ga ada pasien TB lainnya yang lebih baru. jadi, kita tidak punya pilihan lain. dahak yang pasien kita hasilkan jadi sedikiiiit banget. padahal yang harus kita periksa adalah benar-benar dahaknya (dahak yang warnanya kadang hijau kental itu), bukan liurnya.
  • karena kesulitan mendapat sampel sputum ini, akhirnya kelompok kami memeriksa, well, apapun yang ada. hahah. yasudahlah.

  • sedikit info aja yaa (entah aku sudah pernah membahas ini atau belum), TB itu disebabkan oleh bakteri spesies Micobacterium tuberculosis. dia adalah bakteri yang tahan terhadap suasana asam, alias bisa hidup di kondisi lingkungan dengan pH rendah. kenapa dia bisa tahan terhadap suasana asam? karena dinding sel nya mengandung asam mikolat. zat ini yang bikin dia "kuat". that's why nanti di salah satu obatnya, ada yang kerjanya mengganggu proses pembuatan asam mikolat ini. dan karena sifat unik tahan asamnya ini, golden standard (ga bisa dibilang TB kalo belum ada pemeriksaan sputumnya yaa, meski tentu saja ada pemeriksaan penunjang lain yang tetap dilakukan, seperti rontgen toraks/dada) diagnosis TB paru adalah dengan pemeriksaan sputum. sampel sputum kita beri pewarnaan khusus, dan diberi asam juga (untuk mematikan bakteri lain selain M.tb) lalu kita periksa di bawah mikroskop. yaah, kalo sputumnya positif mengandung bakteri, bakal kelihatan gambaran bakteri berbentuk batang gitu. cuman, well, sayangnya dari sampel kita, kita ngga nemuin bakteri-bakteri itu. but still, it's a good thing. oh, tapi ini standard buat diagnosis TB pada orang dewasa ya. untuk anak-anak, ada sendiri scoring yang dipakai untuk diagnosis. hmm, anyway, ngomongin TB itu bakal panjang banget dan bakal jadi OOT kalo dibahas di sini sekarang. hahah.
  • sehari sebelum ujian iden PA, aku malah main ke pancuran 7. yaah, meski judulnya adalah survey jalur trekking acara gathering, sih. it's fun, though. kayak ga ada beban. kayak besoknya ga ada ujian. hahahah. anyway, lihat buku merah yang aku pegang, itu? itu modul anatomi. yeah, seharian aku kemana-mana menenteng modul itu. tapi bukan karena besoknya ujian juga sih, lebih karena fungsi buat kipas-kipasnya selama aku jalan. oh, bisa juga buat menutupi muka dari sinar matahari. hahahah. i love you, modul anatomi.

remidi: SOCA -_-
nilai akhir: C (2,9) (entahlah kenapa, yang jelas teman sekelompokku juga banyak yang dapat C)
keterangan: lulus blok



blok: Cardiovascular System
sks: 5
kegiatan selama kuliah:
  • belajar baca sandi rumput alias EKG alias elektrokardiografi. susah-susah-gampang, sih. cuman memang ada beberapa poin dasar yang (harusnya) bisa kita baca di sana. 
  • lihat foto di atas? oke, ini maksudnya foto candid sih, cuman aku ga sanggup nahan senyum, jadi yaa begitu deh ya hasilnya. hmm, okay, foto ini diambil di awal blok kardio. ketika aku dan heidi bersemangat memulainya dengan membaca buku-buku tentang kardio, sementara ayu dan bili, well, sibuk dengan mainan di gadgetnya -_- sebenernya kita janjian buat mengupload foto ini di fb, dibandingin hasilnya/nilai akhir yang kita dapat, lalu dipublilsh. apakah kubu yang memulai blok dengan membaca buku mendapat hasil yang sama dengan kubu lawan? cuman kayanya kita lupa deh sama hal ini. hehehe. hmm, yang jelas, alhamdulillah kita berempat lulus. yeay!!
  • PIC 3 blok kardio kali ini adalah Mas Faza a.k.a dr. Zairullah Mighfaza, alumni Unsoed angkatan 2006 (seangkatan sama mas anwar dkk). selain menjadi salah satu dosen termuda, kelebihan lainnya beliau memperbolehkan kami memanggil dengan "mas" (tentu saja beberapa dosen lain juga bisa dipanggil mas, tapi hanya oleh kalangan tertentu saja). beliau bener-bener sosok dosen sekaligus kakak yang baik. bener-bener bagi ilmunya. bahkan, di blok ini beliau mengadakan simulasi OSCE dan sosialisasi OSCE-SOCA dengan sangat mendetail. kapan lagi ada yang beginiii? serius deh, selama ini, selama SOCA-OSCE, biasanya kami selalu "meraba-raba". tidak pernah ada pijakan pasti tentang apa yang bakalan kami hadapi, tentang apa yang sebaiknya kami lakukan, atau yang sebaiknya tidak kami lakukan, karena kedua tipe ujian ini adalah yang modelnya kami berhadapan dengan dosen secara langsung, dan seringkali persepsi antar dosen berbeda. jangankan antar dosen, antara mahasiswa dan dosen saja juga berbeda -_- tapi kali ini, ini yang menurutku paling ideal dan bener-bener "sosialisasi". super cool! sukses terus buat Mas Faza yaa.
  • anyway, waktu di ruangan OSCE, ternyata dosen pengujiku adalah Mas Faza. and i kept calling him "mas", instead of "dok" -_-
  • remidi UTU gara-gara akumulasi UTU 1 dan 2 yang cuma 55,85!!! watdefakmen!? cuma butuh 0,15 poin lagi supaya aku ga remed. aseeem!!!
remidi: SOCA, UTU
nilai akhir: B (3,5)
keterangan: lulus blok


blok: Digestive System
sks: 6
kegiatan selama kuliah:
  • aku berniat untuk dapat nilai A di blok ini. setelah kekacauan yang aku buat di dua blok sebelumnya.
  • yeah, meskipun di minggu kedua aku pergi ke semarang buat ikut latgab. tapi aku bener-bener berniat.
  • tutor kelompok pbl ku kali ini adalah pak Dayat. yang mana adalah pembina Osipital. "yeay", i guess? hhhh. entah aku harus bergembira atau tidak.
  • harapan dapat nilai A mulai pupus ketika nilai UTU keluar, dan nilaiku cuma 20 sekian di UTU 1!!! kampret. sementara nilai UTU 2 yang mencapai 60 sekian ternyata tetap ga bisa mendongkrak akumulasi nilai UTU untuk melebihi 56. haiyah. memang sih, di UTU 1 ga cuma aku sendiri yang dapet nilai kisaran 20, tapi tetep aja kan bikin bete. sesusah-susahnya UTU, baru kali ini dapet nilai segitu. nyah. soal-soal di UTU 1 sepertinya memang tingkat dewa. soal yang keluar banyaknya dari dosen yang gelarnya, wuidih, panjang bener, yakin -_- hih.
  • SOCA di blok ini sebenernya agak mengejutkan. pertanyaannya ga seperti SOCA blok klinis yang sebelum-sebelumnya. biasanya rentetan pertanyaan SOCA adalah (1) diagnosis, (2) alasan penegakan diagnosis, (3) patomekanisme, (4) tata laksana kasus, (5) pertanyaan kejutan. tapi kali ini, surprise~ contohnya ya, kasus apendisitis yang aku dapat kemarin, pertanyaannya ada (1) diagnosis dan diagnosis banding, (2) pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan dan hasil yang diharapkan, (3) fisiologi organ terkait, (4) patogenesis, (5) komplikasi. kalo kasusnya apendisitis (radang usus buntu), dengan pertanyaan fisiologi organ terkait, masih bisa ditebak yaa organ apa yang dimaksud (meski, entah dimana kurangnya, meski jawabanku bener di pertanyaan fisiologi ini, aku tetep aja remed -_-). bagaimana bila kasusnya diare osmotik oleh karena virus seperti pada soal remidi yang aku dapet? fisiologi apa yang harus aku jelaskan? "fisiologi organ mana", lebih tepatnya -_- yasudah, karena ini diare, kucoba saja menjelaskan fisiologi defekasi alias proses pup alias fisiologi usus besar. tapi trus dosen pengujiku sepertinya malah menuntunku supaya menjelaskan proses yang dialami makanan ketika di usus halus. jeng jeeeeng~
  • kadang dosen suka iseng. contohnya nih, pak Dayat. kala itu ujian iden PA, dengan pak Dayat sebagai pengampu. semula jadwal ujian iden PA adalah hari senin, aku lupa tanggal berapa. tapi karena suatu insiden, ujian dibatalkan. aku sih senang-senang saja. trus suatu sore, pak Dayat sedang main ke sekre, trus bilang "tadinya aku mau ngadain ujianmu besok. jam 5." seisi sekre tertawa terbahak-bahak, sementara aku cuma bisa kaget sambil bilang "yaaah, jangan pak". dan kupikir kejadian itu cuma becandaan pak Dayat. terutama yang bagian ujian jam 5-nya. aku belum bangun jam segitu euy. okay, ujian iden PA-nya memang ga jadi besoknya. tapi ujiannya jadi jam-5 beneran dengan pemberitahuan yang super mendadak, sehari sebelumnya -_- haiyah, yasudah, aku berusaha ga tidur. coba review materi PA diges. tapi trus, jam 4 aku ketiduraaaaaaan.. omg. ajaibnya jam 5 tepat, aku bangun, langsung loncat dari kasur, ganti baju, asal masukin alat tulis, jas lab dan papan jalan ke tas, trus langsung cabut ke kampus kayak orang kesetanan. tanpa mandi. kuulangi ya, tanpa mandi. fakmen. dan ternyata ujian baru mulai jam setengah 6!!! aaaaak. harusnya itu gue bisa mandi doloooo. begitu aku kelar ngerjain dan mau keluar dari ruangan, pak Dayat langsung menyapa, "mandi ga, fit?". hmm aku langsung menghampiri pak Dayat, jabat tangannya dengan mantap, dan dengan muka berhias senyum, langsung bilang "pak, saya ga mandi, pak". haaaaaah. ini pengalaman yang aneh.
  • kadang asisten dosen juga suka iseng. tapi ini bukan asisten dosen as in asdos ya. ini mungkin lebih kayak sekretarisnya dosen. namanya mbak yani. sekretarisnya pak dayat. yah, begitu aku keluar dari ruang ujian di pagi buta itu, setelah lolos dari ceng-cengannya pak dayat, mbak yani langsung dengan isengnya bilang ke pak dayat di hadapan anak-anak lain, "ini nih, pak, kalo ujian mesti telat". alamak. aku anggap saja mbak yani sedang bercanda lah ya. hehehe. yasudah, aku cuma bisa cengengesan aja. dan dimulai lah sesi kedua ceng-cengan oleh pak dayat. ampun deh, mbak, kalo saya suka telat. maapin deh ya. hehehe.
remidi: SOCA, UTU
nilai akhir: E
keterangan: ga lulus blok gara-gara gagal di remidi SOCA (kampret. "niat" aja masih kurang ternyata. pfft)



blok: CHEM 4
sks: 4
kegiatan selama kuliah:
  • puasa-puasa masih aja ada praktek lapangan. hhhh. pulangnya kan ga bisa mampir makan dulu. pfff
  • udah gitu materi buat praktek lapangannya ribet pulak. hih.

remidi: SOCA, UTU
nilai akhir: B (3,4)
keterangan: lulus blok


blok: BHL 3
sks: 1
kegiatan selama kuliah:
  • remed soca. dengan peserta remed yang cuma 3 orang. halah. kalo nyong ngga remed, mestinya bisa A nih 1 sks. hahaha, elah.

remidi: SOCA
nilai akhir: B (3,8)
keterangan: lulus blok


IP: 2,38
IPK: kira-kira 2,72 lah ya. aku belum cetak KHS.

Komentar