social phobia kalau kata achmad rifqi bayhaqi

kemarin-kemarin pas ketemu bintang, denger dia ngomong semacam "aku lho males ketemu sama orang-orang, bukber dari SD sampe SMA ga dateng. bukber kuliah lho ya ga dateng". trus dia nanya "kamu nggak bukber sama anak-anak SMA ta?". aku jawab singkat "eeh, pas itu aku lagi di Purwokerto sih (pas SP maksudnyah)". bintang bilang "enak ya, ada alasan ... (aku lupa istilah apa yang dia pake)" tapi trus aku mikir hmmm, sebenernya anak-anak juga ngadain bukber bersembilan yang ngusahain supaya waktunya pas aku udah di sidoarjo sih.. tapi akunya ngeles mulu.

trus kemarin2 ada juga sms dari temen SD yang bilang kalo pengen main ke rumah. udah lama engga ketemu katanya. trus aku bingung harus jawab gimana. beberapa jam kemudian baru aku jawab "eeeh, aku lagi nggak di rumah nih". kupikir dengan jawaban begitu dia bakal udahan. laaah, trus nggak lama datanglah sms darinya lagi, kali ini bertanya kapan aku ada di rumah. makin bingung aja nih. yaudah, engga aku bales T.T

trus, kalo mau ketemu sama orang-orang tertentu, pasti bawaannya ogah-ogahan. pasti beberapa hari sebelumnya udah mulai ngeluh "haaaah, hiiiih, huuuuh.." ga karuan, tanda kalo aku males ketemu sama orang-orang itu. tanya ibukku kalo ngga percaya.

dari dulu sebenernya suka bingung kalo diajak ketemu sama temen-temen tapi akunya ngehindar, ngeles sana sini kayak bajaj, dsb. trus bintang ngomongin begituan. trus kupikir, okay, mungkin otakku nggak salah-salah amat. maksudku, seenggaknya ada orang lain yang ngerasain hal yang kurang lebih sama meskipun itu sesuatu yang kurang beres juga. tapi yaa gitudeh ya pokoknya.

kadang sedih juga. maksudku, what's wrong with me??? kenapa pula aku nggak kayak manusia pada umumnya yang senang bergaul & berbasa-basi & berkomunikasi & apapun itu??? T.T should i seek for help??

selalu ada sesuatu, entah itu rasa malas atau takut, yang tidak bisa aku tentukan apakah itu rasa malas atau takut, yang, menurutku, bikin aku nggak seperti orang "normal" pada umumnya. yang senang bergaul & berbasa-basi & berkomunikasi & apapun itu.

kadang juga ada perasaan takut nggak diterima (ya, aku tau ini konyol banget, tapi ywd c). misalnya kalo aku main ke sekre mana gitu. oke, aku mungkin emang senang main ke sana, tapi apa iya penghuni sekrenya sendiri merasa fine dengan kehadiranku? selalu aja ada pikiran-pikiran semacam itu. menyedihkan. dan agak kayak suudzon nggak sih? haha.

trus kalo tentang gangguan psikologis "ga pengen ketemu sama orang-orang" itu, menurut ARB (achmad rifqi bayhaqi, oke? bukan aburizal bakrie -_-) istilahnya social phobia. kalo antisosial itu lebih ke arah apatis (Bayhaqi, 2013). mirip-mirip sama apa yang dulu dibilang sama bintang sih "kalo antisosial itu emang orangnya yang nggak pengen bersosialisasi". tapi trus aku apa ya? social phobia? mungkin. kalo antisosial? bisa jadi juga kayaknya. soalnya kupikir kadang emang dari akunya yang males bersosialisasi -_- karena di sisi lain juga seringnya aku lebih suka sendiri (yaaaa, meski sekarang aku sedang mencoba buat menyeimbangkan waktu untuk sendiri dan waktu buat rame-rame).

Komentar