track record selama kuliah #semester2

blok: BSHB (Basic Science of Human Body, well, kalo nggak salah sih kepanjangannya gitu. hahaha)
sks: 5
kegiatan selama kuliah:

  • tadaaaaaa... akhirnya sampai juga kami di blok berat besar yang ditunggu-tunggu, well, mungkin juga tidak ditunggu-tunggu. yasudahlah, terserah. yang jelas, berhubung habis libur panjang dan IP semester kemarin cuma 2,22 saya jadi semacam dapat suntikan semangat untuk memperbaikinya, yeah!! saya nggak tidur selama kuliah di awal-awal blok (tapi makin ke belakang, kepala makin susah ditegakkan, hehehe) dan saya nyatet!!! 
  • lama blok yang cuma 6 bulan, diisi dengan ujian-ujian di hampir seluruh weekend (freak, I know). trus ini ada pula jadwal ujian iden yang nyeleneh. jadi gini, blok ini harusnya sudah selesai di hari jumat (lupa tanggal berapa), eh, tapi ujian iden anatomi yang kedua, baru dilaksanakan di hari sabtunya. tsaaaaaaaah. remidinya, dilaksanakan di blok LC -_-
  • praktikum anatomi dan histologi bergantian berselang-seling hari hampir setiap hari. sedap sekali aroma jas lab kami kala itu. eeeh, tapi mungkin cuma jas lab saya, kali ya. hahaha.
  • praktikum anatomi berjalan cukup mulus karena saya hampir selalu dapat 100 dalam pretest-nya :D yang paling berkesan adalah ketika dapat 100 di praktikum pertama. beberapa anak dipanggil ke depan dan "dimarahi", ditanya "tadi malem belajar, engga??" dan semacamnya. tapi pada akhirnya, ternyata para asdos memberi tahu kalau kami mendapat nilai 100. aduuuh, senangnya.
  • praktikum anatomi yang pertama tadi mulai dari jam 5 sore dan berakhir kira-kira jam 9 malam. luar biasa sekali, bukan? dan saya belum bertemu Mas Ijal sebagai asdos. dan saya menangis sepanjang praktikum -_- ini serius. mata saya kepedesan luar biasa gara-gara uap formalin yang menguar dari tubuh cadaver. ditambah lagi asdos anatomi angkatan 2009 yang sedang, well, melakukan tugasnya pada beberapa organ, membuat uap formalin di ruangan semakin kuat. but after all, praktikum anatomi itu menyenangkan. love it.
  • waktu ketemu Mas Ijal sebagai asdos anatomi, saya bingung. maksudnya bingung harus bersikap seperti apa. aneh banget ketika harus pura-pura nggak kenal.
  • oh, hampir lupa, ada kejadian menarik (menurut saya). seusai praktikum anatomi yang pertama ini, saya iseng ngetwit "Mas Kaka ganteng ya.. sayang tadi nggak dipegang (diajar) sama Mas Kaka..". okay, bagi yang belum tahu, Mas Kaka ini adalah asdos anatomi angkatan 2009. sementara kami, angkatan 2012, normalnya diajar oleh asdos anatomi angkatan 2010. setelah saya ngetwit begitu, eeeh, ada Mas Ijal yang dengan cerdasnya mensyen Mas Kaka sambil ngeritwit twit saya tadi. laaaaaah, langsung saja asdos anatomi angkatan 2009 lainnya nimbrung. aduh ampun deh sama mas Ijal ini!! kata Mas Ijal, saya jadi bahan pembicaraan di antara asdos anatomi pasca kejadian itu. well, username sinkingcat dan nama yang cuma ⨍ membantu menyamarkan siapa saya sebenarnya. sedikit -_-
  • sementara itu, keadaan yang agak berbeda terjadi ketika praktikum histologi. terutama ketika kami praktikum menggunakan slide untuk mempelajari sel-sel tubuh. abstrak banget!!! yakin. siapa yang tau kalau gambarnya ternyata sel Clear di kelenjar tiroid? yang aku tau dengan jelas kayaknya cuma sel lemak, koloid di kelenjar tiroid, sel epitel kubus selapis di epididimis, udaaaaah.
  • UTU terbaikku ada di UTU pertama. materinya tentang kulit dan tulang. harusnya tulang engga masuk, tapi entah kenapa bisa ada di soal. nilainya 80an. sementara UTU lainnya berkisar di kepala 6 atau 5. remidi UTU-nya berapa kali, aku lupa, yang jelas UTU 3 dimana materinya adalah tentang sistem saraf, terjadi KLB. banyak banget di antara kami yang kena remidi, termasuk aku.
  • karena bloknya padat (angkatan 2010 yang sedang blok NSS juga sepertinya sedang padat-padatnya), jadi nggak terlalu banyak ada kegiatan Osipital, seperti rapat. kegiatan besarnya cuma Rafting di Sungai Serayu 2 (RADIUS 2) yang kami adakan pada tahap pengabdian calon angkatan ke lima Osipital. dengan Fifi sebagai ketua pelaksana, kurasa acara berlangsung dengan baik. ternyata teman-teman angkatan kami juga banyak kok yang mau meluangkan sedikit waktunya di tengah-tengah blok padat ini untuk bermain di sungai :D
  • semangat kuliah mulai kendor setelah 2 minggu kuliah berjalan. mendadak saya mulai stress nggak karuan. bagus juga sih saya bisa bertahan di 2 minggu awal. maksudku, kayaknya anak lain banyak yang udah stress di awal. ngeluh ini itu dari awal. heidi juga stress nih. dia sampai menginap di kontrakan kakak kelas angkatan 2008 yang ada di daerah Grendeng demi menghindari suasana di kontrakan heidi yang isinya belajar melulu. lumayan juga sih buat saya, saya jadi bisa cari angin segar tiap mengantar dia ke Grendeng.
  • ohya, waktu itu ada remidi iden histo kering di siang hari. malam sebelumnya, aku, heidi, dan fifi malah ke Jagra. nginep. tapi tentu saja di sana kita belajar dooong. tsaaaah, kami-kami ini kayaknya udah kebiasaan bawa tugas kalo main ke sekre orang deh -_-
remidi: beberapa UTU dan ujian iden histologi kering
nilai akhir: B (73,70)
keterangan: lulus blok


blok: LC (Life Cycle, mempelajari hidup manusia mulai dari proses pembuahan sampai akhir hayat)
sks: 4
kegiatan selama kuliah:
  • di blok ini, kelas kami dibagi menjadi 2. lumayan juga sih. jadi dapat kelas di ruang semester 6 yang notabene ac nya lebih dingin.
  • di blok ini, untuk pertama kalinya dalam seumur hidup, saya merasa mencintai bayi dan anak-anak. aduh entahlah, pokoknya saya jadi pengen cepat-cepat punya anak. hahahaha. entah sihir apa yang dimainkan dosen-dosen Sp.Og itu. padahal normalnya saya tidak begitu suka anak kecil. mereka nggak bisa diatur, berliur, suka ngompol, ribut, dlldsbdst.
  • ada praktikum analisis sperma di sini. masuk ke lab patologi klinis. sampel sperma kelompok saya tampaknya sangat sehat kalau dilihat dari jumlah dan motilitasnya yang luar biasa. hahaha.
  • di praktikum farmakologi, saya bertemu dengan Mas Cahya sebagai asdos untuk pertama kalinya. awkward. tadinya saya berminat untuk jadi asdos farmakologi (selain minat saya yang tidak bisa dijelaskan tentang menjadi asdos anatomi), tapi karena ada peraturan herus memakai rok panjang ketika praktikum farmakologi, saya jadi berpikir ulang. hehehehe. ya ya, peraturan tentang berbusana memberikan pengaruh pada pilihan-pilihan saya. saya kan nggak punya banyak rok panjang. oke, ada sih, lumayan banyak, tapi saya rada males pakai rok panjang terutama ketika dengan memakainya berisiko merusak rok tersebut kalau terkena knalpot motor. sakit hati tau jadinya. kan sayang roknya. 
  • kali ini kami mulai disibukkan dengan agenda mencari pinjaman barang dari mapala lain untuk mempersiapkan pendakian pertama calon angkatan ke lima Osipital. yah, ribet, as usual.
  • pendakian pertama kami ke Gunung Sindoro tanggal 26-27 April 2013 menyebabkan saya dan beberapa kawan jadi harus bolos kelas tentang pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat) dan WAZ, HAZ, dan WHZ (sesuatu untuk penilaian gizi anak). dan dua hal ini jelas-jelas akan dikeluarkan dalam ujian -_-
  • waktu ujian keterampilan klinis pemeriksaan fisik anak, saya melakukannya dengan duduk. bayangin, duduk. konyol banget. ini nih yang bikin saya kena remidi. abisnya ada kursi di depan meja. saya pikir saya boleh melakukannya sambil duduk. pokoknya setelah melakukan semuanya dengan sangat lancar, dosen penguji saya juga sedikit mengajak saya mengobrol setelah saya melakukan pemeriksaan fisik anak. beliau terlihat begitu ramah dan tampaknya tidak ada yang salah dengan nilai saya. eeeh, di hari pengumuman nilai, saya kena remidi. ah kampret.
  • waktu mau ujian keterampilan klinis tentang KMS, AKG, dan analisis sperma, saya dan heidi hijrah ke kosan ayu buat belajar bareng. ada bili juga yang emang udah sekosan sama ayu. well, bukan belajar bareng juga sih, mungkin lebih tepatnya saya minta diajarin sama ayu. tsaaaaaah, kamar si ayu udah kayak kapal pecah gara-gara diisi 4 orang.
  • datang super terlambat waktu mau ujian tulis. ujian mulai jam 8, aku baru bangun jam 8 lebih 15. udah gitu, motor lagi ga ada, yang mana berarti aku harus jalan ke kampus!!! sampai di kampus jam setengah 9!!! ditambah lagi aku salah ruangan!!! ujian di ruang semester 7, tapi aku malah ke ruang semester 1 karena harus ngelihat kertas pengumuman tempat ujianku. tsaaaaaah, dari ruang semester 1 aku kudu lari-lari ke ruang semester 7. wew. untung mbak-mbak penjaga ruang ujiannya baik, jadi aku masih boleh masuk.

remidi: kena di pemeriksaan fisik anak, dan KMS. UTUnya kena remidi ga ya? gatau deh, lupa.
nilai akhir: B (74,12)
keterangan: lulus blok. widiiiiih, alhamdulillah banget lah. aku khawatir banget sama remidi pemeriksaan fisik anak. abisnya waktu remidi pun, tampang dosen penguji saya  kelihatan engga puas gitu. hadeeeeeh. tapi terima kasih banyak dok, sudah meluluskan saya :D


blok: CHEM 2 (Community Health and Environment 2, lanjutan dari CHEM 1. yang mana nantinya juga ada CHEM 3 dan 4 -_-)
sks: 8 (aduuuuuuh, sksnya banyak bener yak?)
kegiatan selama kuliah:
  • sepertinya saya dianggap sebagai saingan oleh seseorang yang jauh lebih rajin dari saya -_- waktu itu kami semua sedang dikarantina sebelum ujian SOCA. trus teman saya ini, sebut saja Nurul, bertanya pada saya, "kamu itu kalo belajar atau kuliah selalu nyatet ya?". saya cuma bisa melongo, asli. trus dia menambahkan, "ituu, katanya kalo PBL atau DK gitu pasti kertasmu penuuuuuuuuh banget sama catetan". aku:"eeeh, ya. hehehehe". yang dia bilang sih engga salah ya, cuma rasanya aneh banget. maksudku, toh kayaknya semua anak lain juga sama, jauh lebih rajin malah. lagian alasan saya nyatet bahan-bahan DK (diskusi kelompok) itu juga sebagian besar karena saya malas bawa laptop untuk browsing ketika DK berlangsung, atau buku referensi. berat coy. ya syudaaah, malam-malamnya sebelum DK, sebisa mungkin saya sempatkan buat cari bahan diskusi di kosan. hmmm, tapi sebenernya setelah browsing bahan diskusi, kita bisa tinggal nge-print aja kan ya? ngga usah repot-repot nulis? ya, memang benar bisa tinggal di print seperti kebanyakan anak. tapi saya terlalu pelit untuk melakukannya. percaya deh. buat apa ngeprint sesuatu yang nantinya nggak kamu baca? oh ya, mungkin tidak pada orang lain, tapi ini terjadi pada saya. kalo saya ngeprint, hampir pasti kalo saya cuma baca sebaris-dua baris yang berkaitan dengan diskusi, trus udah. mending ditulis deh. pasti kebacanya.
  • minta tolong Aa buat bikinin poster tentang pencemaran. presentasi poster hari senin, bikinnya baru hari minggu -_- akhirnya tanpa ide apa-apa, saya nodong Aa buat bikinin poster. janjian ketemu di X2, trus saya diajak ke kosan temen Aa buat ngerjain poster. tapi trus setelah poster jadi, saya harus dihadapkan ke kenyataan kalau hampir semua percetakan di Purwokerto tutup di hari minggu -_- harus dicetak di kertas A0 sih, tsaaaah.. cuman yang paling kampret adalah ketika ternyata ada percetakan yang buka di daerah deket-deket kosan ketika aku sudah jauh-jauh nyari percetakan. untung berhasil sampe ke percetakan sebelum tutup. eniwei, terima kasih banget A :D
  • dikerjain sama mas-mas dari KMPA buat SRT-an. Single Rope Technique, naik turun pake 1 tali. adudududuh, parah. engga papa kalo mainnya sorean. lah ini mainnya jam 12 malem -_- parah banget -_- ya aku, heidi, fifi emang udah di KMPA dari jam 7 maleman buat ngembaliin carrier, ngerjain buku saku farmako, dlldll. oke, mas erwin ngebenerin wifi laptop heidi. oke, heidi minta tolong buat bikinin poster Hari Lingkungan Hidup ke mas erwin. tapi kita nggak berharap buat ngebales kebaikan mereka, mas erwin khususnya, dengan SRTan malem-malem. lagian pengalaman kita bertiga dalam SRT itu sama dengan nol!!! ohmygaaaaaaaad!!!!! adudududuh.... yaudah deh, kita digiring tak berdaya oleh mas erwin, mas iin, mas doyok, mbak asti, mas novan (tersangkanya banyak ya? ckckckck, pantes aja kita gabisa ngelawan) ke gazebo kampus fisip. disana kita diberi kursus singkat oleh mas erwin tentang alat-alat apa aja yang dipake waktu SRTan, diajari cara pakai alat-alat tersebut, dan memasangnya di badan kita (yang mana sekarang aku sudah lupa urut-urutannya. ah aku payah banget). trus dikasih contoh sekali sama mas erwin. trus kita bertiga hompimpa buat siapa yang bakalan duluan. urutannya Fifi, Heidi, aku. sementara Fifi nyoba SRTan dibantu oleh mas erwin, aku dan heidi kursus tali-temali bersama mas iin. sementara itu, mbak asti bikinin mie buat kita yang juga kelaparan. setelah fifi, gantian si heidi. fifi dan heidi kelihatan kesusahan waktu SRTan. abis lama banget. saya jadi ragu saya bakal sempat nyoba SRTan sebelum fajar. jam 5 pagi mereka baru kelar. tadinya saya nyoba ikhlas aja buat engga nyoba. masalahnya jam 7 saya ada PBL. aaaaaargh! tapi sama mas-mas KMPA tetep disuruh nyoba. edan lah. saya kudu buru-buru ini masang semua alat-alat di badan, naik, sekaligus turun, tanpa pernah mencoba sebelumnya. cupu banget pokoknya, dikit-dikit tanya "ini masangnya gimana?" "ini udah bener belom, mas?" "ini gimana kalo mau turun? aku lupa masukin talinya ke mana duluuuu" haduuuuuh, parahnya lagi mas erwin dan mas iin kelihatan engga menanggapi pertanyaanku dengan serius. aku masih mau idup woy. well seenggaknya aku gamau jatuh memalukan di depan orang-orang -_- mas erwin cuma nanggepin "aah, sepik-sepik aja ini mah. udah bisa ini". kampret -_- hhhhh.. tapi anehnya, kira-kira 15 menit aku udah selesai naik turun. kok kelihatannya enggak sesulit waktu fifi dan heidi tadi? hmm, mau gamau rada bangga juga sih sama diri sendiri. hahahaha. cuman, gara-gara saya turunnya rada kecepetan, sampe alat-alat yang nempel di badan saya bunyi waktu membentur lantai, plus saya menginjak tali, saya jadi harus push up. daaaaaan, hari itu pertama kalinya ngelihat mas iin, ketum KMPA, bisa ketawa -_- biasanya wajahnya lempeng abis. kayak nggak ada sesuatupun yang bisa bikin ekspresinya berubah. hmm, eniwei, untuk percobaan pertama SRT, aku menyukainya.
  • hampir bablas praktikum farmakologi di siang harinya di hari yang sama setelah semalaman begadang buat SRTan. ketiduraaaaaaan!!!! neni mencoba meneleponku, tapi nggak ngefek, tentu saja -_- beruntung ada bibah, yang lagi sedang ada di kosku, di kamar Della tepatnya, yang disuruh heidi buat ngebangunin aku. 
remidi: SOCA
nilai akhir: B (74,35)
keterangan: lulus blok!!! aduduuuh alhamdulillah!!! soalnya aku udah trauma banget sama remidi SOCA-nya. kan yang CHEM 1 kemarin kan aku engga lulus gara-gara kesandung di remidi SOCA.


blok: BHL 1 (Bioethics and Health Law 1)
sks: 1 -_-
kegiatan selama kuliah:
  • batal pulang kota gara-gara ada kontrak blok di hari kamis, ketika seharusnya aku bisa pulang dari hari senin sampai sabtu.
  • PBL (Problem Based Learning) paling absurd seumur-umur -_- serius deh.
  • aku ngeprint lecture!!! buat dibaca-baca bahkan sebelum blok dimulai. tapi 16 slide dalam 1 lembar. oke, aku memang pelit. 
remidi: nggak ada.. sapu bersih euy..
nilai akhir: B (77,26)
keterangan: lulus blok!!


IP: 3,52 (eeeh, meleset dari perkiraan sih.. nyeheheheh. tapi alhamdulillaaaaah!!!)
IPK: 2,85

Komentar