resep keuangan dari berbagai sumber

  • safe your coins!!! -by Findra G. Ardiansyah
ini nih, resep keuangan dari mas-mas mahasiswa ekonomi. sepele sih, tapi bagus banget kalo bisa diterapin di sehari-hari. bisa bermanfaat banget kalo lagi bokek!!! jadi, koin-koin receh kembalian dari belanja di Alfamart, misalnya, simpen baik-baik. jangan dicuekin gitu aja geletakan sembarangan di kamar kosan (misalnya). taruh yang rapi di suatu tempat, nanti bisa diambil sewaktu-waktu kalo lagi butuh.

aku sendiri udah nyoba dan ngerasain manfaatnya waktu beberapa bulan lalu bokeknya minta ampun. ya gimana ya, waktu itu duit bulanan udah keburu abis, sementara tanggal pengiriman duit masih lama. akhirnya aku bertahan hidup dengan nagihin anak-anak yang punya utang di aku. tsaaaaah, hina banget pokoknya. sampe akhirnya udah nggak ada lagi anak-anak yang punya utang ke aku, maka gantian aku yang ngutang -_- biar engga parah-parah amat ngutangnya, untung ada banyak uang receh yang tersimpan tanpa sadar di kamar kos. lumayan banget nih ada banyak keping 500, 200, 100, bahkan 1000. *yaaaah, malah curhat, hehehehe..
  • buy what you need, not what you want. -by Khoirur Rijal
ini resep keuangan yang sussaaaaaaah banget diterapin. yakin. gimana-gimana, aku manusia itu punya banyak keinginan. ingin beli ini, ingin beli itu. nggak ada habisnya. tapi apa iya semua yang aku manusia inginkan itu bener-bener yang aku kita butuhin? mungkin iya, sebagian. mungkin juga enggak. terima aja, lah, fakta kalo barang-barang yang kita pengenin itu emang nggak bener-bener kita butuhin. jadi, dengan nggak punya barang-barang itupun nggak akan bikin hidup kita berakhir. paling nyesek-nyesek dikit di dada gara-gara ngga kesampaian beli. hahahaha.

*oke, buat resep yang ini, kupikir sebagian besar aku tulis buat diriku sendiri. gimana-gimana aku mencoba sadar diri kalo aku ini orang yang boros, pengennya beli barang-barang yang nggak nomer-satu-dibutuhin. kudu diresapi dalam hati bener-bener nih resep.
  • kalo belum sreg, gausa maksain beli.. -by Ibuk
ini nih, resep yang nyebelin. kenapa nyebelin? karena kalo inget kata-kata ibuk yang satu ini (yang mana selalu terjadi ketika aku berbelanja -_-) jalan-jalan muterin mall seharian bisa nggak berbuah apa-apa!!! ohmygaaaaaad!!! kadang suka kesel sih. tapi ya sebenernya ini demi kebaikan diri sendiri dompet juga. kan tujuannya biar nggak nyesel nantinya kalo ternyata barang yang kita beli engga sesuai harapan.
  • make your own priority
di atas segalanya, kupikir salah satu yang nggak boleh kita lupakan adalah bikin prioritas apa-apa saja yang harus kita beli. perlu juga diingat kalo prioritas tiap orang itu bisa beda. dan tentu saja resep yang ini berkaitan sangat erat dengan resep yang kedua, "buy what you need, not what you want". tapi kita nggak salah juga kok kalo memasukkan satu-dua barang yang murni kita inginkan. kalo aku sih nyebutnya "memberi hadiah pada diri sendiri". abisnya saya jarang dikasih hadiah dari orang lain sih, jadi saya ngasih hadiah ke diri saya sendiri deh. hahahaha. menyenangkan diri sendiri kan nggak salah. tapi ya jangan berlebihan juga. di kontrol lah. hehe. tapi yang susah itu ya bagian ngontrolnya. aduuuuuh -_-
  • own great money management!!! -by me
nggak boleh lupa, di atas segalanya juga, manajemen adalah hal yang penting banget. yes, management! kita harus pinter-pinter ngatur keluar masuknya uang kita. biar nggak sampe di satu titik yang kita nggak punya duit sama sekali buat pegangan (naujubilah!!!). kupikir sebagian dari kemampuan manajemen keuangan itu berasal dari bakat. ada yang pinter, ada juga yang engga. ada yang bisa dengan mudahnya menyisihkan duit buat beli sesuatu yang lebih "besar", karena pemasukan standar-standar aja. tapi ada juga yang dikit-dikit beli barang yang dilihat, cuma karena kepengen (mungkin juga karena butuh, sih, tapi whatever deh), padahal pemasukan yaa standar juga, dan buntutnya datanglah masa-masa suram engga punya duit sebelum pemasukan datang (kalimat ini kayaknya ngomongin aku sendiri deh). tapi kupikir, kemampuan ini bisa dipelajari kok. meski nggak mudah. tapi yang penting usahanya dulu laaah~
  • investasi
ngeluarin uang buat investasi emang nggak murah. tapi oke kok buat keuangan di masa depan, well, semoga. kalo buatku, investasi bisa dengan emas dan tanah, well, lebih gampang emas mungkin ya? namanya juga masih bocah, belom punya gaji sendiri, bisa beli emas kecil-kecil aja juga kayaknya udah bagus. sebenernya udah lama nih pengen nyimpen duit dalam bentuk emas. tapi belum kesampaian juga. hhhhh.... ngomong-nogmong, nyimpen duit dalam bentuk US dollar termasuk investasi nggak sih?


okay, well, kupikir ini dulu deh resep-resep keuangan yang bisa aku tulis. lain kali, kalo ada lagi, bakal ditambahin.

PS: tumben ya tulisanku serius gini..

Komentar